Ini 5 Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan

Tertawa tak hanya bikin bahagia, ternyata ada manfaat tertawa lainnya untuk kesehatan. Simak ulasan manfaat tertawa berikut ini ya.

JEDA.ID—Tertawa tak hanya bikin bahagia, ternyata ada manfaat tertawa lainnya untuk kesehatan. Nah setelah mengetahui manfaat tertawa, sebaiknya sering-seringlah tertawa ya!

Tips kesehatan kali ini membahas manfaat tertawa untuk kesehatan.  Tahukah Anda jika tersenyum dan tertawa dapat memiliki efek positif pada kesejahteraan hidup? Saat tertawa, hormon endorfin akan dilepaskan sehingga Anda akan merasa lebih baik.

Tertawa adalah representasi dari jiwa yang senang dan terhibur. Perasaan senang tersebut secara otomatis membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh, baik secara fisik maupun mental. Tanpa perlu mengeluarkan biaya sedikit pun, Anda bisa terhindar dari berbagai macam penyakit hanya dengan tertawa.

Seperti yang dilansir dari Suara.com, Rabu (21/10/2020) berikut ini adalah manfaat tertawa yang harus Anda ketahui.

1. Menurunkan tekanan darah

Penelitian telah menemukan dampak positif pada aliran darah peserta setelah mereka menertawakan beberapa acara komedi.

Anak Punya Teman Khayalan, Bahaya Nggak ya?

Dampak positif ini adalah meningkatkan pelebaran pembuluh darah yang akan menurunkan tekanan darah. “Tertawa memang bukan satu-satunya solusi untuk jantung yang sehat, tetapi tampaknya berkontribusi terhadap penurunan tekanan darah yang pada gilirannya memberi efek positif pada jantung,” ujar peneliti utama Jun Sugawara.

2. Menghilangkan stres

Tertawa juga meningkatkan respons tubuh dalam menurunkan tingkat stres Anda. Hasilnya, Anda akan merasakan perasaan lega karena hormon oksitosin diproduksi sebagai gantinya. Hal ini terungkap melalui sebuah penelitian di mana tertawa dikaitkan dengan berkurangnya tiga hormon stres yakni kortisol, epinefrin, dan dopac.

Masing-masing dari hormon stres ini dilaporkan menurun sebanyak 39 persen, 70 persen, dan 38 persen. Meskipun ini adalah efek jangka pendek, ada kemungkinan tertawa bisa dijadikan sebagai terapi untuk memberi manfaat jangka panjang. Terapi tawa juga dilaporkan dapat menjadi alat manajemen stres, terutama bagi mereka yang menderita kecemasan dan depresi.

3. Meningkatkan imunitas

Lee Berk dari Loma Linda University, California, mengatakan kepada Time bagaimana tertawa juga dikaitkan dengan penurunan tingkat peradangan dan peningkatkan aktivitas sel kekebalan tubuh. Sel-sel ini berperan membantu sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Ingin Sukses Dapat Pekerjaan? Lakukan Ini

“Efek ini juga terjadi ketika Anda istirahat cukup, makan dengan benar, dan berolahraga. Itu sebabnya tertawa juga bisa dikategorikan sebagai gaya hidup sehat tradisional,” ujar Berk.

4. Menghilangkan rasa sakit

Dalam serangkaian percobaan, responden dilaporkan mengalami penurunan rasa nyeri ketika tertawa bersama kelompoknya. “Ketika tawa muncul, ambang nyeri meningkat secara signifikan, sehingga responden cenderung melupakan rasa nyerinya,” ujar penelitian. Meskipun fenomena ini tidak dipahami dengan jelas, para peneliti percaya bahwa tertawa dapat melepaskan zat kimia otak atau endorfin dalam tubuh yang dapat meningkatkan kemampuan kita untuk menahan rasa sakit.

5. Latihan fisik

Jangan menganggap ini berarti tertawa dapat menggantikan aktivitas fisik atau membantu Anda menurunkan berat badan. Tetapi tertawa sekitar 10 hingga 15 menit terbukti dapat membakar hingga 40 kalori menurut penelitian Vanderbilt University Medical Center. Dalam beberapa kasus, gelak tawa yang intens juga dapat melatih beberapa bagian tubuh seperti diafragma, perut, dan bahkan otot-otot bahu Anda.

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.