• Thu, 25 April 2024

Breaking News :

Kenali Gejala Penyakit Tipes Sebelum Terlambat

Penyakit tipes dalam pengertian adalah demam typhoid yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi.

JEDA.ID-Gejala penyakit tipes seringkali sulit dibedakan dengan demam biasa bahkan Demam Berdarah Dengue (DBD). Kenali sejak dini gejala penyakit tipes sebelum terlambat.

Tips kesehatan kali ini membahas gejala penyakit tipes. Kondisi cuaca yang tidak menentu dan memiliki sistem imun yang lemah dapat memudahkan bakteri penyebab tipes masuk ke tubuh.

Hal ini seperti yang dialami aktris Kalina Ocktaranny yang tengah terbaring di rumah sakit lantaran penyakit tipes. Kabar ini diketahui melalui potret Kalina yang berbaring di tempat tidur di ruang perawatan rumah sakit yang diunggah oleh sang kekasih, Vicky Prasetyo, melalui akun instagram pribadinya.

Disease X Berpotensi Jadi Pandemi Baru, Ini Faktanya

“Lekas sembuh yaa sayang @kalinaocktaranny semangatt yaaaa!!!! Kan mau jadi penganten,” tulis Vicky, dikutip dari akun Instagram @vickypreasetyo777, Senin (4/1/2021)

Penyakit tipes dalam pengertian adalah demam typhoid yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Biasanya bakteri ini menyebar melalui makanan atau air yang terkontaminasi. Kemudian, bakteri akan masuk ke saluran pencernaan dan bertambah banyak.

Tipes yang dikenal sehari-hari berbeda dengan typhus, infeksi mematikan yang disebabkan oleh bakteri Rickettsia.

Ada beberapa ciri-ciri penyakit tipes atau demam typhoid yang sering diabaikan, yang dirangkum dari detikcom pada Selasa (5/1/2021):

1. Demam

Ciri-ciri penyakit tipes pada anak maupun orang dewasa akan mengalami fase demam. Saat mengalami demam suhu tubuh akan mencapai 39,4 atau 40 derajat celcius. Biasanya, demam akan diikuti dengan sakit kepala, lemas, hingga menggigil.

2. Mual dan muntah

Salah satu ciri-ciri penyakit tipes yang umum adalah mengalami mual dan muntah. Setelah mengalami kondisi ini, biasanya orang akan merasa lemas dan hanya ingin berbaring.

3. Nafsu makan berkurang

Orang yang menderita sakit tipes akan mengalami hilangnya nafsu makan. Sehingga jenis makanan apa saja tidak mau untuk dikonsumsi.

Jack Ma Tiba-Tiba Menghilang, Ini Kisahnya

Namun, orang yang menderita penyakit tipes harus tetap makan untuk membantu penyembuhan. Beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat tipes seperti jus buah, roti, perbanyak air putih, serta sayur-sayuran yang dimasak seperti wortel, kentang, bit, dan labu.

4. Batuk kering

Batuk kering merupakan salah satu ciri-ciri penyakit tipes yang biasa terjadi di minggu awal. Untuk membantu pemulihan, perbanyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi

5. Diare

Penyakit tipes juga berdampak pada saluran pencernaan, bisa diare atau konstipasi (sembelit). Jika sudah mengalami gejala ini, segera periksakan ke dokter untuk penanganan yang lebih serius.

6. Lidah

Warna lidah bisa menentukan seseorang sedang mengalami gejala tipes. Umumnya, lidah berwarna merah tetapi pada orang yang mengalami penyakit tipes akan berwarna putih.

Mengenal Teknologi Seaglider yang Ditemukan di Selayar

Sedangkan, pinggirannya merah dan saat menjulurkan lidah akan gemetar (tremor).

7. Ruam merah

Ciri-ciri penyakit tipes dan DBD biasanya tampak sama melalui ruam merah. Meski tampak luarnya hampir sama, untuk memastikannya harus diperiksakan ke dokter.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.