• Fri, 27 January 2023

Breaking News :

Deretan Konglomerat yang Tak Mewariskan Harta kepada Anaknya

Terlahir sebagai anak dari orang tua kaya raya atau konglomerat mungkin menjadi dambaan setiap orang.Namun, ternyata tidak semua orang kaya raya di dunia ingin meninggalkan warisan kepada keturunan mereka.

JEDA.ID– Terlahir sebagai anak dari orang tua kaya raya atau konglomerat mungkin menjadi dambaan setiap orang. Dengan terlahir sebagai anak orang kaya raya, seseorang bisa mendapatkan apa saja yang diinginkan tanpa perlu bekerja keras.
Namun, ternyata tidak semua orang kaya raya di dunia ingin meninggalkan warisan kepada keturunan mereka.

Ada sejumlah alasan hal itu dilakukan antara lain agar anak keturunan mereka bisa mandiri dan tidak mengandalkan harta orang tua. Berikut beberapa orang konglomerat yang yang tidak mewariskan kekayaan kepada anaknya karena beberapa alasan, seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Bill Gates

Miliarder ini sempat menduduki peringkat orang terkaya di dunia selama 4 tahun berturut-turut. Jumlah kekayaan yang ia miliki mencapai US$86 miliar. Kendati memiliki kekayaan yang berlimpah, ia memutuskan untuk tidak mewariskan seluruh harta kepada putra dan putrinya.

Gates telah memiliki rencana lain untuk menghabiskan seluruh hartanya saat dia tutup usia nanti. Ia meminta kepada ketiga anak-anaknya agar mau belajar bekerja sendiri guna meraih apapun yang mereka inginkan. Ia tidak ingin anaknya hanya mengandalkan harta orang tua tanpa mau berusaha. Bill Gates dan istrinya dikabarkan senang memberikan donasi kepada yayasan amal dalam jumlah besar.

2. Mark Zuckerberg

Pendiri Facebook ini sangat bahagia ketika anak pertamanya lahir. Seiring dengan pengumuman kelahiran putrinya, Mark Zuckerberg pernah mengumumkan bahwa 99 persen hartanya akan disumbangkan untuk amal.”Kami ingin kamu tumbuh di dunia yang lebih baik daripada dunia kita hari ini, kami akan melakukan bagian kami untuk mewujudkan hal ini, tidak hanya karena kami mencintaimu, tapi juga karena kami memiliki moral tanggung jawab untuk semua anak di generasi berikutnya,” tulis Mark.

Mark Zuckerberg dan sang istri pernah menyumbangkan dana kepada Giving Pledge. Pasangan ini juga meluncurkan Chan-Zuckerberg Initiative (CZI), yang mendedikasikan untuk pembelajaran, penyembuhan  penyakit, menghubungkan orang dan membangun komunitas yang kuat. “Kami akan memberikan 99% dari saham Facebook kami -saat ini sekitar US$45 miliar- selama kami memajukan misi ini,” kata Mark dalam akun Facebook nya kala itu.

3. Mikhail Fridman

Konglomerat asal Rusia ini berencana untuk tidak mewariskan sedikit pun harta kepada anak-anaknya. Salah satu pendiri Genesis Philanthropy Group ini berjanji menyumbangkan seluruh hartanya ke badan amal. Berdasarkan data Forbes, kekayaan Fridman tercatat mencapai US$14,1 miliar atau Rp192,3 triliun.

“Saya bukan orang yang senang berbicara di depan umum, tapi dapat dipastikan saya akan memberikan seluruh kekayaan saya untuk amal. Saya tak berencana mentransfer seluruh uang saya untuk anak-anak,” tutur dia. Menurutnya, sang penerus akan lebih baik hidup tanpa harta warisan. Sebab saat meninggal, harta tak ikut serta dibawanya. Selalu ada yang lebih berharga dibandingkan uang, tanah, gelar atau harta.

Tangkal Virus Corona, Sabun atau Hand Sanitizer Lebih Ampuh Mana?

4. Jackie Chan

Siapa yang tak mengenal Jackie Chan? Pada 2011 lalu, aktor terkenal asal Hong Kong ini memutuskan akan memberikan setengah kekayaannya untuk kegiatan amal saat ia meninggal dunia nanti. Chan juga menambahkan bahwa ia sama sekali tidak memiliki rencana untuk menyisakan kekayaan kepada anaknya, Jaycee.

5. Michael Bloomberg

Michael Bloomberg juga merupakan salah satu miliarder terkaya yang berjanji untuk tidak akan memberikan seluruh kekayaan yang ia miliki kepada dua anaknya saat dia meninggal nanti.

Bloomberg telah berjanji untuk mendedikasikan kekayaannya kepada sejumlah kegiatan sosial dan aktif mendonasikan hartanya bagi yang membutuhkan. Sepanjang hidupnya, pria lulusan Harvard Business School ini telah menyumbangkan uang hingga senilai US$3,3 miliar termasuk US$100 juta pada Gates Foundation untuk mengurangi penyebaran polio.

6. Warren Buffet

Buffet merupakan salah orang kaya tertua di dunia. Di usia lanjutnya, Warren Buffett ternyata telah memikirkan akan di bawa ke mana seluruh harta miliknya ini saat ia tutup usia nanti. Miliarder berusia senja ini berjanji akan menyumbangkan 99 persen dari seluruh kekayaannya. Sementara hanya 1 persen yang diwariskan kepada ketiga anaknya. Ia tercatat memiliki total harta senilai US$75,6 miliar atau setara US$1.007,28 triliun.

Meski telah memasuki usia senja, namun Buffett tetap menjalankan bisnisnya yaitu berinvestasi. Selama ini dia memang terkenal sebagai salah satu konglomerat paling dermawan di dunia. Ia bahkan telah mendonasikan 83 persen kekayaannya melalui Bill and Melinda Gates Foundation, yayasan amal yang didirikan Bill Gates.

Rahasia di Balik Pelayanan Mewah dan 5 Hotel Termahal di Dunia

7. George Lucas

George Lucas memiliki kekayaan mencapai Rp87 triliun setelah menjual waralaba Star Wars dan perusahaan produksinya Lucasfilm ke Walt Disney. Juru bicaranya mengatakan, sebagian besar dana yang didapatkan akan diperuntukan guna kelanjutan proyek filantropi pendidikan.

Lucas juga mendirikan Yayasan Pendidikan George Lucas yang dikenal dengan Edutopia. Yayasan pendidikan ini didirikan dengan tujuan untuk meneliti dan meningkatkan praktik pendidikan yang digunakan di sekolah berguna memastikan bahwa anak-anak mendapatkan yang terbaik. (Bunga Oktavia)

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.