10 Aplikasi Penunjang WFH Ini Bikin Anda Tetap Produktif

Ada 10 aplikasi penunjang WFH yang bikin Anda tetap produktif dan terhubung dengan dunia luar. Aplikasi penunjang WFH ini ada yang gratis.

JEDA.ID-Bekerja di rumah (work from home) merupakan pilihan saat pandemi corona. Meski WFH, Anda bisa tetap bekerja dan terhubung dengan dunia luar kok. Ada 10 aplikasi penunjang WFH yang bikin Anda tetap produktif dan terhubung dengan dunia luar.

Melansir detikcom, Sabtu (12/9/2020), berikut ini 10 aplikasi penunjang WFH yang bisa membantu tetap produktif dan bekerja maksimal meski work from home (WFH) alias bekerja dari rumah.

1. Whatsapp

Aplikasi messaging buatan Facebook ini sepertinya jadi pilihan pertama untuk berkomunikasi dengan teman atau atasan di kantor, sebelum beralih ke aplikasi pendukung WFH lainnya.

Metode Proning Position untuk Atasi Sesak Napas, Benarkah?

Tak cuma chat, dengan WhatsApp Anda bisa melakukan panggilan suara atau video, dapat mengirim dokumen, bahkan video call group. Yang jelas, urusan komunikasi akan tetap aman.

2. Slack

Slack adalah aplikasi penunjang WFH yang mendukung komunikasi tim. Tidak hanya bisa berkirim pesan, di dalamnya ada fitur untuk melihat proses kerja, berbagi berkas dan lain-lain. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis, hanya saja kemampuannya terbatas ketimbang versi berbayar.

3. Zoom

Butuh melakukan video conference? Aplikasi ini jadi pilihan. Kalian bisa instal pada desktop maupun smartphone, bisa juga untuk kebutuhan kantor maupun pribadi. Kalian bisa menggunakan Zoom secara gratis untuk konferensi berdurasi 40 menit dengan 100 partisipan.

4. Google Hangouts dan Meet

Aplikasi ini awalnya memang layanan pesan instan. Tapi sekarang Hangout dapat untuk panggilan grup video. Ada kemudahan untuk beralih ke peserta, menonaktifkan audio dan video.

Google juga punya solusi bisnis berbasis Hangouts yaitu Meet, yang terintegrasi dengan kalender kerja yang secara otomatis menampilkan rapat, dan memungkinkan kalian untuk dengan mudah membagikan layar jika ingin menunjukkan hal-hal detail pada rekan kerja.

5. Workplace by Facebook

Workplace by Facebook menghadirkan layanan pesan sekaligus media sosial khusus untuk kalangan korporasi dan profesional. Platform ini mempermudah koordinasi secara mobile, memonitor karyawan, dan berkirim pesan. Perlu membayar mulai dari USD 1 untuk menggunakan layanan ini.

6. Microsoft Teams

Aplikasi ini menjadi pesaing Slack. Microsoft Teams mengombinasikan pesan instan, konferensi video antar anggota, ruang penyimpanan, dan bekerja bersama pada file yang sama secara real time.

Dikontrak Adobe, Anak Semarang Ini Sukses Raup Rp90 Juta

Penggunaannya bisa pakai pada Windows, macOS dan Linux. Kalian juga bisa menginstalnya pada iOS dan Android.

7. Basecamp

Aplikasi ini mirip Slack, bedanya adalah menawarkan fitur yang lebih lengkap. Dengan Basecamp, seluruh tim dapat berkumpul di satu tempat guna menunjang produktivitas.

Terdapat fitur untuk membagi tugas ke setiap anggota tim dan memantau perkembangannya. Anda bisa menggunakannya secara gratis, namun terbatas untuk 3 proyek, 20 pengguna dan penyimpanan 1 GB.

8. Trello

Aplikasi ini akan memudahkan kalian bekerja sama dengan orang lain dalam sebuah tim saat melakukan proyek bersama. Trello akan membantu Anda menyusun rencana kerja dan menyelesaikannya secara bersama-sama dengan sejumlah fiturnya yaitu Board, List, dan Card.

9. Skype for Business

Skype for Business memungkinkan pengguna melakukan panggilan suara, conference call dan berbagi pesan dan dokumen dengan lancar. Kita bisa menambahkan hingga 250 orang untuk melakukan rapat online, menyediakan keamanan kelas enterprise, memungkinkan kalian mengelola akun karyawan, dan diintegrasikan ke dalam aplikasi kantor kalian.

10. Webex

Webex bisa jadi alternatif bila Anda kurang suka menggunakan Zoom dan Hangout. Aplikasi ini buatan Cisco  ini cukup populer bagi kalangan bisnis untuk meeting online. Webex bisa digunakan secara gratis, dapat menampung hingga 100 partisipan, kualitas video HD, ada fitur screen sharing, dan personal room.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.