• Sun, 14 August 2022

Breaking News :

Sewa atau Beli Rumah? Ini Bisa Menjadi Bahan Pertimbanganmu

Tak jarang kita dihadapkan pada keputusan antara sewa atau beli rumah. Ada sejumlah pertimbangan sebelum memutuskan sewa atau beli rumah.

JEDA.ID-Sewa atau beli rumah merupakan jalan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia berupa papan. Namun sebelum memutuskan sewa atau beli rumah sebaiknya pikirkan masak-masak.

Rumah memang salah satu kebutuhan pokok kehidupan manusia. Setiap orang pasti membutuhkan tempat untuk berkumpul dengan orang tercinta dan beristirahat setelah seharian bekerja dan beraktivitas.

Kendati dianggap penting, memiliki tempat tinggal tidak mudah. Kenaikan harga rumah yang tidak seimbang dengan kenaikan penghasilan jadi penghalang sebagian orang untuk memiliki rumah.

Cara Menghadapi Resesi, Tidak Perlu Panik Lakukan Ini

Tips keuangan kali ini membahas sejumlah pertimbangan sebelum memutuskan sewa atau beli rumah seperti dikutip dari berbagai sumber:

Kelebihan Menyewa Rumah

1. Tidak perlu menyiapkan uang lebih untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan. Kalau pun ada, biasanya sudah termasuk dalam biaya sewa dan sudah tertera dalam kontrak.

2. Biaya sewa yang lebih kecil jika dibandingkan uang muka atau cicilan-cicilan lain untuk membeli sebuah rumah. Uang yang kamu miliki bisa digunakan untuk kepentingan lainnya.

3. Terbebas dari perawatan rumah. Kebanyakan para pemilik rumah memegang tanggung jawab penuh terharap rumah yang disewa. Jika terjadi kerusakan pada rumah, seperti genting bocor, maka pemilik rumah akan menanggung pembiayaannya. Namun, tidak semua pemilik rumah seperti ini, ada baiknya untuk diskusikan hal ini dengan pemilik rumah.

4. Menyewa rumah sangat cocok jika pekerjaan mengharuskan kamu untuk berpindah-pindah. Kamu dapat berpindah tempat tinggal dalam waktu singkat jika diperlukan.

Kekurangan Menyewa Rumah

1. Kamu harus mengikuti aturan dan perjanjian yang sudah disepakati dengan pemilik umah. Hal ini akan membuatmu merasa tidak bebas.

2. Dilarang merubah fisik rumah tanpa persetujuan pemilik rumah. Pemilik rumah tidak akan segan-segan mengusir penyewa bila pemilik rumah mengetahuinya.

3. Biaya sewa rumah dapat meningkat setiap tahunnya tergantung pada tingkat inflasi.

4. Jika masa sewa habis, kamu harus memikirkan biaya untuk memperpanjang atau biaya tambahan untuk pindah rumah sewa lainnya.

Kelebihan Membeli Rumah

1. Dapat menjadi investasi jangka panjang sebab harga rumah yang akan terus meningkat setiap tahunnya mengikuti inflasi. Karenanya, banyak orang melakukan investasi dengan rumah. Apalagi jika rumah yang kamu berlokasi strategis, ini dapat menjadi nilai tambah dalam investasi.

6 Gejala Tak Biasa Covid-19, Benjol di Lidah hingga Cegukan

2. Menjamin masa depan keluarga. Harga rumah yang terus meningkat, membuat rumah menjadi aset terbaik untuk diwariskan.

3. Perkembangan mental anak menjadi lebih baik. Anak yang harus mengikuti orang tuanya berpindah tepat tinggal terus meneruskan, dapat membuat mereka beradaptasi terus pada lingkungan baru.

4. Kamu memiliki hak untuk menyewakan rumahmu pada orang lain. Sehingga kamu bisa mendapatkan lebih banyak pemasukan lewat rumah yang kamu sewakan.

Kekurangan Membeli Rumah

1. Mengeluarkan biaya lebih banyak untuk perawatan. Beda halnya ketika kamu menyewa rumah di mana kamu sebagai penyewa tidak menanggung perawatan rumah. Membeli rumah berarti kamu harus menyisihkan uang untuk perawatan agar rumah tetap terlihat cantik dan indah.

Mengenal si Janda Bolong yang Sedang Ngehits

2. Risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti longsor, gempa dan kebakaran yang dapat membuat rumahmu rusak hingga hancur.

3. Walaupun investasi rumah sangat menjanjikan, namun rumah tidak bisa terjual dengan cepat.

Apakah kamu sudah menemukan jawabannya setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan pada menyewa dan membeli rumah?

Pikirkan kembali dengan matang-matang agar kamu tidak salah dalam mengambil keputusan.

Ditulis oleh : Jovita Citra

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.