5 Fakta Norovirus yang Serang 70 Mahasiswa di China

Masih banyak yang belum diketahui soal fakta norovirus yang menginfeksi lebih dari 70 mahasiswa di China. Tips kesehatan kali ini mengulik fakta norovirus.

JEDA.ID-Masih banyak yang belum diketahui soal fakta norovirus yang menginfeksi lebih dari 70 mahasiswa di China. Tips kesehatan kali ini mengulik fakta norovirus.

Pandemi virus corona belum berakhir, sekarang muncul norovirus. Sebanyak lebih dari 70 mahasiswa di sebuah universitas di Taiyuan, Provinsi Shanxi, China Utara, dinyatakan positif terinfeksi norovirus. Mereka mengalami diare dan muntah-muntah.

Kasus ini terjadi pada Rabu (7/10/2020) kemarin, hingga akhirnya Departemen Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Taiyuan mengambil sampel dari 28 mahasiswa, untuk di tes dan hasilnya 11 di antaranya positif norovirus.

No Bra Day, Benarkah Tidak Pakai Bra Bermanfaat Bagi Kesehatan?

Dikutip dari WebMD dan ditulis detikcom, Selasa (13/10/2020), berikut beberapa faktor mengenai norovirus yang menyerang 70 mahasiswa di China.

1. Kali pertama muncul pada 1972

Norovirus merupakan virus yang bisa menyebar lewat makanan dan air yang terkontaminasi, atau setelah menyentuh benda yang permukaannya terdapat virus. Virus ini bisa menyerang kapan saja, terutama pada musim dingin.

Virus ini awalnya muncul dan mewabah di kota Norwalk hingga disebut sebagai virus Norwalk pada tahun 1972. Norovirus dianggap sebagai penyebab paling umum dari gastroenteritis akut (penyakit diare dan muntah) di seluruh dunia.

2. Gejala norovirus

Saat seseorang terinfeksi norovirus, gejalanya akan muncul dua hari setelah terpapar. Gejala khasnya termasuk mual, muntah (lebih sering dialami anak-anak), diare berair (lebih sering terjadi pada orang dewasa, dan kram pada perut.

Adapun beberapa gejala norovirus lainnya, seperti demam ringan, panas dingin, sakit kepala, nyeri otot, dan kelelahan. Seringkali orang yang terinfeksi akan kekurangan cairan, karena diare dan muntah yang mampu menghabiskan cairan dalam tubuh.

3. Berapa lama norovirus menular?

Virus norovirus ini bisa ditularkan pada orang lain sampai delapan minggu. Tetapi, infeksi ini bisa berkurang dari waktu ke waktu. Pada banyak kasus, seseorang dikatakan sembuh jika sudah bebas dari gejala selama 48 jam.

4. Penyebaran norovirus

Seseorang bisa terinfeksi norovirus saat mengkonsumsi air dan makanan yang terkontaminasi. Saat orang itu muntah, virus bisa menyebar lewat udara dan mencemari permukaan.

Maskapai Banting Setir: Bisnis Akikah hingga Jualan Gorengan

Selain itu, virus ini bisa menyebar lewat feses serta popok yang kotor. Penyebaran norovirus ini sulit dikendalikan karena menular sebelum gejalanya muncul.

5. Norovirus tidak merespons antibiotik

Seperti pada virus lainnya, norovirus tidak merespon antibiotik yang memang untuk membunuh bakteri. Bahkan obat antivirus untuk mengobati norovirus ini belum ada.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.