Bagi para fresh graduate maupun mereka yang sudah mulai memasuki dunia kerja, penampilan menjadi poin utama yang harus diperhatikan.
JEDA.ID – Bagi para fresh graduate maupun mereka yang sudah mulai memasuki dunia kerja, fashion dan penampilan menjadi poin utama yang harus diperhatikan. Bukan asal-asalan, cara Anda berpakaian memberikan kesan ketika orang kali pertama melihat Anda khususnya di tempat kerja.
Setelah melewati masa perkuliahan maupun bersekolah, tantangan dunia kerja menjadi tujuan selanjutnya. Tapi banyak di antara kita para fresh graduate yang masih bingung dengan bagaimana cara berpakaian kerja yang tepat.
Supaya tetap rapi dan sopan, apa yang harus dipakai? Bagimana supaya tetap pede terjun ke dunia kerja?Nah, untuk menjawab pertanyaan Anda yang masih bingung dengan fashion di dunia kerja, berikut ini daftar baju dan items apa saja yang wajib Anda miliki saat memasuki dunia kerja dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (18/7/2020). Yuk simak.
Para Pencinta Fashion, Ini Cara Membedakan Produk Kulit Asli dengan Sintetis
1. Kemeja
Apapun profesi Anda, baik laki-laki maupun perempuan, di tempat kerja manapun, pasti setuju kan kalau kemeja adalah item wajib yang siap membawa Anda pada level yang profesional?
Kemeja merupakan pakaian formal yang bisa dipakai saat interview dan pakaian ketika bekerja. Bukalah kancing atas kemeja Anda. Ini memberi kesan sederhana, tetapi tetap formal. Hindari memakai kemeja yang terlalu ketat, dan terkesan seksi. Kemeja yang dikenakan haruslah membuat Anda nyaman.
Pilihan kemeja ada beragam. Anda bisa memilih kemeja berwarna soft dan berbahan katun, sifon, atau bahkan sutra. Kemeja paling penting yang wajib anda punya adalah kemeja berwarna putih, baju putih itu mudah dipasangkan dengan celana atau rok warna apapun. Sifatnya yang netral bisa membuat Anda tampil ‘aman’. Apalagi kemeja putih menjadi alat tempur utama ketika Anda melakukan interview.
2. Rok atau Celana Kain
Sebagai komponen utama penampilan rapi, celana atau rok adalah kuncinya. Siapkan celana atau rok span kain agar kesan formal muncul seketika.
Celana kain tentunya memberikan kesan resmi yang jauh lebih efektif daripada celana jeans atau celana jogger. Ingat, Anda akan mencoba tampil dengan profesional, sehingga penampilan rapi adalah hal yang penting.
Bagi pria, pilihlah celana bahan yang tidak mudah kusut. Bagi wanita, pilihlah rok yang menutupi lutut dengan warna tidak mencolok. Namun perlu diperhatikan juga bagaimana kultur kantor Anda. Apakah memang menuntut penampilan formal, atau boleh semi casual.
3. Blazer atau Jas
Kedua item fashion ini mampu menjadi atribut pelengkap yang pas, untuk menghadiri interview atau ketika bekerja. Ketika Anda mengenakannya, pasti kesan profesional akan semakin terlihat. Hindari motif atau warna blazer, jas dan kardigan yang terlalu mencolok. Warna gelap adalah pilihan yang aman.
4. Sepatu
Meski posisinya berada paling bawah, bukan berarti hal ini akan luput dari perhatian orang lain. Misalnya untuk wanita, Anda bisa mengenakan sepatu dengan ujung tertutup, baik flat shoes maupun high heels dan wedges. Jari kaki yang terlihat diujung sepatu akan memberi kesan tidak formal.
Sedangkan untuk pria, pastikan Anda tidak menggunakan sandal, dan tidak menggunakan sepatu yang kotor, alangkah baiknya jika Anda memakai sepatu kulit.
5. Handbag, Totebag atau Ransel
Lupakan tas kecil yang hanya muat dompet dan handphone, usahakan pilih tas yang simpel tapi bisa muat barang banyak. Hal ini agar memudahkan Anda membawa barang, jadi tidak perlu repot membawa kantung yang banyak.
Menurut Psikolog, Ini Warna Cat Dinding yang Cocok di Setiap Ruangan Rumah Anda
6. Jam Tangan
Jam tangan akan menjadi barang yang sangat penting di dunia kerja. Selain membuat tampilan diri semakin berkesan dan berwibawa, jam tangan sangat berguna untuk mengingatkan Anda supaya selalu tepat waktu.
7. Parfum
Minimal bawalah parfum kesukaan Anda. Tak perlu mahal, yang penting bisa membuat badan Anda tidak menimbulkan bau kurang sedap.
8. Make Up yang Simpel
Di dunia kerja nanti Anda akan menjumpai banyak orang, entah itu teman, client atau atasan Anda sendiri. Ladies, riasan sangat diperlukan agar tidak terlihat kucel, tapi jangan dandan yang heboh dan berlebihan, cukup yang simpel dan natural saja.
9. Gaya Rambut
Gaya rambut juga tidak kalah penting. Pastikan rambut Anda rapi dan nampak profesional.
Nah, sekarang Anda sudah tahu apa saja fashion dalam dunia kerja bukan? Pastikan Anda mempersiapkannya dengan baik, ya.