• Sat, 10 December 2022

Breaking News :

Luar biasa, Inilah Manfaat Jus Belimbing untuk Kesehatan Tubuh

Seringkali buah ini dijadikan sebagai bahan pembuat rujak.

JEDA.ID—Jus belimbing bukan hanya segar, tapi ternyata juga memiliki segudang manfaat. Apa saja ya manfaat jus belimbing?

Tips kesehatan kali ini membahas manfaat jus belimbing. Belimbing atau yang lebih dikenal dengan julukan star fruit atau carambola merupakan buah yang memiliki rasa asam dan manis. Seringkali buah ini dijadikan sebagai bahan pembuat rujak. Buah berbentuk bintang ini memiliki banyak sekali nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Fakta Seputar Airbag yang Jarang Diketahui

Seperti  dilansir dari Liputan6.com, Sabtu (2/1/2021), inilah manfaat luar biasa jus belimbing untuk kesehatan tubuh.

1. Bagus untuk Diet

Manfaat jus belimbing yang pertama bagus untuk diet. Belimbing adalah buah yang rendah karbohidrat, di mana ini baik dikonsumsi untuk orang yang sedang diet rendah karbohidrat atau diet ketogenik. Untuk satu porsi ukuran standar, belimbing menyediakan 6 gram karbohidrat, sedangkan untuk kandungan gulanya hanya mengandung sebanyak 3,6 gram per buah. Bagi orang-orang suka membatasi asupan gula mereka, buah ini juga dapat menjadi pilihan yang tepat.

Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah belimbing dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena belimbing termasuk buah yang rendah kalori dan memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga membuat kamu tidak cepat lapar.

2. Memperkuat Imunitas

Di dalam satu buah belimbing yang diolah menjadi jus, sudah mengandung setengah kebutuhan vitamin C per hari. Vitamin C dalam buah belimbing sangat bermanfaat bagi kesehatan karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu memperbaiki masalah kulit, rambut, kuku, serta meningkatkan penyerapan kalsium dan besi.

Kenali Pertanda Corona Sudah Menyebar ke Paru-paru

Tak hanya itu, adanya antioksidan, seperti zinc dan mangan, juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh serta membantu menghilangkan racun dari tubuh.

3. Mencegah Penyakit Kronis

Manfaat jus belimbing selanjutnya juga dipengaruhi oleh zat antioksidan, yang berguna untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas adalah zat yang dapat merusak sel-sel baik di dalam tubuh. Bila banyak radikal bebas, kamu jadi mudah terkena penyakit.

Selain itu antioksidan juga bermanfaat untuk mencegah kanker, adanya sumbatan plak pembuluh darah yang menyebabkan serangan jantung dan stroke, serta mencegah menurunnya fungsi penglihatan.

4. Baik untuk Pencernaan

Belimbing dianggap sebagai makanan berserat tinggi, karena dalam satu porsi buahnya mengandung 2,5 gram serat. Makan satu buah belimbing dalam sehari membuat kamu sudah memenuhi kebutuhan serat harian hingga 10 persen. Manfaat jus buah belimbing dengan kandungan sertanya tersebut dapat membantu meningkatkan feses buang air besar dan mencegah sembelit.

Fakta Seputar Airbag yang Jarang Diketahui

Selain itu serat dalam buah belimbing punya efek yang lebih rendah dalam menaikan kadar gula darah, jadi baik dikonsumsi untuk orang diabetes.

5. Mencegah Dehidrasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, buah belimbing mempunyai kandungan air yang sangat tinggi, hampir setara dengan buah semangka yang terkenal berair. Maka bisa dipastikan bahwa manfaat jus belimbing juga baik untuk mencegah dehidrasi yang bisa memicu badan lemas dan sakit kepala.

6. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Tingginya kandungan serat tidak larut air (insoluble fiber) pada buah belimbing dinilai dapat menghambat penyerapan glukosa sehingga mampu menurunkan dan mencegah lonjakan kadar gula darah. Manfaat jus belimbing ini tentu dapat sangat membantu penderita diabetes untuk mengendalikan kadar gula darahnya.

7. Meredakan Maag

Manfaat jus belimbing berikunya adalah meredakan sakit maag. Dalam pengobatan tradisional, buah belimbing kerap digunakan untuk meringankan gangguan pada lambung, seperti sakit maag. Buah belimbing dan ekstrak daunnya diketahui memiliki sifat antiulkus karena mengandung terpenoid, flavonoid, dan mucilage yang dapat memperkuat lapisan dalam lambung dan usus, sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya kerusakan lambung akibat gastritis.

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.