7 Rempah yang Diyakini Bisa Tangkal Virus Corona

Selain sebagai bahan atau bumbu masakan, rempah-rempah diyakini memiliki manfaat untuk menunjang daya tubuh yang berguna menangkal virus.

JEDA.ID- Selain sebagai bahan atau bumbu masakan, rempah-rempah diyakini memiliki manfaat untuk menunjang daya tubuh.

Memiliki daya tahan tubuh yang baik memang sangat dianjurkan untuk menangkal virus termasuk Virus Corona penyebab Covid-19. Seseorang secara alami bisa kebal terhadap suatu penyakit jika di dalam tubuhnya terdapat daya tahan yang baik.

Dilansir Bisnis.com dari Boldsky.com pada Kamis (2/4/2020) cara terbaik untuk meningkatakan kekebalan tubuh adalah melalui cara alami. Salah satunya dengan memanfaatkan beberapa rempah atau jamu. Di antara bumbu dapur ternyata efektif dalam membantu menjaga daya tahan tubuh.

Berikut daftar rempah yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan cara mengolahnya:

1. Bawang Putih

Bawang putih sangat penting untuk menjaga homeostasis sistem kekebalan tubuh. Bawang putih bisa menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh karena keberadaan senyawa imunoregulatif. Anda bisa mengambil 1 sampai 2 siung bawang putih, masukkan ke dalam segelas air hangat dan minum setiap hari dalam keadaan perut kosong.

2.Kunyit

Kunyit termasuk ke dalam makanan sehari – hari yang memiliki sifat antiinflamasi, antimikroba, dan imunomodulator, yang membantu melawan flu dan memperbaiki gejala pilek dan batuk. Selain itu, kunyit juga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus mengurangi peradangan paru. Anda bisa mencampurkan kunyit, jahe, dan lemon kedalam teh, dan diminum sebanyak dua kali sehari

3.Jahe

Jahe dikenal sebagai rempah yang kaya akan manfaat. Salah satunya adalah meningkatkan kekebalan tubuh, melawan peradangan paru, membantu melawan batuk dan meningkatkan produksi sel-T. Anda bisa menambahkan irisan jahe, dan madu ke dalam segelas teh hangat dan diminum dua kali sehari.

4.Kayu manis

Rempah beraroma ini merupakan sumber senyawa antioksidan yang bagus. Kayu manis bisa menangkal oenyakit pilek, batuk, radang, sekaligus sebagai stimulator kekebalan tubuh. Anda bisa mencampurkan madu dan bubuk kayu manis dalam segelas air hangat dan dikonsumsi pada pagi hari.

5.Cengkih

Cengkih telah lama dipakai dalam pengobatan tradisonal untuk mengobati beberapa penyakit. Cengkih bisa meningkatkan respons imin dan membantu menetralkan virus dan bakteri. Selain itu cengkih bisa mengurangi peradangan paru dan mengeluarkan lendir. Anda bisa merebus 4 sampai 5 siung cengkeh dan diminum setiap hari.

Satu Pasien Bisa Sumbang 14,3 kg/hari, Limbah Medis Covid-19 Kini Menghantui

6.Bawang Merah

Selain bawang putih, bawang merah juga mengandung banyak senyawa bermanfaat yang bisa menambah kekebalan tubuh seperti vitamin C. Anda bisa merebus beberapa irisan bawang selama 7 sampai 8 jam, lalu ambil 3 sampai 4 sdm air, dan minum 3 kali sehari

7.Saffron

Senyawa bioaktif dalam saffron mampu meningkatkan imunitas, serta membantu menangkal patogen. Selain itu, saffron juga dapat meningkatkan sel darah putih, trombosit darah dan limfosit. Anda bisa mencampurkan sejumput saffron ke dalam air, dan minumlah setiap hari.

Jaga Pola Hidup Sehat

Selain dari asupan makanan, sistem kekebalan tubuh yang kuat juga dapat diperoleh dengan menjalani pola hidup sehat. Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah seperti dilansir dari alodokter:

1. Berolahraga secara teratur

Olahraga rutin dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang kinerja sel darah putih. Tidak hanya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, olahraga juga baik untuk mengurangi stres, menurunkan berat badan, memperkuat otot dan tulang, serta membuat tidur lebih nyenyak.

Waktu olahraga yang disarankan adalah selama 20-30 menit setiap hari. Pilihan olahraga yang baik dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh meliputi berjalan kaki, berenang, bersepeda, senam aerobik, hingga latihan fisik.

2. Kelola stres

Tingkat stres yang tinggi dapat memicu tubuh untuk terus memproduksi hormon kortisol. Kadar hormon stres atau kortisol yang tinggi lama-kelamaan dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah.

Oleh karena itu, luangkanlah waktu untuk melakukan hobi, cukupi istirahat, aktif bersosialisasi, dan lakukan teknik relaksasi untuk meredakan stres. Bila perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau psikolog untuk mengatasi stres yang Anda alami.

Salon Tutup saat Pandemi Covid-19, Ini Tips Potong Rambut Sendiri

3. Tertawa

Tidak hanya menyenangkan, tertawa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat tertawa adalah meningkatkan produksi hormon endorfin yang bisa meredakan stres dan membuat mood menjadi lebih baik. Dengan berkurangnya stres, sistem kekebalan tubuh pun akan tetap terjaga.

4. Berhenti merokok

Sering merokok, baik secara aktif maupun pasif (menghirup asap rokok orang lain), terbukti dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih lemah. Dengan begitu, risiko untuk terkena berbagai penyakit pun akan menjadi lebih tinggi.

Itulah sebabnya, berhenti merokok merupakan salah satu langkah penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai serangan penyakit. Bila cukup tidur dan istirahat, tubuh Anda akan lebih banyak memproduksi antibodi atau zat kekebalan tubuh yang dapat mencegah infeksi. Selain itu, Anda juga jadi tidak mudah mengalami stres.

Oleh karena itu, tidurlah yang cukup, setidaknya 7-9 jam per hari, agar kekebalan tubuh Anda tetap terjaga.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.