• Thu, 8 December 2022

Breaking News :

Seputar Mitos Tentang Susah Ketemu dan Enteng Jodoh, Anda Percaya?

Dalam kehidupan masih sering kita temui tentang banyak mitos, mulai dari yang menyangkut rezeki hingga jodoh. Ada yang percaya dan ada yang tidak.

JEDA.ID—Dalam kehidupan masih sering kita temui tentang banyak mitos, mulai dari yang menyangkut rezeki hingga jodoh.

Bertemu jodoh yang tepat bisa jadi merupakan impian bagi semua orang. Bagi sebagian orang, ketemu jodoh bukan sesuatu yang mudah. Padahal mungkin mereka sudah berusaha untuk mencari pasangan, tapi tetap saja susah bertemu jodoh.

Di Indonesia ada beberapa mitos yang dipercayai akan menyusahkan seseorang untuk bertemu dengan jodohnya.

Melakukan beberapa hal yang dilarang karena adanya mitos tersebut, juga dibilang sebagai akibat dari kelakuan kita karena nekat melakukannya. Sebenarnya, kalau kita perhatikan hal-hal yang dilarang itu enggak ada hubungannya sama sekali dengan kedatang jodoh kita.

Berikut beberapa mitos yang disebut bisa mempersulit kalian bertemu jodoh dilansir dari sumber.

Riwayat Solo Jadi Zona Merah Lagi, Ini Makna Warna untuk Zona Infeksi Corona

1. Jangan duduk di depan pintu

Pria atau wanita yang suka duduk di depan pintu, bagi beberapa orang dianggap akan membuat jodoh tambah menjauh. Padahal kalau dipikir, orang yang duduk di depan pintu bukan menghalangi jodoh, tetapi menghalangi orang yang mau lewat di pintu tersebut.

2. Bangun siang

Untuk mitos yang satu ini, kalau dipikir secara nalar sebenarnya ada sangkut pautnya hlo. Soalnya kalau kita sudah terbiasa bangun siang pasti si calon jodoh kita akan memandang tidak bagus. Maka dari itu, para orangtua sering menasehati anaknya untuk bangun pagi.

3. Menolak lamaran pria

Mitos yang sudah ada sejak dahulu, beranggapan barang siapa wanita yang menolak lamaran dari seorang pria nanti tidak akan menemukan jodohnya dalam waktu yang lama. Mitos ini sebenarnya tidak masuk akal loh, karena jauh jodoh bukan karena menolak lamaran tapi tergantung si pria kapan mau melamar sang pujaan hatinya.

4. Malas datang ke pernikahan orang

Jika kalian malas datang ke pernikahan orang padahal mendapat undangan juga salah satu mitos untuk susah ketemu jodoh. Sebenarnya mitos ini, Cuma sebagai pengingat saja kalau kalian mendapat undangan jangan sampai mengacuhkannya ya.

5. Makan sayap ayam

Mitos satu ini dibilang sangat aneh, karena kalian dilarang untuk memakan bagian sayap ayam. Kalian pasti akan disuruh mengambil bagian yang lain dengan alasan karena sayap ayam dianggap akan menyulitkan mendapat jodoh karena sudah dibawa terbang.

6. Memberi hadiah berupa baju

Memberi pasangan kalian hadiah berupa baju juga dipercayai akan membuat hubungan kalian tidak langgeng hingga ke pelaminan. Alesannya karena apapun belum diketahui, tetapi mitos ini terlanjur beredar di masyarakat.

Jadi Misteri, Tiga Wabah Aneh Ini Belum Terpecahkan

Mitos Enteng Jodoh

Di sisi lain, ada beberapa orang yang sangat mudah dipertemukan dengan jodohnya. Beberapa hari kenalan, bertemu tak lebih dari tiga kali, tapi sudah dimantapkan hatinya untuk saling membina rumah tangga. Ada pula yang sudah kenalan lama, menjalin hubungan bertahun-tahun, mengenal baik kedua keluarga tetapi tidak jadi menikah karena suatu hal.

Karena perjodohan sebagai hal yang misterius, tidak sedikit orang yang kemudian percaya dengan mitos seputar jodoh. Salah satunya adalah mitos agar enteng jodoh. Untuk mereka yang ingin enteng jodoh, ada-ada saja usaha yang dilakukan, termasuk mengikuti mitos-mitos tadi.

Melansir Liputan6.com dari laman Elite Readers, ada beberapa mitos unik dari berbagai negara di dunia mengenai jodoh. Apa saja? Simak yang berikut ini.

1. Jauhi Sapu Agar Enteng Jodoh

Mitos pertama agar enteng jodoh datang dari Haiti. Mitos ini sendiri sangatlah unik karena agar seseorang enteng jodoh, ia harus menjauhi sapu. Jika di Indonesia setiap gadis harus bisa menyapu dengan bersih, di Haiti sapu perlu dijauhi oleh para gadis agar ia enteng jodoh. Di Haiti, kamu yang bersentuhan dengan ijuk sapu dipercaya akan sulit menemukan atau mendapatkan kekasih impiannya.

2.Makan Makanan Asin

Para ahli kesehatan melarang kita makan makanan yang terlalu asin karena ini bisa mengganggu masalah kesehatan. Tapi di Armenia, makan makanan asin dipercaya bisa membuat kita enteng jodoh. Makan makanan asin terutama kue asin di Armenia dipercaya bisa membuat wanita yang ingin segera menikah segera dipertemukan dengan belahan jiwanya.

 3.Menaruh Koin di Sepatu Pengantin Wanita

Bagi orang tua di Swedia yang ingin anaknya sukses dalam membina rumah tangga bersama pasangan, mereka harus mau menaruh koin di kaki atau sepatu pengantin wanita. Untuk ayah disarankan menaruh koin perak di kaki kiri pengantin sementara untuk ibu disarankan menaruh koin emas di kaki sebelah kanan pengantin.

4.Duduk di Antara Dua Pasangan

Di Taiwan, duduk di antara atau di tengah-tengah pasangan dipercaya bisa membuat seseorang enteng jodoh.

Itulah beberapa mitos unik agar seseorang enteng jodoh. Percaya atau tidak, beberapa mitos agar enteng jodoh memang masih sering kita jumpai.

Di Indonesia khususnya Jawa, ada pula beberapa mitos agar seorang gadis atau pemuda enteng jodoh. Mitos itu adalah orang tua gadis atau pemuda mengambil bunga melati hiasan pengantin secara sembunyi-sembunyi hingga mengambil bunga “kembar mayang” pengantin dan menyembunyikannya di kolong tempat tidur anaknya agar si anak enteng jodohnya.

Ditulis oleh : Harwin Mega Olivia

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.