Makanan Ini Bisa Bantu Atasi Penuaan Dini Akibat Paparan Sinar UV

Sinar ultraviolet atau akrab dikenal dengan sinar UV dapat memberikan dampak buruk bagi kulit. Sayuran dan buah tertentu bisa mengatasinya.

JEDA.ID — Sinar ultraviolet atau akrab dikenal dengan sinar UV dapat memberikan dampak buruk bagi kulit hlo. Dilansir dari liputan6.com, paparan langsung sinar UV dapat menyebabkan 80% tanda penuaan dini, di antaranya flek hitam, keriput, serta garis halus.

Medapatkan sinar matahari cukup dilakukan selama 5 menit hingga 15 menit sebanyak 2-3 kali seminggu, hal itu bagus untuk menambah vitamin D. Selebihnya perlu untuk menjaga kulit dari paparan sinar UV ini. Nah, selain merawat kebersihan kulit menggunakan rangkaian produk skin care, kalian juga bisa mencegah kerusakan akibat sinar UV dengan minnum makanan sehat dan bergizi.

Pola makan sehat dapat membantu tubuh melindungi kulit dan mengatasi kerusakan yang terjadi. Makanan-makanan ini dikemas dalam nutrisi pelindung UV yang kuat seperti vitamin C dan likopen. Berikut makanan untuk lindungi kulit dari sinar UV yang berhasil dirangkum dari beberapa sumber, apa saja?

Sindrom Patah Hati Meningkat Selama Pandemi Virus Corona, Kenali Gejalanya

1. Sayur-sayuran

-Kembang kol

Kembang kol atau bunga kol menjadi salah satu makanan pelindung sinar matahari alami berkat histidin. Asam alfa-amino yang terkandung di dalamnya merangsang produksi asam urocanic, yang menyerap radiasi UV. Selain itu, kembang kol juga mengandung antioksidan kuat yang membantu melawan stres oksidatif dari radikal bebas.

-Wortel

Sayuran jenis ini mengandung banyak sekali vitamin yang baik untuk kulit, diantaranya beta-karoten, likopen, dan vitamin C. Ketiga nutrisi kuat ini telah terbukti bertindak sebagai garis pertahanan terhadap efek berbahaya dari paparan sinar matahari termasuk fotodamage, kulit kanker, dan penuaan dini. Tubuh kita mengubah beta karoten menjadi vitamin A, yang sangat penting untuk kesehatan kulit.

Rambut Sulit Panjang? Sebaiknya Anda Gunakan Tips-Tips Ini

2. Buah-Buahan

• Semangka

Buah kaya air ini juga mengandung banyak vitamin C, yang telah dikaitkan dengan perlindungan terhadap kerusakan UVA dan UVB. Semangka juga kaya air yang membuat kulit terhidrasi. Semangka mengandung lebih banyak likopen jika dibandingkan dengan tomat. Likopen membantu menyerap radiasi UVA dan UVB dan melindungi kulit dari bahanya.

• Alpukat

Jenis buah selanjutnya yang bisa digunakan untuk mencegah penuaaan dini akibat sinar UV adalah alpukat. Alpukat mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari dan peradangan. Banyaknya kandungan vitamin E, baik untuk mencegah fotodamage serta menjaga kulit tetap terhidrasi. Minyak alami dalam alpukat dapat menembus kulit untuk memberi nutrisi, melembutkan dan melembabkan kulit.

• Tomat

Cukup dengan makan tomat dapat menawarkan perlindungan dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV. Berkat likopennya, tomat telah terbukti melindungi kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV. Nah, selain itu vitamin C pada tomat juga mendukung pertumbuhan jaringan ikat baru, yang juga dapat membantu memperbaiki luka dan mempercepat proses penyembuhan.

• Jambu biji

Jambu biji mengandung vitamin C yang cukup tinggi loh, dear. Vitamin C memiliki efek menguntungkan pada sel-sel kulit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu mencegah dan mengobati fotodamage akibat sinar UV. Antioksidannya dapat melindungi kulit dari kerusakan yang dapat memperlambat proses penuaan, membantu mencegah keriput.

Nah, itulah beberapa makanan sehat yang cukup mudah dicari serta efektif untuk mengatasi masalah penuaan dini akubat paparan sinar UV, selamat mencoba.

Ditulis oleh : A’idah Husna Luthfiyyah

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.