• Fri, 19 April 2024

Breaking News :

Santernya Isu Kim Jong Un Meninggal dan Spekulasi Calon Penggantinya

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un santer diisukan meninggal dunia. Di tengah santernya isu tersebut mulai muncul spekulasi siapa penggantinya.

JEDA.ID— Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un santer diisukan meninggal dunia. Hingga kini media Korea Utara termasuk Kantor Berita Pusat Korea yang dikelola pemerintah belum buka suara atau memberikan konfirmasi mengenai isu meninggalnya Kim yang ramai diperbincangkan publik.

Tak ada yang tahu pasti mengenai kondisi kesehatan pemimpin Korut itu karena pemerintah terkesan menutupi informasi tersebut. Melansir Business Insider, sebelumnya, pada 2015, Kim Jong Un pernah menghilang selama hampir lima pekan yang memicu desas desus ia mengidap asam urat, mabuk berat, atau digulingkan dalam kudeta.

Tak lama setelahnya, stasiun televisi Korea Utara memperlihatkan Kim berjalan dengan tongkat dan mengumumkan bahwa pemimpinnya merasa kurang sehat.

Pengamat Korea Utara mengatakan salah satu risiko terbesar Kim adalah kesehatannya yang buruk, terutama masalah jantung karena mengidap obesitas.

Anna Fifield dari The Washington Post pernah menuliskan soal kondisi kesehatan Kim dalam bukunya The Great Successor, berdasarkan pengamatan dokter Korea Selatan saat Kim menghadiri KTT dengan presiden Korea Selatan dan Amerika Serikat beberapa tahun lalu.

Pertama, dokter mengklasifikasinya sebagai pengidap obesitas. Hal ini mempengarui cara dia berjalan. Dokter juga berspekulasi bahwa Kim memiliki masalah tidur dan mengorok dengan keras. Pada rekaman video tersebut juga terlihat Kim tidak bisa bernapas normal, entah karena merasa gugup atau memiliki masalah paru akibat jarang berolahraga.

“Secara umum, obesitas, kebiasaan merokok, akan mengurangi masa hidup seseorang 10 sampai 20 tahun,” kata Professor Huh Yun-Seok dari Inha University Hospital. Ia juga mengatakan bahwa Kim Jong Un bisa saja telah mengidap diabetes sejak lama.

Saat ini, dengan semua informasi mengenai Kim Jong Un lebih sedikit dan lebih tertutup, banyak orang mulai dari pejabat keamanan nasional dan analis Korea Utara sekarang sedang berusaha mencari cara untuk mengetahui situasi sebenarnya.

Catat, Ini Makanan Minuman yang Boleh dan Tidak untuk Buka Puasa

Analisis Pengganti Kim Jong Un

Di tengah isu Kim Jong Un meninggal dunia tengah santer merebak, spekulasi tentang siapa penggantinya juga mulai muncul.

Dilansir Reuters, Minggu (26/4/2020), Korea Utara tidak pernah mempublikasikan siapa yang akan mengikuti jejak Kim Jong Un. Pun tak ada informasi mengenai anak-anaknya.

Kendati demikian, para analisis menyebut, adiknya Kim Yo Jong dan loyalis Kim Jong Un dapat menghandle pemerintahan hingga penggantinya sudah cukup umur untuk mengambil alih kekuasaan.

Seperti diketahui, setiap perubahan kepemimpinan di Korea Utara telah meningkatkan prospek kekosongan kepemimpinan atau runtuhnya dinasti Kim, yang telah memerintah negara itu sejak didirikan pada 1948.

Sejauh ini, masing-masing dari tiga Kims yang memimpin Korea Utara, memerintah negara itu dengan tangan besi. Namun, di bawah Kim Jong Un, gudang senjata nuklir dan rudal balistik Korea Utara telah tumbuh secara substansial, meningkatkan kekhawatiran tentang siapa yang akan mengendalikan senjata-senjata itu.

Berikut ini adalah tokoh-tokoh kunci dalam lingkaran kepemimpinan Korea Utara dan peran apa yang mungkin mereka mainkan dalam setiap transisi di masa depan seperti dilansir detikcom:

1. Adik Perempuan, Kim Yo Jong

Adik perempuan Kim Jong Un ini menjadi sosok yang paling terlihat di sekitar sang pemimpin dalam dua tahun terakhir. Dia menjabat Wakil Direktur Komite Sentral Partai Buruh yang berkuasa dan secara tidak resmi menjabat sebagai kepala staf saudara laki-lakinya.

