5 Manfaat Rutin Minum Air Hangat di Pagi Hari

Apakah Anda memiliki kebiasaan minum air hangat di pagi hari? Tahukah Anda kebiasaan minum air hangat di pagi hari tersebut ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan kita?

JEDA.ID-Apakah Anda memiliki kebiasaan minum air hangat di pagi hari? Tahukah Anda kebiasaan minum air hangat di pagi hari tersebut ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan kita?

Minum air putih sangat dianjurkan karena 50-70 persen tubuh manusia terdiri dari air. Disarankan untuk meminum air kapanpun untuk membantu tubuh untuk tetap terhidrasi.

Tips kesehatan kali ini mengulas manfaat mengkonsumsi air putih hangat setiap pagi.  Berikut penjelasannya seperti dikutip dari detikcom, Kamis (8/10/2020):

1. Mempertahankan berat badan ideal

Dikutip dari Asquithdeal, ahli gizi Cara Walsh RD menjelaskan bahwa manfaat minum air putih hangat dapat mencegah perut dari kembung dan begah.

Mengenang Eddie Van Halen, Sang Gitaris Legendaris Berdarah Indonesia

Tidak hanya itu, air putih hangat juga bermanfaat untuk membakar kalori lebih banyak pada pagi hari. Sehingga meminum air putih dapat membantu Anda menjaga berat badan.

2. Memperlancar pencernaan

Minum air putih hangat di pagi hari telah terbukti dapat membantu proses pencernaan. Air putih hangat memiliki efek vasodilator yang dapat membuat pembuluh daerah melebar dan merangsang aliran darah menuju usus.

Dengan begitu, usus akan cepat melakukan proses pencernaan. Selain itu, meminum air putih hangat juga mampu mengatasi sembelit yang disebabkan oleh minimnya pergerakan di usus. Air putih hangat dapat merangsang gerakan peristaltik dalam usus.

3. Detokfikasi

Manfaat lain dari kebiasaan ini adalah dapat meningkatkan suhu tubuh. Efeknya adalah kelenjar keringat yang terangsang. Pada saat proses pengeluaran keringat inilah, racun dalam tubuh dapat dikeluarkan.

Manfaat Air Putih untuk Pencegahan Covid-19, Sudah Minum Berapa Gelas?

Air putih juga dapat melancarkan peredaran darah sehingga dapat mencegah berbagai macam penyakit seperti stroke.

4. Mengatasi pilek dan sakit tenggorokan

Apakah Anda orang yang memiliki kebiasaan atau tenggorokan yang sakit ketika bangun tidur? Minum air putih hangat dapat menjadi salah-satu solusi yang mudah untuk mengatasinya.

Menurut para ahli, kebiasaan ini dapat menurunkan gejala infeksi saluran pernapasan sehingga pilek yang Anda sering alami dapat teratasi. Minum air hangat juga mampu mengatasi rasa sakit akibat penumpukan cairan di dalam kerongkongan.

5. Mengurangi stres

Minuman hangat juga mampu menenangkan saraf di dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih rileks. Jika Anda memiliki gangguan kecemasan, air putih hangat bisa menjadi salah-satu kebiasaan yang harus mulai Anda terapkan.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.