Tak Punya Badan, Kenapa Hantu Kuyang Menyeramkan?

JEDA.ID – Salah satu sosok populer di jagat mistis adalah hantu Kuyang. Mitos yang dipercaya sebagian warga di Kalimantan ini dipercaya masih sering muncul hingga kini.

Hantu Kuyang adalah sosok siluman berwujud kepala perempuan dengan rambut panjang dan organ dalam tubuh yang menggantung tanpa kulit. Hanya isi tubuh, seperti ginjal dan usus yang ikut terbawa saat kuyang terbang.

Kuyang dikenal dapat terbang guna memakan bayi atau darah wanita yang baru melahirkan. Pasalnya, kuyang adalah manusia yang menganut ilmu hitam untuk kehidupan abadi.

Mitos Nyi Roro Kidul dan Kajian Ilmiah Pantai Selatan

Jika Kuyang telah makan darah, maka kemampuannya akan lebih sakti dan tidak bisa dikalahkan oleh kemampuan atau kekuatan apapun.

Pada siang hari, hantu Kuyang menjadi manusia biasa yang mengenakan jubah. Lalu saat malam datang, ia terbang mencari tumbal. Masyarakat yang melihat saat terbang, mengaku sosok itu seperti burung besar.

Mitos ini tak hanya dipercaya oleh warga Kalimantan saja. Di Minangkabau, ada juga yang sosoknya mirip dengan Kuyang, bernama Palasik Kuduang. Palasik Kuduang ini sangat ditakuti ibu-ibu di Minangkabau, khususnya yang memiliki balita.

Sama seperti Kuyang, Palasik Kuduang juga mengincar anak bayi atau balita, baik yang masih dalam kandungan ataupun yang sudah mati (dikubur). Konon katanya jika palasik bertemu dengan anak balita yang sedang digendong ibunya, maka mereka akan berusaha untuk menghiburnya.

Hal ini dilakukan untuk menyerang balita tersebut dan mencari tumbal bayi dengan kepala melayang dan tubuhnya tetap berada di rumahnya.

Di Negeri Jiran, Malaysia ada hantu serupa. Namanya Hantu Penanggal, yang memiliki kepala dengan organ dalam tubuh yang terbuka. Sosoknya pun tak jauh berbeda dari Kuyang, kepala wanita ini terpisah dan organ dalam tubuhnya yang menjuntai ke bawah.

Menurut kepercayaan Malaysia, konon ia adalah bidan wanita biasa yang telah membuat perjanjian dengan iblis untuk mendapatkan kekuatan gaib. Syaratnya dengan tidak memakan daging selama 40 hari. Namun ia melanggar dan dikutuk menjadi seperti itu.

Beragam Mitos Seputar Dukun Bayi

Kuyang Viral

Sosok kuyang sempat menghebohkan jagat maya. Video kuyang yang viral diketahui terjadi di Jalan Slamet Riyadi, Kecamatan Sungai Kunjang, Samarinda. Peristiwa tersebut terjadi pada Senin (7/10/2019) pada pukul 00.10 WITA, sebagaimana dilansir Solopos.com.

Kuyang terbang mengintai permukiman warga selama sebulan lamanya. Beragam cara dilakukan warga untuk menangkap hantu kuyang.

Berbekal sapu lidi dan sendok nasi terbuat dari kayu atau biasa disebut wancu, digunakan untuk menangkap kuyang. Seorang warga bernama Ari sempat memukul makhluk itu saat terbang rendah.

Beberapa warga, mengaku menyaksikan kuyang muncul dalam beberapa pekan terakhir. Hantu kuyang itu konon sering terlihat di dapur atau dekat toilet.

Hingga menjelang salat Subuh warga yang susah payah mencari akhirnya menyerah. Warga kembali ke rumah masing-masing sembari tetap bersiaga.

Pada September 2018, ada pula fenomena Kuyang yang menjadi viral. Saat itu terjadi di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Informasi yang beredar, warga mengerubungi rumah tersebut karena ada hantu kuyang. Dalam video tersebut ada juga warga yang menaiki dan mengelilingi lantai dua rumah tersebut sembari menyorot dengan senter.

Namun, kabar ini langsung dibantah pihak berwajib. Polisi langsung menelusuri informasi ini. Setelah memintai keterangan dari warga dan tokoh masyarakat, info adanya hantu kuyang itu dinyatakan berita bohong (hoax).

“Tadi kita cek di lapangan, ini saksi-saksi yang melihat langsung nggak ada. Hanya melihat seperti bola api tapi kan tidak bisa dibuktikan secara nyata. Beberapa tokoh masyarakat juga menyatakan itu berita hoax, untuk menakut-nakuti warga. Tidak ada itu,” kata Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Fitra, sebagaimana dilansir Detik.com, Jumat (21/9/2018).

Viral Kuyang juga sempat menghantui dunia maya pada Agustus 2019. Akun dengan nama Dani Nazriel membagikan unggahan penampakan hantu di forum Facebook KHI (Kerajaan Humor Indonesia) Satu. Bukannya membuat seram, netizen justru mem-bully foto itu.

5 Film Horor yang Diangkat dari Kisah Nyata

Menghadapi Kuyang

Konon, untuk menghadapi Kuyang perlu menggunakan sapu ijuk atau memukulkan perabot rumah tangga seperti panci atau wajan.

Ada pula kepercayaan bahwa cara memancing Kuyang adalah dengan menggantung bawang merah dan putih. Diketahui dua benda ini sangat dibenci Kuyang.

Ada pula cara lain yaitu dengan selalu membawa bawang merah dan putih. Kuyang tak bakal mendekati seseorang yang membawa bawang merah dan putih di kantongnya.

Cara lain seperti dilansir Liputan6.com, 11 Oktober 2019. Kuyang merupakan salah satu bentuk setan yang menjadi musuh manusia. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Surat Fathir ayat 6 yang berbunyi:

إِنَّ الشَّيْطَانَ لَكُمْ عَدُوٌّ فَاتَّخِذُوهُ عَدُوًّا إِنَّمَا يَدْعُو حِزْبَهُ لِيَكُونُوا مِنْ أَصْحَابِ السَّعِيرِ

Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh bagimu, maka anggaplah ia musuh(mu), karena sesungguhnya syaitan-syaitan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala.

Agar dapat terhindar dari perbuatan jahat Kuyang, umat Muslim disunnahkan membaca surat An-Naas yang memiliki keutamaan berlindung kepada Allah SWT.

Arab : قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ (1) مَلِكِ النَّاسِ (2) إِلَهِ النَّاسِ (3) مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ (4) الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ (5) مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ (6)

(1) Katakanlah: ‘Aku berlidung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia’. (2) Raja manusia. (3) Sembahan manusia. (4) Dari kejahatan (bisikan) setan yang biasa bersembunyi. (5) yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia. (6) dari (golongan) jin dan manusia.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.