Kim Yo Jong dinobatkan sebagai anggota pengganti dari Komite Sentral Politbiro di Partai Buruh awal bulan ini. Hal itu melanjutkan pendakiannya dalam hierarki kepemimpinan di Korut.

Kim, yang diyakini berusia 31 tahun, memiliki kontrol yang kuat terhadap fungsi-fungsi partai kunci. Hal itu menetapkan dirinya sebagai sumber kekuatan utama di balik kepemimpinan kolektif.

“Kim Yo Jong akan menjadi basis kekuatan utama dengan kontrol organisasi dan departemen pembinaan, peradilan dan keamanan publik,” kata Cho Han-bum dari Institut Korea untuk Unifikasi Nasional.

2. Senior Partai

Choe Ryong Hae yang naik menjadi kepala negara nominal Korea Utara tahun lalu, kini menjadi presiden Presidium Majelis Rakyat Tertinggi.

Kenaikan pangkat itu menutup puluhan tahun pelayanan terhadap partai untuk keluarga Kim yang berkuasa. Choe Ryong Hae sebelumnya menjabat sebagai kepala politik berpengaruh militer Utara di bawah pemimpin muda.

Choe Ryong Hae dan Pak Pong Ju, sesama anggota politbiro dan mantan perdana menteri negara yang mengawasi dorongan Korut untuk memperkenalkan lebih banyak fungsi pasar bebas untuk menghidupkan kembali ekonominya, kemungkinan akan menjadi tokoh yang memimpin kepemimpinan kolektif.

Kim Yong Chol, wakil ketua partai dan mantan utusan nuklir utama, dan Menteri Luar Negeri Ri Son Gwon dapat ditugaskan menangani masalah-masalah diplomatik termasuk pembicaraan denuklirisasi dengan Korea Utara yang terhenti karena mereka memainkan peran kunci dalam KTT dengan Presiden AS Donald Trump.

Moewardi, Dokter Pejuang yang Dekat dengan Rakyat Kecil

3. Kakak Tertua dan Bibi yang Tak Akrab

Kim Jong Chol adalah kakak lelaki Kim Jong Un. Kendati demikian dia belum menjadi bagian dari kepemimpinan Korut. Kim Jong Chol saat ini justru menjalani kehidupan yang tenang dengan memainkan musik, menurut Thae Yong Ho, mantan Wakil Duta Besar Korea Utara di London yang membelot ke Korea Selatan.

Kim Jong Chol diyakini tidak tertarik dalam kehidupan publik dan tidak mungkin muncul sebagai pemimpin utama. Meskipun beberapa analis mengatakan dia mempertahankan hubungan dengan saudara kandung dan bisa memainkan peran yang lebih publik dalam kontingensi.

Sementara itu, bibi Kim Jong Un, Kim Kyong Hui pernah menjadi figur yang kuat di lingkaran kepemimpinan ketika kakaknya Kim Jong Il memerintah negara. Dia belum terlihat sejak suaminya, Jang Song Thaek – yang pernah dianggap sebagai pria paling kuat kedua di negara itu – dieksekusi pada 2013 oleh Kim Jong Un. Kim Kyong Hui telah lama sakit tetapi sempat muncul pada awal tahun ini di sebuah pertunjukan gala bersama keponakannya.

4. Generasi Keempat atau Anak Kim Jong Un

Kim Jong Un diyakini memiliki tiga anak dengan Ri Sol Ju. Menurut National Intelligence Service Selatan, anak bungsu Kim Jong Un lahir pada 2017.

Sementara, yang tertua adalah putra berusia 10 tahun. Hal itu berarti salah satu dari ketiganya akan membutuhkan bantuan kerabat atau wali politik mereka jika mereka ingin menjadi pemimpin keturunan generasi keempat.

Kim Jong Il telah dipersiapkan selama 20 tahun untuk memimpin negara. Sementara Kim Jong Un hanya memiliki waktu lebih dari satu tahun karena kematian mendadak ayahnya karena stroke.

“Kim Yo Jong tidak mungkin mengambil alih kepemimpinan tetapi dapat membantu membangun rezim sementara sebagai pialang kekuasaan sampai anak-anak tumbuh dewasa, dan Kim Jong Chol mungkin kembali untuk membantu untuk sementara waktu,” kata Go Myong-hyun, seorang peneliti. di Institut Studi Kebijakan Asia di Seoul.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.