• Fri, 30 September 2022

Breaking News :

Hobi Menyanyi Saat Mandi, Ternyata Banyak Manfaatnya

Menyanyi saat mandi sepertinya dilakukan hampir sebagian besar orang. Kebiasaan menyanyi saat mandi ini ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

JEDA.ID-Apakah Anda memiliki hobi menyanyi saat mandi? Jangan dihentikan ya, karena ternyata hobi menyanyi saat mandi memiliki banyak manfaat. Penasaran kan?

Ya, kebiasaan bernyanyi saat mandi sangat disenangi oleh sebagian orang. Suasana hati yang sedang baik atau sekadar mengusir kebosanan membuat beberapa orang bersenandung ketika mandi tanpa disadari. Meskti sebagian beranggapan bahwa bernyanyi saat mandi adalah tabu, tetapi faktanya kegiatan menyenangkan ini juga ada manfaatnya, lho.

Tips kesehatan kali ini membahas manfaat dari hobi menyanyi saat mandi. Dilansir dari Liputan6.com dan berbagai sumber, Kamis (8/10/2020), berikut manfaat dari kebiasaan bernyanyi saat mandi.

Ingin Tes Swab Mandiri Rp900.000? Simak Syaratnya

1. Tekanan Darah Menurun

Pada dasarnya, bernyanyi dapat membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang, yang kemudian berdampak pula pada tekanan darah menjadi normal. Selain itu, otot pernapasan dan wajah akan ikut terlatih juga.

2. Sistem Kekebalan Tubuh Meningkat

Menurut para ilmuwan, bernyanyi mampu menurunkan kortisol, meningkatkan imun dan meningkatkan kualitas hidup, sehingga tubuh kita mampu melawan virus.

3. Menurunkan Tingkat Stres

Bernyanyi yang memang dapat menenangkan ini, juga dapat memperlambat detakan jantung dan dapat meningkatkan suasana hati, serta melawan kecemasan. Selain itu, bernyanyi saat mandi dapat mengusir rasa kesepian.

4. Mengatasi Rasa Nyeri

Berenandung lagu-lagu yang disenangi akan membuat persaan menjadi tenang dan menaikkan mood, sehingga rasa nyeri pun dapat berkurang tanpa disadari.

Waspada Risiko Pinjam Headset dengan Orang Lain dan Batas Pemakaian Aman

5. Meningkatkan Daya Ingat

Tanpa kita sadari, kita akan mencoba mengingat lirik atau pun nada ketika kita sedang bernanyi. Selain mengasah daya ingat, secara tidak langsung menjaga otak terus bekerja.

6. Mencegah Risiko Penyakit Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit yang dapat menghancurkan memori, sehingga para penderita menjadi lupa ingatan dan menjadi kebingungan.

Dalam sebuah jurnal penelitian, Journal of Alzheimer’s Disease, kebiasaan bernyanyi dapat menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer’s. Hal ini dikarenakan bernyanyi dapat membuat fungsi kognitif otak menjadi makin aktif.

7. Paru-paru Tetap Sehat

Siapa sangka bahwa hanya dengan bernyanyi dapat menjaga paru-paru tetap sehat. Ini dikarenakan ketika kita sedang bernanyi, kita akan mengontrol pernapasan mengikuti alunan lagu.

Ditulis oleh : Jovita Citra

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.