Bagaimana Cara Menolak Teman yang Ingin Utang Secara Halus?

Berikut ini ada lima cara menolak teman yang ingin utang kepada Anda secara halus tanpa melukai perasaan atau hati mereka.

JEDA.ID — Jika Anda bingung menolak permintaan utang dari teman, alangkah baiknya baca cara halus menolaknya di bawah ini.

Apalagi jika Anda hanya mempunyai uang pas-pasan saja, untuk meminjamkan uang kepada teman tentunya berpikir dua kali. Maka dari itu, untuk menolak permintaan utang dari teman, Anda bisa mengaplikasikan lima cara halus di bawah ini.

Dampak Negatif Buka HP Saat Bangun Tidur, Nomor 3 Bahaya Banget

Berikut ini lima cara halus menolak teman yang ingin utang kepadamu, sebagaimana yang telah diinformasikan pula oleh situs resmi dari Kreditgogo.com.

Lagi Hubungan Intim Ketahuan Anak, Apa yang Harus Dilakukan Orang Tua?

1. Lagi Butuh Uang

Cara pertama menolak teman utang ini cukup halus. Dengan cukup mengatakan, “Lah, kok sama! Saya juga lagi butuh uang nih, baru saja mau cari pinjaman“, teman Anda pasti akan membatalkannya karena menganggap Anda tak punya uang.

Begini Cara Bikin Masker Lidah Buaya, Rahasia Awet Muda Yuni Shara

Tetapi, perlu diingat jangan mempublikasikan aktivitas belanja atau liburan Anda ke media sosial dalam waktu dekat. Takutnya, Anda akan dicap pembohong oleh teman Anda tadi.

2. Punya Banyak Cicilan

“Maaf belum bisa kasih pinjaman, soalnya mau bayar cicilan bulanan. Kalau terlambat nanti kena denda dan bunga. Eh, kecuali kalau kamu mau ikut menanggung bunga dan dendanya,” katakanlah hal tersebut ke teman Anda.

Dipastikan, alasan kedua ini mampu membuat teman Anda mundur seribu langkah dan tak jadi berutang kepadamu.

Kreasi Makanan yang Bisa Dibuat Anak Kos, Nomor 3 Pasti Suka!

3. Lagi Dipinjam Orang

Anda bisa memberikan alasan tersebut kepada teman yang ingin utang kepadamu. Cukup berkata, “Maaf, belum bisa. Soalnya duit saya lagi dipinjam orang, sampai sekarang belum dikatakan.”

Dengan alasan tersebut, teman Anda akan mengerti dan membatalkan niat meminjam uang.

Bingung Nasi Sisa Diolah Apa? Yuk Dibikin Tuna Mentai Rice, Si Kecil Pasti Suka!

Namun, perlu diwaspadai pula jika teman Anda ini ingin menjadi sosok bak pahlawan sebagai penagih utang. Biasanya, hal ini terjadi terhadap orang yang betul-betul kepepet membutuhkan uang.

4. Belum Bayar Tagihan Bulanan

“Bukannya tidak ada uang, tapi saya juga masih ada tagihan bulanan belum terbayar. Tagihan listrik, telepon, air, internet. Masih perlu belanja bulanan juga,” kalimat ini tentu membuat teman Anda memakluminya.

4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Homeschooling untuk Anak

Hindari menggunakan alasan pembelian barang-barang yang sifatnya konsumtif ya. Hal ini dikarenakan Anda dikira sedang mempunyai banyak uang.

5. Selektif

Cara halus kelima menolak teman yang ingin utang adalah menggunakan alasan selektif.

“Maaf belum bisa kasih pinjaman. Saya punya aturan untuk tidak meminjamkan uang ke siapapun. Jangankan teman, ke keluarga saja tidak kok,” ucapkan ini ke teman Anda.

Tips Bikin Foto Keren ala Dion Wiyoko, Hanya Bermodal Ponsel Loh!

Alasan kelima ini akan membuat Anda tercoret dari daftar orang yang bisa dimintai pinjaman uang.

Kunyit Disebut Bisa Bunuh Virus, Bagaimana dengan Covid-19?

Rekomendasi Film Netflix dari Cinta Laura

Baca Tips Keuangan di Sini

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.