• Sat, 13 April 2024

Breaking News :

Bekerja dari Rumah Bikin Capai? Berikut Ini Tips Agar Tidak Mudah Tumbang

Bekerja dari rumah saat ini menjadi pilihan banyak pekerja lantaran ada pandemi Covid-19. Bekerja dari rumah juga bikin capai.

JEDA.ID—Bekerja dari rumah saat ini menjadi pilihan banyak pekerja lantaran ada pandemi Covid-19. Namun bekerja dari rumah (WFH) juga bikin capai karena kita harus menatap layar handphone atau komputer dalam waktu yang lama.

Merasa lelah setelah beraktivitas selain disebabkan oleh beban pekerjaan seperti salah satunya sudah disebutkan sebelumnya, biasanya juga disebabkan oleh masalah kesehatan, seperti kekurangan vitamin, anemia, serta gangguan kelenjar tiroid.

Bila hal tersebut dibiarkan, kelelahan kronis dapat sangat mengganggu kesehatan. Untuk itu, perlu untuk segera melakukan konsultasi pada dokter jika rasa lelah yang dialami tidak kunjung mereda.

Biasanya ketika merasa lelah, kita memilih untuk beristirahat sebagai salah satu cara yang dirasa paling tepat. Namun, bahkan hal itu tidak cukup untuk meredakan rasa lelah setelah bekerja seharian.

Banyak hal sederhana yang dapat membuat tubuh kembali segar dan terlepas dari kelelahan. Hal tersebut tentunya dapat kamu lakukan sendiri bahkan di rumah, tidak perlu ke dokter, hanya butuh niat dan waktu luang kamu saja untuk membuat tubuh kmau lebih baik lagi.

Mutasi Corona D614G, 10 Kali Lebih Menular Tapi Justru Melemah

Lalu, bagaimana caranya untuk mengatasi kelelahan karena harus membagi waktu untuk bekerja dari rumah dan melakukan pekerjaan domestik? Berikut ulasannya berhadil dirangkum jeda.id dari beberapa sumber.

Mandi air hangat

Kepala Pusat Penelitian Gangguan Tidur di Northwestern University, Phyllis Zee, mengatakan orang akan lebih cepat tidur ketika suhu badannya menurun. Mandi dengan air hangat akan menurunkan suhu badan dengan sendirinya.

Konsumsi vitamin minyak ikan

Mengkonsumsi vitamin minyak ikan memiliki banyak manfaat loh. Selain baik untuk kesehatan jantung, konsumsi minyak ikan dapat meningkatkan energi dan kewaspadaan seseorang.

Menurut sebuah studi tahun 2009 yang dilakukan para ilmuwan di Universitas Siena Italia, relawan yang mengkonsumsi vitamin minyak ikan selama 21 hari memiliki kesehatan mental dan stamina yang lebih kuat.

Minum banyak air putih untuk mengatasi kelelahan bekerja dari rumah (ilustrasi Freepik)

Minum banyak air putih untuk mengatasi kelelahan bekerja dari rumah (ilustrasi Freepik)

Minum banyak air putih

Melansir dari laman detikcom, menurut asisten profesor kinesiologi di California State University, Dan Judelson, PhD, dehidrasi menguras energi dan mengganggu kinerja fisik. Seseorang yang mengalami dehidrasi lebih mudah merasa kelelahan. Oleh sebab itu, salah satu cara mengatasi dehidrasi adalah minum banyak air putih.

Desain Interior Rumah Bisa Bikin Bahagia, Begini Caranya!

“Penelitian kami menunjukkan bahwa dehidrasi mempersulit atlet untuk menyelesaikan latihan angkat beban,” kata Dan Judelson melalui WebMD.

Makan teratur dan sehat

“Kamu tidak akan memiliki energi jika melewatkan makan. Pada siang hari, makanlah setiap empat jam sekali atau saat kamu merasa lapar,” ujar Keri Gans, RD, penulis The Small Change Diet dalam laman health.detik.com.

Makanan yang dimakan harus kurang dari 200 kalori dan harus mencakup campuran karbohidrat, serat, dan protein.

Itu dia beberapa tips yang bisa coba kamu lakukan selama di rumah untuk mengatasi kelelahan supaya tidak mudah tumbang setelah banyak beraktivitas, semoga bermanfaat.

Ditulis oleh : A’idah Husna Luthfiyyah Ans

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.