Dapat Tugas Menjalankan Usaha Sang Kakak, Ini Deretan Bisnis Kaesang

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangerap dikenal memiliki bisnis di berbagai bidang mulai dari kuliner hingga aplikasi.

JEDA.ID—  Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangerap dikenal memiliki bisnis di berbagai bidang. Tampaknya kesibukan Kaesang akan bertambah karena sang kakak, Gibran berencana menyerahkan tugas penting. Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming, berencana maju di Pemilihan Wali Kota Solo (Pilwalkot) 2020.

“Ya kalau yang namanya bisnis kan bisa dijalankan orang lain. Sekarang kan Kaesang sudah lulus, sudah bisa saya delegasikan ke Kaesang. Minggu depan dia lulus,” kata Gibran kepada wartawan di Senayan City, Jakarta, Minggu (6/10/2019) seperti dilansir detikcom.

Gibran menegaskan sebagian besar usahanya akan dipegang Kaesang jika dia sudah terjun total ke politik. Dia yakin adiknya itu mampu menakhodai bisnis yang telah dibangunnya. Soal jalan menuju Pilwalkot Solo, Gibran belum mau bicara banyak. Seperti diketahui, DPC PDIP Solo sudah menutup pintu untuk Gibran. Namun memang DPP PDIP masih membuka jalan. “Ntar aja,” ujarnya ditanya soal pendaftaran jadi cawalkot Solo. Dia juga menegaskan pilihannya untuk terjun di politik ini tak ada kaitannya dengan sang ayah.

Bisnis Kuliner

Sebelum melirik dunia politik, Gibran dikenal sebagai pengusaha kuliner. Seperti peribahasa buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Kelihaian Jokowi dalam menjalankan usaha ternyata menular ke Gibran. Ayah dari Jan Ethes ini memiliki sejumlah usaha baik di Solo, tempat tinggal keluarganya maupun di luar Solo.

Sepak terjang bisnis kuliner Gibran dimulai sejak dirinya lulus dari University of Technology Sydney, Australia pada 2010. Saat itu Gibran kembali ke Solo dan merintis katering Chilli Pari. Sampai sekarang, Chilli Pari sudah sangat dikenal masyarakat, terutama warga Solo dan sekitarnya.

Gibran Rakabuming kemudian meluncurkan warung martabak yang diberi nama Markobar pada 2014 dengan berbagai menu pilihan rasa. Sampai saat ini, Markobar telah sukses mendirikan setidaknya 26 cabang di 15 kota besar yang ada di Indonesia.

Tak hanya itu, Gibran juga memiliki usaha di bidang fashion dengan merek Tugas Negara Bos. Bisnis merchandise dan clothing line ini memproduksi beragam produk seperti kaus, jaket, hingga jas hujan.  Pada 2016 Gibran juga membuka usaha baru di bidang kedai kopi yang dinamai CS Coffee Shop yang kini sudah memiliki gerai di Solo, Semarang, dan Jogja. Ayah dari Jan Ethes Srinarendra itu ternyata punya alasan sendiri mengapa dirinya mendalami bisnis kuliner.

Menurutnya, masih banyak resep makanan dan minuman khas Indonesia yang bisa dieksplorasi lebih jauh.
Seolah tak kenal lelah, Gibran kembali menggebrak dunia kuliner dengan memperkenalkan Goola, sebuah bisnis minuman tradisional kekinian.

Bahkan belum lama ini Goola dapat suntikan modal US$ 5 juta atau setara Rp71 miliar dari firma modal ventura Alpha JWC Ventures. CEO Goola yang juga partner Gibran, Kevin Susanto, menerangkan modal tersebut nantinya akan digunakan untuk menambah 160 kios baru di seluruh Indonesia.

Sepak Terjang Kaesang

Seperti juga sang kakak, Kaesang juga merupakan seorang pengusaha muda dengan beragam jenis usaha.  Kaesang Pangarep lahir di Solo, pada 25 Desember 1994. Sebelum menekuni bisni, Kaesang menjajal kemampuannya sebagai seorang blogger, vlogger, hingga pemeran film. Kaesang pernah tampil sebagai sopir taksi dalam Film “Cek Toko Sebelah” karya Ernest Prakasa.

Kaesang menyelesaikan pendidikan dasarnya di SD Negeri 16 Mangkubumen Kidul, Laweyan, Solo, seperti juga kakaknya. Kemudian ia melanjutkan SMA di Singapura, Anglo-Chinese School International dengan program studi International Baccalaureat. Setelahnya ia berkuliah di Singapore Institute of Management University.

Senang Di-bully

Saat ini Kaesang tampaknya lebih serius menggarap bisnisnya. Adik kandung Kahiyang Ayu ini sudah menjalankan berbagai usaha. Jiwa bisnis Kaesang Pangarep memang diwariskan dari sang ayah. Seperti diketahui, sebelum terjun di dunia politik, Presiden Jokowi menekuni dunia bisnis dengan mendirikan pabrik mebel. Sebagai seorang pengusaha muda, Kaesang Pangarep punya cara unik buat mempromosikan berbagai usahanya nih.

