Tutup Iklan

Ingin Sukses Dapat Pekerjaan? Lakukan Ini

Sukses dapat pekerjaan di era pandemi terasa seperti menegakkan benang basah. Jangan khawatir, dengan strategi tertentu Anda bisa sukses dapat pekerjaan.

JEDA.ID-Agar sukses dapat pekerjaan Anda harus terlihat menonjol. Di era pandemi Covid-19 dan banyak terjadi PHK sperti sekarang ini, tentu sukses dapat pekerjaan bak hal mustahil dilakukan.

Para pencari kerja harus bisa menemukan peluang yang tepat untuk bisa bersaing dengan kandidat lain. Untuk itu, diperlukan keseriusan dalam merencanakan pencarian kerja dan mengambil langkah-langkah proaktif selama proses pencarian. Pencari kerja harus bisa tampil menonjol hingga akhirnya mendapatkan pekerjaan yang diimpikan.

Melansir Jobstreet.com, berikut 5 panduan sukses untuk mencari kerja:

1. Tentukan Keterampilan dan Minat dengan Jelas

Umumnya, para pencari kerja yang belum berpengalaman serta beberapa kandidat berpengalaman akan langsung mencari pekerjaan dengan hanya berdasarkan pada gelar pendidikan atau pekerjaan mereka sebelumnya. Namun nyatanya, pada masa di mana fungsi pekerjaan telah didefinisikan secara luas, akan lebih baik jika Anda mendefinisikan aset, keterampilan terbaik serta minat Anda terlebih dahulu sebelum mulai mencari pekerjaan.

Hanya karena Anda memiliki gelar sarjana teknologi informasi (IT) bukan berarti Anda harus bekerja sebagai seorang system administrator atau technical support specialist. Ada beragam pekerjaan di luar sana yang dapat Anda pilih, selama Anda dapat mendefinisikan keterampilan dan minat Anda dengan jelas.

Pemberian Vaksin Covid-19 Bukan untuk Kekebalan Seumur Hidup

Mulailah bertanya kepada diri Anda sendiri, “Bidang apa yang benar-benar saya kuasai? Hal-hal apa yang paling saya sukai? Hal apa yang paling berharga bagi diri saya?” Dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan tersebut pada diri Anda sendiri, Anda dapat menyingkirkan keraguan akan apa yang ingin Anda kerjakan dan mulai menemukan suatu arah tujuan dalam pencarian kerja Anda.

2. Buat Sebuah Resume yang Menonjol

Banyak kandidat meremehkan kekuatan sebuah resume yang ditulis dengan baik. Pikirkanlah matang-matang isi resume Anda. Jika Anda ingin menonjol dari kandidat lainnya, maka memiliki sebuah resume yang disusun dengan baik adalah sebuah solusi tepat untuk mencapai hal tersebut.

Jika Anda masih berada di tahap awal pencarian pekerjaan, akan sangat berguna untuk memiliki sebuah master resume yang dapat Anda sesuaikan dengan jenis pekerjaan atau posisi yang Anda lamar. Daripada membuat beberapa versi resume dari awal lagi, Anda bisa memiliki satu master resume yang dapat dengan mudah diubah menjadi sesuatu yang berbeda kapan pun Anda memerlukannya.

10 Aplikasi Edit Video HP yang Mudah Digunakan

Ada banyak cara untuk menulis sebuah resume. Yang perlu diingat adalah, resume merupakan kesempatan pertama Anda untuk membuat sebuah kesan pertama yang baik. Terlebih penting lagi, resume harus dapat mencerminkan kepribadian diri Anda, namun pada saat yang sama juga menonjolkan keterampilan dan pengalaman khusus yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Salah satu tren terpopuler saat ini adalah untuk memiliki komponen visual / grafis dalam resume, sehingga alih-alih hanya berisi teks, resume Anda juga dilengkapi dengan elemen visual seperti grafik, bagan, tipografi, dan bahkan gambar. Namun pada akhirnya, inti dari segala komponen tersebut adalah substansi atau isi resume. Anda dapat mendandani resume Anda sebagaimana yang Anda mau, tetapi Anda perlu memastikan bahwa resume tersebut berhasil mengutarakan pesan yang ingin disampaikan dengan jelas.

3. Susun Strategi untuk Mencari Kerja

Setelah mengidentifikasi keterampilan dan minat Anda serta membuat sebuah resume yang menonjol, kini saatnya untuk mulai mencari kerja.

