Awas! Kurang Minum Air Putih Bisa Picu 7 Penyakit Ini

Kurang minum air putih tak hanya bikin dehidrasi akut, melainkan juga bisa memicu sejumlah penyakit.

JEDA.ID-Kurang minum air putih tak hanya bikin dehidrasi akut, melainkan juga bisa memicu sejumlah penyakit.

Ya! Ternyata, air putih yang sehari-hari dikonsumsi selain menghilangkan rasa haus juga memiliki banyak manfaat. Tubuh manusia terdiri dari 60% cairan.

Oleh karena itu, manusia dapat bertahan lebih lama hidup tanpa asupan makanan daripada tanpa asupan cairan. Setiap orang pasti memiliki cara masing-masing untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuhnya. Baik dengan mengonsumsi minuman seperti jus, teh, kopi atau bahkan yang terpenting dibutuhkan oleh tubuh ialah air putih.

Ritual Khusus Dian Sastro Supaya Awet Muda Meski Berusia 38 Tahun

Salah satu manfaat air putih adalah untuk mencegah berbagai macam penyakit menempel pada tubuh. Penasaran? Yuk, ketahui 7 penyakit yang disebabakan karena kurangnya konsumsi air putih dilansir dari sehatq.com, Jumat (14/8/2020).

1. Diabetes

Seseorang yang dehidrasi akan merasa ingin sekali mengonsumsi makanan atau minuman yang manis. Hal ini terjadi karena lever mengalami masalah dalam memecah glikogen menjadi glukosa untuk aliran darah. Hal ini terjadi karena kurangnya mengonsumsi cairan yang cukup.

2. Nyeri Sendi

Tulang rawan dan tulang cakram belakang membutuhkan asupan air yang cukup banyak. Karena, 80% tulang rawan dan tulang cakram belakang terdiri dari air.

Mengonsumsi air putih yang cukup dapat menghindari tulang-tulang tersebut saling bergesekan dan dapat membuat bergerak leluasa, seperti berlari, melompat, dan melakukan aktivitas lain.

3. Sembelit

Kekurangan mengonsumsi air putih yang cukup dapat membuat sistem pencernaan bekerja secara tidak optimal. Kekurangan asupan cairan di dalam usus yang menyebabkan proses penyerapan makanan terganggu.

Kurang minum bisa picu bau mulut (ilustrasi freepik)

Kurang minum bisa picu bau mulut (ilustrasi freepik)

4. Bau Mulut

Mulut kering yang kekurangan cairan jika dibiarkan terus-menerus akan menyebabkan datangnya bakteri masuk ke mulut. Itulah mengapa salah satu akibat kurang minum air putih adalah halitosis atau bau mulut. Faktanya, minum air putih dapat memecah saliva dan menghilangkan bau mulut akibat bakteri.

5. Sakit Kepala

Rasa sakit nyeri pada kepala ini sangat mengganggu. Merasakan nyeri di kepala juga bisa disebabkan akibat kurangnya mengonsumsi air putih yang cukup. Sakit kepala ini terjadi karena otak mengalami penyusutan sementara karena kurangnya asupan cairan.

Hmmm Lezatnya! Ini Cara Bikin Korean Garlic Cheese Bread Tanpa Oven

Ketika asupan cairan tercukupi, maka otak akan kembali ke bentuk semula dan sakit kepala pun hilang.

6. Kulit Kering

Kurangnya mengonsumsi air putih dapat menyebabkan berkurangnya produksi keringat yang ada di tubuh. Ini akan menyebabkan tubuh mengalami penurunan fungsi dalam membersihkan kelebihan kotoran dan minyak. Kulit adalah organ terbesar tubuh yang harus tetap dijaga dalam keadaan terhidrasi dengan baik.

7. Mata Kering

Kurangnya mengonsumsi air putih dapat menyebabkan saluran air mata mengering. Sehingga hal tersebut dapat membuat mata kering dan merah.

Itulah 7 penyakit yang disebabkan oleh kekurangan mengonsumsi air putih. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Jadi, penuhi cairan tubuhmu dengan cukup mengonsumsi air putih.

Ditulis oleh : Fatihah

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.