Media sosial menjadi salah satu media utama yang kerap digunakan Kaesang untuk mempromosikan usahanya. Meskipun kerap jadi sasaran bully warganet, namun Presiden Jokowi mengungkapkan jika sang putra justru mengaku senang lantaran bisa menaikkan brandingnya.

“Kaesang itu malah senang, hobinya itu di-bully. Dibully buat dia itu dianggapnya bisa menaikkan brandingnya,” kata Jokowi seperti dikutip dari Antara, Jumat (14/6/2019).

Sejak terjun di dunia bisnis beberapa tahun belakangan ini, kerajaan bisnis yang dibangun Kaesang terbilang sukses. Anak bungsu dari tiga bersaudara ini kini diketahui menjalankan lebih dari empat bisnisnya. Berikut sederetan bisnis Kaesang Pangerap seperti dilansir Jeda.Id dari berbagai sumber.

1. Sang Pisang

Mengikuti jejak sang kakak, Gibran Rakabuming Raka, Kaesang Pangarep mengawali bisnisnya dengan membuka usaha pisang nugget bernama Sang Pisang pada Desember 2017 lalu. Siapa sangka, bisnisnya tersebut mendapat respons positif dari publik. Hingga kini, Sang Pisang telah memiliki puluhan cabang yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

2. Sang Javas

Tidak hanya fokus di bidang kuliner, Kaesang juga merambah bisnia lain. Pada 2017 Kaesang Pangarep juga merilis bisnis clothing line yang bernama Sang Javas. Dengan memilih tema kecebong sebagai desain kausnya, produk clothing line Kaesang yang ditawarkan sekitar Rp150.000. Bisnis ini mungkin terinspirasi dari sang ayah yang suka mendengarkan suara katak, bahkan di Istana Presiden, Jokowi konon memelihara katak. Sebagai media promosi, Kaesang kerap mengenakan kaus dagangannya di berbagai kesempatan.

3. Bisnis Game

Bersama sang kakak, Kaesang Pangarep juga pernah mempromosikan permainan yang diberi nama Hompimpa Games. Kaesang mengatakan game tersebut cocok dipakai untuk menunjang belajar anak-anak. Dia menjelaskan game itu menonjolkan budaya Indonesia dan isu yang relevan dengan keadaan masa kini.

Dijelaskan, game itu memuat permainan seperti Game Anak Rimba yang mengajarkan tentang anak suku dalam dan kelestarian alam, The Art of Batik adalah game tentang proses pembuatan batik, Acaraki adalah game tentang peramu jamu di zaman Majapahit, Sengal Senggol Gang Damai adalah game yang mengajarkan toleransi hidup bermasyarakat dan Math Cat mengajak bermain dan belajar matematika dengan kucing-kucing lucu.

4. Aplikasi Madhang

Masih bersama Gibran, Kaesang juga merintis Madhang adalah aplikasi jual beli masakan rumahan. Aplikasi ini sudah beroperasi di Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Bali. Aplikasi ini diperuntukkan bagi mereka terutama ibu-ibu untuk menjual masakan rumahan tanpa harus menyewa tempat.

5. Bisnis ikan lele

Sukses dengan bisnis Sang Pisang, Sang Javas, dan aplikasi Madhang, Kaesang Pangarep melebarkan sayap bisnisnya dengan usaha ikan lele. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi pada Februari 2019 lalu.
“Anak saya [Kaesang Pangarep] mulai belok lagi, ‘Pak sekarang saya bisnis lele’. Ini apalagi? Hitung-hitungnya seperti apa? Waduh ini gede lagi, lele itu demand-nya banyak sekali, tapi suplai-nya sedikit,” ungkap Jokowi seperti dikutip dari liputan6.com.

6. Ternak Kopi

Seperti melihat peluang di bidang minuman kopi, Kaesang juga melebarkan sayap bisnisnya dengan membuka usaha minuman kopi bernama Ternak Kopi. Bekerja sama dengan para petani kopi asli Indonesia, bisnis Ternak Kopi milik Kaesang ini menjual kopi dalam kemasan botol yang dijual seharga Rp20.000.

7. Mangkok Ku

Belum cukup dengan beberapa bisnisnya, Kaesang kembali memperkenalkan bisnis barunya. Tak sendirian, bisnis kuliner bernama Mangkok Ku yang dia dirikan bersama sang kakak dan berkolaborasi dengan juri MasterChef Indonesia, Chef Arnold Poernomo dan influencer musik yang awalnya berkiprah sebagai content creator game, Reza Oktovian atau yang akrab disebut Reza Arap.

Kaesang diketahui memang berteman akrab dengan chef Arnold dan Reza. Terbukti saat Reza menjadi pasangan kolabnya di salah video youtube unggahan putra sulung Presiden Jokowi tersebut. Kaesang juga diketahui menjadi tamu undangan spesial di acara pernikahan chef Arnold akhir tahun lalu.

Tampaknya Kaesang akan semakin sibuk dengan bisnis bila nanti sang kakak benar-benar menjadi politikus. Mengingat bisnis Gibran yang tak juga sedikit akan diserahkan penanganannya kepada sang adik.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.