• Fri, 23 February 2024

Breaking News :

Sosok Asli 5 Karakter Meme yang Sering Anda Lihat

Sejumlah sosok juga menjadi ilustrasi meme seperti menggambarkan kesialan, kebahagiaan, tangis haru, atau olok-olokan.

JEDA.ID – Meme menjadi salah satu tren yang berkembang pesat di era jejaring sosial. Meme sering dipakai untuk menggambarkan situasi atau memberi reaksi tentang suatu persoalan. Meme disebar secara viral melalui satu akun juga untuk merayakan sesuatu.

Karen Schubert dalam bukunya Bazar Goes Bizzare yang terbit 2003 seperti ditutip USA Today, Juni 2007, menguraikan meme sebagai sesuatu yang menjadi terkenal melalui Internet, seperti gambar, video, atau bahkan orang. Mimema Internet biasanya tercipta saat seseorang membuat atau mengunggah sesuatu di Internet, dan menyebar secara luas.

20 Kata Unik dan Viral yang Sudah Terdaftar di KBBI Daring

Karen mengambil istilah meme ini melalui penjelasan yang dicetuskan oleh Richard Dawkins tahun 1976 melalui bukunya yang berjudul The Selfish Gene.

Garry Marshall dari School of Computing Science, Middlesex University, juga pernah meneliti tentang meme. Dalam uraiannya berjudul The Internet and Memetics Garry menjelaskan bahwa budaya pop Internet telah menciptakan gaya komunikasi baru.

Meme dapat berbentuk pranala, video, gambar, laman web, tagar (hashtag), atau hanya sekadar kata atau ungkapan. Namun, dalam perkembangannya meme lebih familiar dengan ilusrasi gambar.

Aneh-Aneh, 5 Aksi Protes Jalan Rusak Bikin Tepok Jidat

Sejumlah sosok juga menjadi ilustrasi meme seperti menggambarkan kesialan, kebahagiaan, tangis haru, atau olok-olokan. Berikut sejumlah tokoh di balik meme ekspresif yang beredar di media sosial Internet;

Bad Luck Brian

Kyle Craven asal Ohio, Amerika Serikat, adalah sosok di balik meme “Bad Luck Brian.” Berbeda dengan gambaran meme, Kyle bukanlah seorang yang sial. Hanya, eksperi wajahnya yang unik dijadikan netizen ikon meme nasib buruk.

Meme viral Bad Luck Brian. (Istimewa)

Kyle bekerja sebagai manajer di perusahaan konstruksi milik ayahnya. Dalam wawancaranya dengan Huffington Post, pada Januari 2015, Kyle bercerita, awalnya ia tidak sadar bahwa salah satu fotonya tersebar di media sosial.

Foto itu lantas dibahas di jejaring sosial Reddit, dan salah seorang teman meneleponnya. Foto tersebut adalah foto yang diambil saat ia masih SMP. Menurut pengakuannya, Kyle sengaja memasang ekspresi seperti itu karena saat itu ia sedang di bawah tekanan kepala sekolah.

Kyle tidak pernah marah dan malu dengan meme yang dibuat sebab secara tidak langsung ia dapat membantu orang-orang menghasilkan uang.

“Beruntung aku sudah tidak terlihat seperti itu [tersenyum seperti di meme] lagi. Aku yakin akan kehilangan banyak klien jika aku masih seperti itu [terlihat sial],” katanya.

Viral Online Shop Bakar Produk, Begini Cara Merawat Tas Branded

Disaster Girl

Meme Disaster Girl adalah foto anak kecil tersenyum dengan latar belakang rumah terbakar. Yang membuatnya viral dan dijadikan meme di seluruh dunia adalah karena senyumnya yang misterius dengan background rumah terbakar di belakangnya. Foto ini diambil tahun 2004.

Meme viral disaster girl. (Istimewa)

Cerita di balik foto itu dikisahkan Zoe kepada Refinery 29. Zoe kala itu tengah menonton televisi bersama saudara laki-lakinya Tristan, lalu ibu mereka datang dan mengatakan sebuah rumah tetangga kebakaran. Dave Roth, ayah Zoe, bergegas mengambil kamera dan ke lokasi kejadian.

Ternyata, kebakaran itu dibuat oleh pemadam kebakaran yang menerima sumbangan rumah dari sebuah komunitas. Dave lantas mengambil beberapa gambar termasuk gambar Zoe tengah menonton kebakaran.

