• Tue, 31 January 2023

Breaking News :

Sembuh, Tung Desem Waringin Bagikan Kiat Lumpuhkan Virus Corona

Setelah dinyatakan sembuh, Tung Desem Waringin membagikan beberapa tips menghadapi Virus Corona melalui akun media sosialnya.

JEDA.ID – Tung Desem Waringin, salah seorang pakar pemasaran sekaligus motivator terbaik di Indonesia dinyatakan sembuh dari Covid-19. Dia pun membagikan kisahnya melawan virus itu selama dalam perawatan rumah sakit.

Beberapa kisah masa-masa sulit yang dilewati pasien sembuh dari virus corona memang bisa menjadi motivasi tersendiri bagi pasien lain maupun orang yang membacanya. Dirinya dinyatakan sembuh setelah terjangkit virus Covid-19 pada 30 Maret lalu.

Kabar kesembuhan Tung Desem Waringin tersebut diungkapkan melalui akun Instagramnya, @tungdesemwaringim.tdw.

“Hari ini [Jumat, 10/4] saya dinyatakan negatif dua kali dan sudah sembuh dari Covid-19. Saya berdoa semoga kita semua dilindungi dan diberi kesehatan panjang umur,” tulisnya. Tak hanya itu, ia juga membagikan unggahan foto-foto saat dirinya masih dirawat menjadi pasien di rumah sakit Siloam Hospitals Kelapa Dua, Tanggerang, Banten.

Melansir dari akun Instagramnya, berikut sembilan tips yang dilakukan Tung Desem Waringin sebagi kunci kesembuhannya melawan virus mematikan tersebut:

Mengonsumsi multivitamin dan mineral

Tung Desem Waringin menyarankan kepada pemerintah untuk menentukan standar terhadap berapa jumlah konsumsi vitamin yang diperlukan tubuh. Seperti vitamin A, B, C, D3, E, K2, Zinc dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan agar masyarakat benar-benar memahami macam dan jenis vitamin yang harus dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, dia juga mendorong pabrik farmasi untuk terus memproduksi obat-obatan generik murah dan beramal untuk orang yang tidak mampu.

Diharapkan juga pemerintah mampu menggaungkan standar makanan murah dan bergizi seperti kacang hujau. Tak lupa, untuk memberitahukan kepada masyrakat tentang macam-macam dan tata cara pembuatan jamu tradisional. Tak hanya itu, mengonsumsi probiotik juga menjadi hal yang sangat penting saat ini.

Agar Bisnis Tak Hancur Dihantam Pandemi, Coba Sederet Siasat Ini

Olahraga yang cukup

Alumnus Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret  (UNS)  Solo ini juga mengimbau pemerintah untuk menghidupkan kembali standar olahraga yang sempat dikampanyekan.

Seperti Senam Pagi Indonesia (SPI), Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), serta Senam Jantung Sehat yang dimuat dalam Keputusan Presiden No.18 Tahun 1984. Ia juga menyarankan agar mengguankan  media nasional sebagai sarana untuk menyiarkan kepada masyarakat agar dapat berolahraga di rumah.

Pentingnya berjemur di pagi hari

Selain itu Tung Desem Waringin menginformasikan kapan waktu terbaik serta berapa lama yang dibutuhkan seseorang untuk berjemur secara rutin. Ia biasanya berjemur dua kali dalam sehari, yakni selama 20 menit pada pukul 08.00 WIB serta 10 menit pada pukul 10.00 WIB.

Tidur yang cukup

Selain berolahraga, tidur merupakan aktivitas yang tak kalah penting dari berolahraga. Anda wajib mengetahui kapan waktu terbaik serta berapa jam yang dibutuhkan seseorang untuk tidur. Jika kualitas tidur Anda menurun, tubuh akan rentan terserang penyakit, mudah lupa, bahkan bisa menyebabkan serangan jantung.

Memenuhi kebutuhan air minum

Selama ini sering dikampanyekan pentingnya meminum dua liter atau delapan gelas air per hari. Namun menurut Tung Desem Waringin dari buku You are Not Sick, You are Thirsty yang ia baca setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda, yakni 30cc/kg dari berat tubuh Anda. Sebagai contoh, jika seseorang memiliki berat badan 50 kg maka ia membutuhkan 1,2 liter air, hasil ini diperoleh dari 50 kg x 30 cc.

Cara tersebut tentu berbeda bagi seseorang yang suka berolahraga. Disarankan setiap orang untuk menimbang berat badan terlebih dahulu sehingga ketentuan yang diterapkan akan sesuai.

Perlu Tahu, Begini Cara Memakai dan Merawat Masker Kain yang Dianjurkan

Meditasi dan doa

Doa merupakan sarana penghubung antara hamba dengan Sang Pencipta. Setelah melakukan berbagai ikhtiar, berdoa juga penting dilakukan guna memohon kesembuhan kepada Yang Maha Kuasa.

Tung Desem Waringin juga mengajak pemerintah untuk menyosialisasikan atau menggalakkan meditasi dan doa bersama. Dengan begitu, masyarakat mampu berserah diri pada Tuhan atas segala yang terjadi. Namun bukan berarti harus berkumpul untuk melakukannya ya. Melainkan cukup dilakukan di rumah masing-masing.

Melatih pernafasan dengan teknik Wim Hof

Teknik ini diberi nama Wim Hof seperti nama penemunya, yang merupakan seorang pria dari Belanda yang mampu bertahan pada suhu ekstrim. Ia mengaku dapat bertahan di suhu -20 celcius hanya dengan melakukan teknik pernafasan yang dapat mengontrol sistem otonom tubuh.

Menurut Tung Desem Waringin, cara dinilai mampu mengontrol sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit apapun termasuk kanker dan AIDS. Hal tersebut dilakukan dan terbukti ampuh membantu saat ia kritis pada 1/4/2020.

Melakukan detoks dengan VCO

Imbauan lain yang diinformasikan oleh pria kelahiran Solo ini yaitu melakukan detoks secara nasional. Lewat unggahan Instragarmnya ia merekomendasikan teknik detoks sendiri dengan bantuan Virgin Coconut Oil atau bisa juga dengan cara lainnya yang lebih murah dan dapat membersihkan pencernaan.

Tetap gembira dan positif

Sudah bukan menjadi rahasia lagi, jika perasaan yang bahagia sangat penting untuk meningkatkan imunitas tubuh Anda. Beberapa kegiatan sederhana yang bisa dilakukan seperti menyanyi, menari, berpikiran positif, lebih memaknai kehidupan, mengubah pilihan kata serta menyebarkan berita-berita gembira merupakan langkah yang baik bagi pasien virus corona untuk cepat sembuh.

Hal tersebut diyakini Tung Desem Waringin mampu menyembuhkan dirinya dengan cepat. Saat dirawat ia selalu menyemangati dirinya sendiri dengan cara terus bergembira, bernyanyi, dan optimistis.

Ditulis oleh : Ria Sari Febrianti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.