Ingin Menjaga Kesehatan Paru-Paru? Konsumsi Makanan Ini

Menjaga paru-paru tetap sehat tak hanya menghindarkan dari risiko terpapar Covid-19. Menjaga paru-paru tetap sehat juga mencegah penyakit paru lainnya.

JEDA.ID-Menjaga kesehatan paru-paru  tak hanya menghindarkan dari risiko terpapar Covid-19. Menjaga paru-paru tetap sehat juga mencegah penyakit paru lainnya seperti asma, bronkitis, pneumonia dan lain sebagainya

Di tengah pandemi Covid-19, menjaga tubuh agar tetap sehat harus menjadi prioritas. Selain menerapkan protokol kesehatan, menjaga daya tahan tubuh juga penting diperhatikan.

Covid-19 merupakan penyakit yang menyerang sistem pernapasan kita. Karena itu, menjaga paru-paru tetap sehat penting dilakukan. Ternyata caranya sangat mudah. Ada sejumlah makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan paru-paru kita. Tips kesehatan kali ini membahas makanan yang berguna menjaga kesehatan paru-paru.

Dikutip dari Healthline dan detikcom, Sabtu (24/10/2020), berikut lima makanan yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan paru-paru.

1. Paprika

Paprika kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C termasuk nutrisi yang dapat larut dalam air yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Seseorang yang mengkonsumsi satu paprika berukuran sedang memberikan 169 persen asupan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bagi mereka yang perokok, vitamin C menjadi asupan yang sangat penting karena asap rokok merusak simpanan antioksidan dalam tubuh. Sehingga perokok membutuhkan tambahan sekitar 35 miligram vitamin C setiap harinya.

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa perokok yang mengkonsumsi vitamin C yang lebih tinggi memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik dibandingkan dengan perokok dengan asupan vitamin C yang lebih rendah. Untuk itu, peneliti menyimpulkan bahwa asupan vitamin C dapat membuat paru-paru menjadi lebih sehat.

2. Apel

Apel merupakan buah yang kaya akan antioksidan termasuk flavonoid dan vitamin C. Banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi apel secara teratur dapat meningkatkan fungsi paru-paru.

Dalam penelitian yang dipublikasikan oleh PubMed Central, peneliti berhasil mengaitkan asupan apel dengan penurunan fungsi paru-paru yang lebih lambat pada mantan perokok. Konsumsi apel juga dapat menurunkan risiko terkena asma dan kanker paru-paru.

3. Labu

Labu sangat kaya akan karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin. Semua kandungan tersebut memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Penelitian menunjukkan bahwa kadar karoten dalam darah yang lebih tinggi dikaitkan dengan fungsi paru-paru yang lebih baik.

4. Tomat

Tomat merupakan sumber makanan yang kaya akan likopen, antioksidan karotenoid yang mampu meningkatkan fungsi paru-paru.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di PubMed Central, ditemukan bahwa mengkonsumsi tomat telah terbukti mengurangi peradangan saluran napas pada penderita asma dan meningkatkan fungsi paru-paru pada penderita Chronic obstructive pulmonary disease (COPD).

Selain itu, asupan tomat juga dikaitkan dengan penurunan fungsi paru-paru yang lebih lambat pada mantan perokok

5. Teri

Ikan teri adalah ikan kecil yang kaya akan lemak omega-3 yang memiliki sifat anti-inflamasi, serta nutrisi penunjang kesehatan paru-paru lainnya seperti selenium, kalsium, dan zat besi.

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa mengkonsumsi kan yang kaya omega-3 seperti ikan teri sangat bermanfaat bagi penderita penyakit paru-paru inflamasi seperti COPD.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.