Sumber Kekayaan Haji Isam Si Crazy Rich Kalimantan

Pengusaha batubara Kalimantan Haji Isam kabarnya pernah meminjamkan jet pribadi non komersial miliknya untuk digunakan Dr. Zakir Naik tur di Indonesia.

JEDA.ID – Pengusaha batu bara asal Kalimantan Selatan, Andi Syamsuddin Arsyad alias Haji Isam, menjadi salah satu sosok fenomenal pekan ini. Haji Isam menjadi viral lantaran pesta lamaran mewah sang anak, Liana Jhonlin dan kekasih Rally.

Liana Jhonlin dilamar sang kekasih pada 1 Januari 2020. Acara tersebut dilangsungkan secara mewah di rumahnya di Banjarmasin, Kalsel. Bahkan, artis pengisi acara dijemput menggunakan jet pribadi.

Prosesi lamaran Liana Jhonlin dan Rally.

Prosesi lamaran Liana Jhonlin dan Rally.

On the first day of 2020. Bismillah, i said yes to this man,” ujar Liana Jhonlin dalam postingannya di Instagram.

Lebih lanjut, Liana Jhonlin juga tak kuasa menahan haru saat mengenang kembali perjumpaan dengan kekasih hati.

lima bulan kita kenal banyak hal kita lewatin bareng-bareng sampai di titik sekarang. Flashback ke-5 bulan yang lalu, kamu ada di saat aku sedang berada di posisi trauma akan sebuah hubungan dan takut untuk memulai itu kembali,” terang Liana Jhonlin.

Acara pertunangan berlangsung di rumah pribadi keluarga Haji Isam di Batu Licin, Kalimantan Selatan. Dari foto yang dibagikan, Liana Jhonlin dan Putra terlihat tampil dengan busana adat warna purple sambil pamer cincin tunangan.

Banyak orang mengaku terkagum-kagum dengan dekorasi mewah pertunangan Liana Jhonlin dan calon suaminya yang berprofesi sebagai pembalap.

Hadir pula sejumlah publik figur ternama tanah air salah satunya Iis Dahlia. “When in the engagement Liana dan Putra,” ungkap Iis Dahlia.

Crazy Rich Isam

Haji Isam, dan keluarganya dikenal sebagai “pengusaha kelas kakap” di tingkat nasional. Saudaranya, Haji Leman, Haji Ijay, dan Haji Ciut adalah pengusaha yang juga disegani di dunia pertambangan.

Haji Isam bukanlah orang Kalimantan asli. Pengusaha tambang tersebut diketahui berasal dari tanah Bugis, tepatnya dari daerah Bone, Sulawesi Selatan. Di tanah perantauan, ia pernah bekerja sebagai karyawan perkayuan, buruh muat, sopir angkutan umum dan tukang ojek.

Meski saat ini telah dikaruniai kekayaan yang berlimpah, sosoknya sering dijuluki sebagai pengusaha “from zero to hero.” Ia memulai usahanya memang betul-betul dari awal.

Kesuksesannya sebagai pengusaha batu bara ternyata bukan merupakan warisan orang tua. Ia adalah pengusaha yang memulai bisinis dari garis nol.

Haji Isam memulai kariernya di tanah rantau perkayuan sebagai tukang tebang, buruh muat, sopir angkutan hingga tukang ojek. Berbagai profesi dilakoni Haji Isam.

Kemudian ia beralih menjadi pekerja dari seorang pengusaha batu bara keturunan Tionghoa-Surabaya. Dari sanalah awal karirnya di dunia batu bara. Haji Isam yang kemudian memutuskan untuk berhenti bekerja dengan orang, memberanikan diri untuk memulai usahanya sendiri.

Perusahaan yang dimiliki Haji Isam di antaranya PT Jhonlin Grup, yakni PT Jhonlin Baratama, PT Jhonlin Marine and Shipping, dan PT Jhonlin Air Transport. Dari perusahan tersebut, ia bisa menambang hingga 400.000 ton batu bara per bulan dan meraup omzet hingga Rp40 miliar per bulan.

Perusahaan terbesar Haji Isam adalah PT Jhonlin Group yang berkantor pusat di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Perusahaan ini memiliki beberapa lini bisnis dan unit usaha yang bergerak di berbagai bidang. Misalnya saja bidang pertambangan batu bara, jasa pelabuhan, bongkar-muat di laut lepas, dan bisnis infratsrukur.

Gurita Bisnis Ciputra

Bisnis Lain

Haji Isam juga berbisnis di bidang pengolahan karet remah dan minyak sawit mentah.

Tak cuma itu, jet pribadi yang dimiliki Haji Isam jumlahnya cukup banyak sehingga bisa dijadikan bisnis baru khusus persewaan jet pribadi.

Selain menjadi seorang pengusaha, Haji Isam juga ternyata menggemari kegiatan balap. Saking gandrungnya, ia bahkan mendirikan sebuah tim balap yang dinamakan Jhonlin Racing.

Kegemarannya tersebut juga menular pada sang anak, Liana Saputri. Tak hanya hobi balap, Haji Isam juga termasuk sosok yang sangat dermawan. Terbukti, ia memberangkatkan 250 Guru SMP Negeri 1 Mentewe, kabupaten Tanah bumbu, Kalimantan Selatan untuk pergi Umrah.

Selain itu, Haji Isam kabarnya pernah meminjamkan jet pribadi non komersial miliknya untuk digunakan Dr. Zakir Naik tur di Indonesia. Saat itu namanya banyak disanjung publik pro-Zakir Naik dengan menyebutnya sebagai sosok yang kelewat dermawan.

Sosoknya yang kaya raya sebagai pengusaha, membuat dirinya kerap diterpa gosip miring. Pengusaha tambang batubara tersebut, pernah digosipkan dekat dengan artis yang juga penyanyi Yuni Shara.

Saat itu, Yuni Shara sedang berpose di salah satu helikopter Jhonlin Air Transport milik Haji Isam. Namun, gosip tersebut tak terbukti. Bahkan baru-baru ini, ia kembali di gosipkan dekat dengan Syahrini yang harta kekayaannya sering dipertanyakan netizen.

Dapat Tugas Menjalankan Usaha Sang Kakak, Ini Deretan Bisnis Kaesang

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.