Punya Atasan Perfeksionis, Hal-Hal Ini Sebaiknya Anda Lakukan

Bekerja di kantor memungkinkan kita menghadapi beragam dinamika termasuk mungkin memiliki atasan atau bos perfeksionis yang terkadang bikin kurang nyaman.

JEDA.ID– Bekerja di kantor memungkinkan kita menghadapi beragam dinamika termasuk mungkin memiliki atasan atau bos perfeksionis. Anda jadi merasa kurang nyaman atau serba salah saat berhadapan dengannya? Jangan sampai hal itu Anda biarkan berlarut-larut karena bisa jadi kinerja Anda di kantor justru tidak maksimal.

Kita mungkin akan sulit mengubah watak perfeksionis yang dimiliki atasan atau bos Anda. Menurut KKBI, perfeksionis adalah watak atau sifat seseorang yang menganggap sesuatu yang tidak sempurna sebagai hal yang tidak dapat diterima. Anda juga menyadari bahwa sifat perfeksionis itu mungkin merupakan tanggung jawab besar yang dia miliki agar kantor atau perusahaan tetap berjalan dengan baik. Agar Anda tetap merasa nyaman dan bekerja dengan baik, berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan ketika menghadapi atasan dengan watak perfeksionis seperti dilansir Jeda.Id dari berbagai sumber, Rabu (12/2/2020)

1. Kerjakan Sesuai Kemampuanmu

Ketika anda telah dinyatakan diterima di sebuah perusahaan dan sudah tahu di posisi mana anda ditempatkan, maka ada baiknya jika anda lebih menggali kemampuan anda pada bagian tersebut.

Memiliki atasan yang perfeksionis, biasanya menuntutmu untuk selalu bisa mengerjakan apapun yang menjadi perintahnya.
Anda harus mampu membuktikan bahwa anda bisa melakukan perintah sesuai dengan standar yang baik. Lakukan semampunya dan tetap semangat. Pantang menyerah bisa menjadi cara agar dapat meluluhkan hati si Bos.

2. Menjalin Komunikasi yang Baik

Jangan ragu untuk memulai perbincangan dengan atasan. Mulailah untuk bertanya mengenai masalah pekerjaan. Jangan menunggu untuk diberikan tugas, tetapi ada baiknya jika anda berinisiatif untuk meminta tugas. Ciptakan suasana yang baik dalam komunikasi dengan atasan. Mintalah penjelasan mengenai langkah-langkah yang benar saat bekerja.

Dengan adanya sikap seperti itu, ia akan merasa lebih dihargai oleh bawahannya karena sudah mempercayakan dirinya dalam membimbing anda ketika melaksanakan tugas.

3. Sabar

Atasan yang perfeksionis seringkali memberikan kritikan pedas bahkan terkesan blak-blakan ketika menegur.
Mungkin perkataannya akan membuat anda menjadi sakit hati. Namun, sebaiknya anda mencoba untuk lebih sabar ketika menghadapi kejadiaan seperti itu.

Cobalah untuk memahami teguran dari atasan dan mempelajari kesalahan sebelumnya. Sampaikan pendapat anda secara sopan dan santun kepada atasan. Bersikaplah lemah lembut ketika sedang dimarahi atau ditegur, jangan justru melawan, itu akan menimbulkan suatu permasalahan baru.

4.Jangan Takut Salah

Anda tidak selalu berada di pihak yang salah jika Anda memastikan bahwa apa yang Anda kerjakan sudah berdasarkan standar perusahaan. Apabila Anda menghadapi tuntutan bos yang terus meminta Anda merevisi tugas bahkan di luar jam kerja, berbicaralah dengan sopan dan tetap santai kepadanya.

Mintalah secara perinci secara tertulis langkah-langkah apa yang harus Anda lakukan untuk mencegah terjadinya revisi lagi, apa saja tolok ukur kesalahan menurut si bos, dan terutama apa sebenarnya yang diinginkan oleh si bos.

5. Tepat Waktu

Untuk menghindari teguran atau omelan dari atasan, Anda harus disiplin. Disiplin yang umunya selalu ditekankan oleh atasan yakni mengenai waktu. “Waktu adalah uang”, demikianlah kata yang sering digunakan sebagai bentuk untuk menghargai waktu. Jika Anda terbiasa untuk datang awal bahkan lebih pagi, ia akan memuji sikap anda ini. Dengan begitu, anda akan terhindar dari teguran si Bos.

6. Jaga Emosi

Selalu kontrol emosi anda ketika tengah dimarahi atasan. Jangan mudah tersulut emosi, karena itu hanya akan menambah kemarahannya. Bukan hanya ketika dimarahi atasan, namun anda juga harus bisa menjaga emosi di kala mood anda memang sedang turun. Jangan mudah terbawa perasaan (baper) ketika sedang berada di kantor. Pisahkan segala urusan antara hal pribadi dengan urusan kantor.

Cobalah untuk selalu tersenyum di hadapan semua karyawan tak terkecuali agar energi positif yang anda berikan dapat menular kepada semua orang di sekitar Anda.

7. Hindari Kesalahan Sekecil Apa pun

Sebagai manusia biasa yang tak luput dari kesalahan, kita memang sering melakukan kecerobohan yang dapat membuat orang kesal kepada kita. Kita harus menggunakan akal kita cerdas untuk menyiasati kesalahan yang ada. Untuk meminimalisir teguran dari atasan, tidak ada salahnya jika kita mengecek terlebih dahulu hasil tugas kita sebelum diserahkan kepada atasan. Misalnya dengan cara meneliti kembali atau menganalisis hasil tulisan kita atau pekerjaan kita sebelum dikritik atasan.

8. Berpenampilan Baik

Jika anda dapat menjaga penampilan anda dengan rapi dan baik di hadapan Bos, maka ia juga akan menghargai usaha anda dalam menjaga performa diri. Berpenampilan baik dan rapi juga akan memberikan nilai lebih untuk anda dalam pekerjaan.
Demikian adalah beberapa tips ketika menghadapi atasan yang perfeksionis, selamat mencoba! (Bunga Oktavia)

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.