Sebagai permulaan, jika Anda tidak memiliki jaringan profesional yang luas, lakukan pencarian secara online. Ketika menciptakan akun pada sebuah ‘papan kerja’ online, pastikan profil Anda terisi sepenuhnya. Sebagian besar papan kerja online memiliki fitur penyaring atau filter untuk membantu Anda mengidentifikasi calon pemberi kerja sesuai dengan bidang minat Anda dan / atau wilayah geografis. Maksimalkan semua fitur yang tersedia untuk membantu Anda mencari peluang kerja terbaik.

Waspada! Kebiasaan Ini Bisa Jadi Penyebab Kanker Payudara pada Pria

Ketika mulai memilah-milah lowongan yang ingin Anda lamar, ingatlah untuk melamar pada pekerjaan dimana posisi yang Anda lamar tersebut memiliki kontribusi penting bagi perusahaan. Sekali lagi, inilah mengapa mengidentifikasi keterampilan dan minat Anda sangatlah penting. Hal tersebut akan mencegah Anda melamar pekerjaan yang jelas tidak cocok untuk Anda.

4. Lakukan Riset Terlebih Dulu

Dengan asumsi bahwa Anda sudah mulai mengirimkan surat lamaran dan telah menerima satu atau dua undangan wawancara dari perusahaan yang Anda lamar, maka tiba saatnya bagi Anda untuk melakukan riset.

Ketika Anda sudah mendapat jadwal wawancara kerja, baik melalui telepon ataupun secara langsung (face-to-face interview), sangat penting bagi Anda untuk memiliki pengetahuan yang signifikan terkait pekerjaan dan perusahaan tempat Anda melamar agar dapat memberikan kesan pertama yang baik.

Penelitian Anda haruslah substansial dan mendalam, bukan hanya sebatas pencarian cepat di Google. Hal ini termasuk mengunjungi situs web perusahaan tersebut, menelusuri artikel berita terbaru yang berkaitan dan bahkan melihat profil karyawan mereka saat ini.

6 Bahan Herbal untuk TBC, Bisa Ditemukan di Sekitar Rumah

Tetapi yang lebih penting dari mencari informasi tentang perusahaan tersebut adalah mengetahui bagaimana cara memanfaatkan informasi yang telah terkumpul dengan tepat. Cara terbaik untuk memanfaatkan informasi yang Anda miliki adalah dengan menyusun contoh-contoh pertanyaan wawancara dengan jawaban yang disesuaikan dengan apa yang telah Anda teliti terkait dengan perusahaan tersebut.

Sebagai contoh, jika perusahaan tersebut meluncurkan suatu produk baru, dan Anda melamar untuk posisi sales atau marketing, Anda dapat menyebutkan beberapa usulan tentang bagaimana Anda dapat memposisikan produk tersebut kepada segmen pasar.

5. Berlatih Wawancara

Penting untuk membahas beberapa aspek wawancara yang mencakup menjawab pertanyaan-pertanyaan generik seperti “Ceritakan mengenai diri Anda” atau “Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?”

Sebelum melakoni wawancara kerja, tak ada salahnya Anda berlatih terlebih dahulu (ilustrasi Freepik)

Sebelum melakoni wawancara kerja, tak ada salahnya Anda berlatih terlebih dahulu (ilustrasi Freepik)

Untuk beberapa kandidat yang lebih berpengalaman, jawaban atas pertanyaan-pertanyaan wawancara ini mungkin datang secara alami mengingat jumlah wawancara kerja yang telah mereka lewati. Tetapi jika Anda adalah pencari kerja yang belum berpengalaman, sangat penting bagi Anda untuk dapat mempersiapkan jawaban untuk beberapa pertanyaan wawancara yang paling umum serta beberapa pertanyaan yang tidak terduga.

Membeli Mobil Matik Bekas? Perhatikan Bagian-Bagian Ini

Persiapan yang matang akan membantu Anda dengan cara-cara tak terduga selama wawancara, jadi ingat untuk selalu bersiap-siap untuk menghadapi wawancara kerja. Setelah selesai mempersiapkan jawaban Anda untuk pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan oleh pewawancara, gunakan sisa waktu yang ada untuk melatih cara penyampaian Anda. Cara Anda berbicara serta nada suara Anda sangatlah penting, terutama dalam wawancara melalui telepon. Keduanya menunjukkan tingkat kepercayaan diri dan pengetahuan Anda.

Jika Anda menghadiri sebuah wawancara tatap muka (face-to-face interview), cobalah untuk lebih peka akan gerakan tubuh Anda saat berbicara. Penyampaian, nada dan gerak tubuh Anda mencerminkan tingkat profesionalisme yang Anda miliki dan akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan secara signifikan.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.