Tiga tahun kemudian, dia mengunggah salah satu gambar Zoe ke komunitas foto Zooomr dan menamakannya “Firestarter”. Komentar mulai berdatangan, yang akhirnya membuat Dave tersadar ada hal yang unik dari foto yang ia bagikan.

Pada bulan November 2007, Dave mengikutkan foto itu ke kontes dan berhasil memenangkan kontes tersebut. Foto ini lantas populer lantaran diunggah netizen ke jejaring sosial dan banyak dijadikan lelucon.

Tak Punya Badan, Kenapa Hantu Kuyang Menyeramkan?

Success Kid

Meme Success Kid adalah foto seorang bocah laki-laki berambut pirang yang mengepalkan tangan. Ekspresi bocah itu seolah-olah mengatakan dirinya telah sukses melakukan suatu hal.

Bocah di balik foto itu adalah Sammy Griner. Foto itu diambil pada tahun 2017 oleh ibunya, saat Sammy masih balita.

Meme viral Succes Kid. (Istimewa)

Foto tersebut diambil saat Sammy bersama kedua orangtuanya sedang bermain di pantai. Namun, tak banyak yang tahu, wajah menggemaskan anak yang terlihat semangat dan mendunia itu diambil ketika ia hendak memasukkan pasir ke dalam mulutnya.

Saat berusia 8 tahun, pada 2016 lalu, Sammy kembali menjadi sorotan ketika meminta bantuan kepada netizen guna menggalang dana untuk ayahnya yang harus melakukan transplantasi ginjal.

Dilansir, News.com.au, Kamis (17/3/2016), ayahnya Justin Griner, didiagnosa penyakit ginjal pada tahun 2006, kemudian keadaannya semakin memburuk ketika mengalami gagal ginjal pada tahun 2009.

Keluarga berhasil mengumpulkan lebih dari 100.000 Dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 1,4 Miliar. Justin akhirnya sukses menjalani operasi pada Agustus 2016.

Sneakers Compass Ngehits, Belinya Sampai Harus Antre

Sini Sama Om

Gerry Alanguilan alias Komikero adalah pencipta video viral Hey Baby yang lebih dikenal di Indonesia sebagai meme “sini sama om.” Gerry adalah seorang komikus asal Filipina.

Sehari-harinya ia bekerja sebagai komikus untuk Marvel dan DC, sambil menciptakan komiknya sendiri. Kariernya terhenti karena Gerry telah meninggal dunia. Gerry meninggal dunia pada 20 Desember 2019 di usia 51 tahun, tanpa diketahui penyebab kematiannya.

Meme viral Sini Sama Om. (Istimewa)

Pada tanggal 20 Desember lalu istri Gerry, Ilyn Alanguilan, mengumumkan bahwa sang suami telah meninggal dunia. “Kepada semua orang yang mencintai Gerry, terima kasih banyak. Kalian telah memberikannya kebahagiaan,” tulis Ilyn dalam status Facebook yang kini telah dihapus.

Ucapan bela sungkawa juga datang dari akun Twitter C.B. Cebulski, editor-in-chief Marvel. “Sangat sedih mendengar berita kepergian Gerry Alanguilan, satu lagi sosok hebat yang pergi lebih dulu dari kita. Penulis dan berbakat, mentor bagi para komikus muda, serta pendukung komik global. Komunitas komik dan seni Filipina kehilangan sosok teman dan pahlawan,” tulisnya.

Raline Shah yang Makin Memikat

First World Problem – Silvia Bottini

Silvia Bottini menjadi terkenal lewat sebuah meme yang banyak beredar di dunia maya. Silvia ternyata seorang aktris dan juga model profesional asal Italia.

Meme Silvia dikenal dengan judul “First World Problem.” Diulas The Sun, 10 Juli 2017, meme ini menjadi viral di era media sosial.

Meme viral Silvia Bottini. (Istimewa)

Meme viral Silvia Bottini. (Istimewa)

Silvia sendiri tak ingat asal muasal foto itu. Dia memperkirakan foto itu diambil sekitar 2005. Foto itu diunggah untuk keperluan ilustrasi di Stock Image.

Dia lahir pada tanggal 10 Oktober 1981 di Varese, Italia. Silvia kemudian lulus dari sekolah tinggi pada tahun 2001 dan pernah mengikuti kelas akting di Lee Strasberg Theatre & Film Institute di Los Angeles, California.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.