Sneakers Compass Ngehits, Belinya Sampai Harus Antre

Sneakers seri Gazelle model hi-top yang didesain oleh clothing brand, Oldblue co. menjadi salah satu produk Compass yang paling diminati.

JEDA.ID – Sepatu Compass menjadi tren baru di kalangan anak muda masa kini. Compass adalah merek sneakers lokal yang mampu menggeser popularitas nama-nama merek sepatu internasional di kalangan anak muda.

Sejak dibuat pada 1998, sepatu Compass memang sudah memiliki banyak penggemar di Indonesia. Desainnya yang sederhana dan mengusung tema vintage, membuat sepatu vulkanisir buatan Indonesia ini tidak kalah dibanding brand sepatu luar. Bahkan, karena saking banyak yang minat, sepatu ini juga sering dijual lagi oleh para reseller dengan harga tiga kali lipat lebih tinggi dari harga asli.

Tren Warna 2020: Classic Blue hingga Safron

Di acara Urban Sneakers Society (USS) yang digelar di District 8, SCBD, Jakarta, 8-10 November 2019 Compass menjadi yang paling diincar. Di antara booth merek sneakers internasional seperti Adidas dan Nike, booth Compass justru paling ramai.

Rela Antre

Antrean tampak mengular dari depan Compass, bahkan sampai melewati 5-6 booth di sampingnya, Jumat (8/11/2019). “Saya antre dari jam 2 pagi di depan gedung,” kata Ricky dari Cikupa, Tangerang, Banten, sebagaimana dilansir Detik.com.

Tampilan Booth Compass juga tak kalah mencuri perhatian. Bentuknya dibuat seperti sebuah tempat pangkas rambut khas Indonesia. Di jendela kaca depan terpampang tulisan “Compass Sepatu Asli Indonesia”.

Gladys Kahar, anak dari pendiri Compass Gunawan Kahar, mengatakan merek sneakers asal Bandung ini sudah ada sejak 1998. Namun, baru setahun terakhir ini nama Compass mulai menggaung setelah melakukan rebranding.

Menurut Gladys, Compass menawarkan sneakers yang tak kalah berkualitas dengan produk luar negeri. “Materialnya twill. Bahannya nggak setebal kanvas dan lebih lentur, jadi nyaman dipakai,” ungkap Gladys, dilansir Wolipop.

Popularitas Compass juga didorong oleh sejumlah reviewer fashion populer di media sosial. Compass berkolaborasi dengan sejumlah influencer fashion seperti “Bryant” Brian Notodihardjo, dr. Tirta dan Boim Lenno. Keduanya membuat review di laman media sosialnya masing-masing.

Status Sosial hingga Gaya Hidup di Balik Barang Fashion Bernilai Miliaran Rupiah

Edisi Spesial

Sneakers seri Gazelle model hi-top menjadi salah satu produk Compass yang paling diminati. Sneakers ini didesain oleh clothing brand, Oldblue co. Sepatu Compass 98 Vintage ini dibanderol dengan harga Rp698.000. Satu orang hanya diperbolehkan membeli satu pasang sepatu.

Compass 98 Vintage memiliki spesifikasi, kanvas sueding 6 oz pada upper dan lining upper, ornamen kulit sapi, gold eyelet dan hook, tali sepatu menggunakan katun dengan wax, pesanan khusus label woven, dan proses vulkanisasi.

Compass 98 Vintage, awalnya akan dirilis dalam edisi terbatas, yaitu hanya 300 pasang, yang akan dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama dirilis 240 pasang di pameran Wall of Fades, sedangkan gelombang kedua dirilis 60 pasang, yang akan dirilis pada waktu yang masih dirahasiakan.

Namun, lagi-lagi, karena terlalu banyak peminat dan antrean membludak, akhirnya perilisan yang dijadwalkan hari ini untuk 300 pasang mendadak batal.

Sebelumnya antrean para calon pembeli sudah memadati West Mall Grand Indonesia pada Jumat malam, 13 Desember 2019 dan semakin membeludak pada pukul 22.37 WIB. Padahal resminya, pintu ke dalam pameran Wall of Fades, baru akan dibuka pada keesokan harinya, Sabtu, 14 Desember 2019, pukul 10.00.

Karena situasi yang makin tak kondusif, akhirnya pihak manajemen membatalkan acara launching sepatu edisi khusus tersebut. “Dengan berat hati, perilisan Compass gue cancel. So sorry banget. Agar semua adil. Dengan berat hati, perilisan gue cancel. So sorry banget. Agar semua adil,” seperti dikutip dari video yang diposting di akun Instagram resmi @walloffades, Jumat malam, 13 Desember 2019.

Dalam pernyataannya itu juga, manajemen pameran meminta maaf atas pembatalan tersebut. “Mohon maaf, dikarenakan kondisi yang tidak kondusif, dengan sangat menyesal kami membatalkan adanya antrian SEPATU COMPASS. Atas pengertiannya kami ucapkan TERIMA KASIH.”

Tak sedikit netizen yang menyebarkan foto membeludaknya antrean para calon pemburu sepatu itu di berbagai media sosial dan menjadi viral sejak tadi malam.

Kejayaan Rambut Palsu Indonesia di 40 Negara

Darahku Biru

Model lain yang hype adalah Darahku Biru yang didesain Pop Meet Pop. Sepatu ini berbahan canvas dengan warna keseluruhan hijau.

Rencananya, Compass akan menjual sepatu ini di Wall off Fades ini sebanyak 240 pasang. Sepatu kanvas dengan model yang menutupi mata kaki ini dibanderol dengan harga retail Rp518.000.

Sol sepatu ini berwarna putih polos tanpa adanya kombinasi warna lain. Pada Upper sepatu, terlihat gambar siluet original dari Compass. Desain yang ada di sepatu ini terkesan bebas dan berbentuk logo Gazelle Compass.

Ini adalah kali pertama bagi sepatu Compass tidak menggunakan bahan lain untuk membuat logo Gazelle menjadi terlihat jelas,” demikian unggahan akun Instagram official sepatu Compass @sepatucompass.

Sepatu ini dilengkapi dengan desain grafis dengan teknis sablon tangan. Compass membatasi produksi sepatu untuk Darahku Biru ini sebanyak 420 pasang saja. Pada gelombang kedua sebanyak 180 pasang, namun akan dirilis pada waktu yang masih dirahasiakan.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.