• Thu, 18 April 2024

Breaking News :

Mengenang Eddie Van Halen, Sang Gitaris Legendaris Berdarah Indonesia

Eddie Van Halen meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker. Eddie Van Halen terkenal karena menyempurnakan teknik ketukan dua tangan pada leher gitar.

JEDA.ID-Gitaris rock legendaris Eddie Van Halen meninggal dunia pada Selasa (6/10/2020) setelah berjuang melawan kanker. Dia meninggal dunia pada usia 65 tahun.

Kabar meninggalnya gitaris yang terkenal di era 1980—1990-an itu, diumumkan oleh putrnya, Wolfgang, melalui akun Twitter-nya.

Van Halen seperti dikutip dari asia.nikkei.com, terkenal karena menyempurnakan teknik ketukan dua tangan pada leher gitar, pendekatan yang diadopsi oleh pemain gitar di seluruh dunia.

Dikutip dari bisnis.com, Rabu (7/10/2020), dia juga dikenal karena memainkan gitar dari lagu hit  Beat It oleh Michael Jackson. Menurut laporan, Eddie telah menderita kanker tenggorokan sejak  2000.

Sewa atau Beli Rumah? Ini Bisa Menjadi Bahan Pertimbanganmu

Van Halen membentuk band rock Van Halen dengan saudaranya Alex, yang merupakan penabuh gendang, pada 1978. Album debut mereka Van Halen sukses besar, dan grup tersebut pertama kali tampil di Jepang sekitar enam bulan setelah album tersebut dirilis.

Album lanjutan berjudul 1984, dinamai sesuai tahun peluncurannya, termasuk lagu-lagu rock 1980-an yang ikonik seperti Jump dan Panama. Pada 2007, Van Halen masuk ke dalam jajaran Rock and Roll Hall of Fame.

Berdarah Indonesia

Fakta menarik lainnya adalah sang gitaris ini berdarah Indonesia. Dalam satu wawancara yang dipandu oleh sang vokalis David Lee Roth dan sudah diunggah di youtube, keduanya banyak berbicara tentang latar belakang keluarga mereka.

Wawancara itu boleh jadi bagian dari promosi album baru Van Halen bertajuk A Different Kind Of Truth yang diluncurkan pada 7 Februari.

10 Kebiasaan Konsumsi Bertanggung Jawab Bikin Anda Hemat

Eddie, gitaris, dan Alex, drum, berkisah bagaimana sang ayah yang asal Belanda Jan van Halen bertemu dengan Eugenia yang asli Indonesia ketika dia tampil di Indonesia.

Jan kemudian tinggal selama 6 tahun di Indonesia. Keduanya juga berbicara tentang pengaruh ayah pada karier musik mereka.
Namun, keduanya mengatakan justru ibunda mereka lah yang pertama kali menginginkan mereka bermusik.

“Dari Indonesia,” begitu jawab Alex menjawab pertanyaan Lee Roth tentang darimana asal ibu mereka.

Dalam unggahan wawancara itu juga ditampilkan foto ibunda Alex dan Eddie yang memang kelihatan berwajah Indonesia tulen. Foto-foto ketika mereka kecil juga ditayangkan

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.