Menurut Psikolog, Ini Warna Cat Dinding yang Cocok di Setiap Ruangan Rumah Anda

Tahukah Anda berdasarkan ilmu psikologi, warna ruangan yang Anda gunakan untuk berkegiatan akan memengaruhi perasaan Anda selama berada di sana, hlo

JEDA.ID – Tahukah Anda berdasarkan ilmu psikologi, warna ruangan yang Anda gunakan untuk berkegiatan akan memengaruhi perasaan Anda selama berada di sana, hlo

Warna memang dapat mengungkap seperti apa kepribadian pemilik rumah. Pemilihan warna favorit bagi ruangan di setiap rumah yang leluasa tidak hanya berkaitan dengan estetika, melainkan juga mengungkap pengaruh besar terhadap psikologi seseorang.

Atmosfir yang berbeda sangat diperlukan melalui sentuhan warna, karena setiap ruangan memiliki fungsi yang berbeda. Jadi jikalau Anda memiliki warna favorit, ada baiknya untuk mempertimbangkan pilihan warna rumah berdasarkan psikologi warna.

Supaya bisa tepat dalam memilih warna bagi setiap ruangan yang ada di rumah, yuk simak deretan warna cat dinding yang cocok dan membawa pengaruh baik di tiap ruangan dilansir dari liputan 6.com dan berbagai sumber.

Tak Hanya Dalgona, 6 Resep Kopi Nikmat Ini Juga Bisa Dibikin di Rumah

1. Ruang Tamu

Ruang tamu memerlukan terciptanya kemeriahan mengingat ruangan tersebut mengakomodasi beragam aktivitas yang bersifat komunal.

Efek psikologi warna yang dihasilkan haruslah berkesan menyenangkan dan energik, namun tetap santai demi memantik obrolan yang lebih seru dan akrab. Beberapa pilihan warna yang bisa diaplikasikan di ruangan ini adalah warna netral, biru, dan pastel.

Agar psikologi warna yang ditampilkan membuat suasana lebih positif, pilihlah salah satu dari ketiganya sebagai warna cat dinding, kemudian kedua warna lainnya muncul sebagai warna pendamping pada furnitur dan dekorasi. Selipkan juga sentuhan aksen dari warna merah, oranye, atau hitam sehingga semakin menarik perhatian.

Apabila terdapat area foyer di ruang tamu, jangan ragu untuk menerapkan warna yang lebih berani guna menciptakan impresi pertama yang kuat.

2. Ruang Keluarga

Ruang Keluarga (istimewa)

Ruang Keluarga (istimewa)

Warna oranye bisa membuat Anda merasa bersemangat selama tetap merasakan perasaan hangat. Karena kesan ini, oranye dianggap sebagai warna terbaik untuk dinding di ruang keluarga.

Gradasi yang dipilih bisa bermacam-macam, entah sedikit terang maupun tipis di gradasi dusty. Oranye ini juga bisa diaplikasikan di dinding tertentu, tak melulu empat sisi di ruang keluarga, tergantung bagaimana padanannya sedap di pandang mata.

3. Dapur

Ruang Dapur (istimewa)

Ruang Dapur (istimewa)

Warna kuning dipercaya bisa meningkatkan produksi hormon serotonin di dalam tubuh dan meningkatkan napsu makan serta perasaan bahagia dan semangat. Karenanya, supaya lebih semangat dalam mengolah makanan, kuning jadi warna cat yang direkomendasikan untuk dapur. Entah dalam bentuk motif maupun sebagai warna cat dinding keseluruhan.

Kedermawanan Amitabh Bachchan, Aktor Terkaya yang Kena Corona

4. Ruang kerja dan gym

Ruang kerja (ilustrasi )

Ruang kerja (ilustrasi )

Merah bisa menjadi pilihan untuk ruang kerja dan gym. Menurut para ahli, warna merah membuat produktif dan mempunyai sifat membangkitkan gairah. Saat bekerja di ruangan berwarna merah, kecepatan dan kekuatan reaksi seseorang pun meningkat.

5. Kamar Tidur

Kamar tidur (istimewa)

Kamar tidur (istimewa)

Warna biru tak hanya dipercaya mendatangkan kenyamanan, namun juga memenuhi ruangan dengan nuansa yang nyaman dan tentram. Karena itu, pilihan warna biru sangat cocok dipakai di ruang istirahat seperti kamar tidur.

Memanfaatkan warna biru, diharapkan tubuh bisa dengan lebih cepat merasa rileks. Juga, mendapat kualitas tidur yang dibutuhkan untuk kembali bugar dan menurunkan denyut nadi seseorang.

6. Lorong dan Area Pintu Masuk

Lorong dan pintu masuk (istimewa)

Lorong dan pintu masuk (istimewa)

Menurut desainer interior terkenal, Susan Bednar Long, warna abu-abu paling cocok untuk pintu masuk dan lorong karena berfungsi sebagai warna netral terhadap ruang yang lain. Penggunaannya dapat menciptakan kontras yang baik dan dapat dipadukan dengan warna lain, namun tidak membuat warna tersebut tenggelam.

Tone warna cerah, namun tak seterang putih, membuat area sekitar lebih terang dengan kesan tetap elegan. Karena itu, penggunaan abu muda jadi yang paling disarankan, dan pengecatannya bisa di seluruh area dinding tanpa perlu dikombinasikan dengan warna lain.

7. Ruang Belajar

ilustrasi ruang belajar (istimewa)

ilustrasi ruang belajar (istimewa)

Warna ungu atau lilac menjadi pilihan warna yang tepat bagi ruang belajar maupun ruang kerajinan karena mampu memberi dorongan kreatif bagi diri. Warna ungu sangat terkait dengan imajinasi dan kreativitas.

Leonardo da Vinci percaya bahwa kekuatan meditasi meningkat 10 kali ketika dilakukan dalam cahaya ungu. Ungu tua memiliki vibe yang menyenangkan dan warna turunannya dapat Anda gunakan untuk mengubah mood sebuah ruangan yang sudah membosankan.

Ditulis oleh : Kristina Wulandari

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.