• Thu, 29 September 2022

Breaking News :

Tips Bikin Foto Keren ala Dion Wiyoko, Hanya Bermodal Ponsel Loh!

Dion Wiyoko membagikan tips bikin foto keren di rumah saja. Meski hanya bermodal ponsel, kalian tetap bisa bikin foto keren.

JEDA.ID-Ingin menghasilkan foto estetik di rumah saja bermodal handphone? Hanya bermodalkan smartphone dan barang-barang di sekitar, Anda bisa mendapatkan foto estetik untuk diunggah ke media sosial. Tips bikin foto keren di rumah saja ini langsung dibagikan oleh Dion Wiyoko dalam sebuah kesempatan (5/9/2020).

Aktor Dion Wiyoko diketahui memang mempunyai hobi travelling dan fotografi. Melalui akun instagram resminya, ia sering membagikan hasil jepretannya yang luar biasa. Dion menuturkan, berawal dari kecintaannya terhadap travelling, ia menemukan passion dan hobinya terhadap fotografi. Hobi tersebut pun telah ia tekuni selama empat tahun.

“Belajar fotografi awalnya dari handphone dulu. Belajar trik-trik fotografi dari internet, YouTube, dan semuanya bisa dipelajari dengan otodidak,” ujar Dion dikutip dari laman Liputan6.com, belum lama ini.

Kehadiran pandemi tentu membawa pengaruh besar untuk menjalankan hobinya. Pasalnya, travelling tidak mungkin dilakukan, kegiatan fotografi pun berganti dengan pemotretan virtual. Meskipun keadaan yang serba menyulitkan, ini bukan menjadi kendala bagi Anda yang ingin tetap eksis mengunggah foto di media sosial.

Bahkan, hanya bermodalkan sebuah ponsel dan barang di sekitar, ternyata Anda bisa menghasilkan foto liburan yang menarik dan estetik tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Apa saja tips fotografi sederhana ala aktor 36 tahun ini?

Gunakan Properti Foto dari Barang di Sekitar

Tips fotografi pertama dari Dion adalah memanfaatkan barang di sekitar. Tak perlu jauh-jauh, di sekitar kita pun banyak sekali barang unik yang bisa dimanfaatkan untuk properti foto. Misalnya, bunga, daun, botol plastik air mineral, cermin, kaca, pasir, dan banyak lagi.

Berfoto menggunakan cermin misalnya, bisa dilakukan dengan meletakkan cermin di atas objek, lalu diberi aksen pemanis seperti bunga, atau juga bisa menambahkan elemen pasir. Melalui cara ini, Anda bisa menghasilkan foto dengan suasana tropis nan cantik meskipun hanya di rumah saja.

Hari Tanpa Bayangan Kembali Sapa Indonesia, Cek Jadwalnya

Jika Anda memiliki botol minuman plastik, dapat juga digunakan untuk menambah efek blur dalam hasil foto. Anda hanya perlu memotong bagian bibir botol, lalu menempelkan bunga-bunga kecil mengelilingi ujung potongan botol plastik.

Gunakan gawai Anda untuk memotret melalui botol plastik tersebut. Waw, foto anggun nan estetik siap diunggah ke Instagram.

Ada sedikit tips dari Dion bagi Anda yang sedang memulai hobi ini. Anda dapat meniru dari Internet cara untuk mendapatkan hasil foto yang unik. Lama-kelamaan, Anda akan mendapatkan karakter Anda sendiri saat memotret. Terus berlatih, jangan terlalu memikirkan hasil akhir. Nikmati saja prosesnya.

Pencahayaan yang Tepat

Jika Anda ingin menggambil foto di luar ruangan, pencahayaan adalah salah satu kuncinya. Menurut Dion, waktu yang paling tepat untuk memotret outdoor adalah pagi sebelum pukul 10.00 WIB, agar mendapatkan konsep warna cerah. Dan pada pukul 16.30 WIB untuk mendapat kesan golden hour yang estetik. Namun jika Anda ingin mengambil foto saat matahari terbenam, Anda bisa menambahkan pencahayan tambahan menggunakan flashlight kamera gawai Anda.

Di luar jam tersebut, pencahayaannya cenderung tidak tertangkap dengan baik oleh kamera handphone. Jika terlalu siang, hasil foto akan terlau terang untuk pemotretan dengan cahaya natural. Sedangkan saat malam hari Anda tidak bisa mendapatkan cahaya alami.

Hindari Editing Terlalu Lebay

Pastikan hasil foto sudah cukup baik dan sesuai dengan diharapkan. Pasalnya, editing hanya digunakan untuk mempercantik hasil foto, bukan untuk mengubahnya secara drastis. Berbagai aplikasi editing kini tersedia di smartphone, seperti Lightroom, Mobile Photoshop, dan lainnya.

11 Juta Penduduk Dunia Terinfeksi Corona, WHO Perbarui Kronologi Persebaran

“Foto itu hasilnya sudah 70 persen harus baik, 30 persennya editing dengan hanya menonjolkan saturasi, shadow, dan lainnya. Jadi, sebisa mungkin foto yang diambil udah bagus dulu hasilnya,” tambah Dion.

Tips dari Dion, perbanyaklah eksplorasi berbagai pilihan menu dan efek di aplikasi editi foto tersebut. Pastikan komposisi fotonya sudah baik. Kemudian, atur pencahayaannya dengan menu seperti highlight atau vibrant. Juga perhatikan warna yang Anda inginkan, ini dapat diatur dengan pilihan hue, luminance, dan saturation.

Sering-seringlah memotret dan mengedit foto, ini akan membuat Anda menemukan karakter foto dan pewarnaan yang tepat untuk Anda. Ingat, tidak perlu berlebihan saat mengedit foto untuk menonjolkan kesan estetik yang orisinal.

Ditulis oleh : Annisa Putri

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.