4 Spekulasi Soal Kesehatan Kim Jong Un, Apa Saja Ya?

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un lagi-lagi diisukan sedang dalam kondisi kesehatan yang buruk. Kali ini ia dikabarkan tengah koma.

JEDA.ID-Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un lagi-lagi diisukan sedang dalam kondisi kesehatan yang buruk. Kali ini ia dikabarkan tengah koma.

Seperti kebanyakan berita mengenai kondisi kesehatan pemimpin Korea Utara, hingga kini kabar mengenai kesehatannya tidak banyak dibicarakan. Terlebih Korea Utara dikenal sebagai negara yang sangat tertutup dan segala informasi bergantung pada media pemerintah yang sangat dikontrol.

Berikut ragam spekulasi soal kondisi kesehatan Kim Jong Un seperti dikutip dari detikcom pada Senin (24/8/2020).

1. Koma

Spekulasi tentang kesehatan Kim Jong Un yaitu koma. Kabar Kim Jong Un dalam kondisi koma diungkap oleh seorang diplomat Korea Selatan, Chang Song Min. Kabar ini muncul setelah Kim Jong Un lama tak menampaknna diri setelah mendelegasikan wewenang ke adiknya, Kim Yo Jong.

“Saya menilai dia dalam kondisi koma, tapi hidupnya belum berakhir,” kata Song Min dikutip dari The Sun, Senin (24/8/2020).

2. Idap ragam penyakit

Media Korea Selatan (Korsel), Yonhap mengutip sumber yang menyebut Jong Un menderita sejumlah penyakit, mulai dari asam urat, obesitas, diabetes hingga tekanan darah tinggi.

Raup Cuan dari Konten Video, Ini Pilihannya

Tekanan darah tinggi Kim dipicu dari kecintaannya terhadap keju dan anggur. Kim juga seorang perokok berat yang bisa menghisap hingga empat bungkus rokok dalam sehari.

3. Operasi kista

Menyangkut kondisi kesehatan Kim Jong Un, pemimpin Korea Utara itu juga pernah dilaporkan menjalani operasi kista di pergelangan kakinya pada 2014 silam. Badan Intelijen Nasional Korea Selatan mengatakan dalam sebuah pertemuan tertutup bahwa kista ditemukan di pergelangan kaki Kim Jong Un hingga menyebabkan kerusakan saraf ototnya.

Berat badan Kim yang terus bertambah disebut menjadi alasan ia terkena kista di pergelangan kakinya sehingga membutuhkan operasi.

4. Meninggal dunia

Kabar Kim Jong Un meninggal ramai terdengar saat ia absen dalam perayaan ulang tahun kakeknya 15 April silam. Sejak saat itu muncul berbagai spekulasi salah satunya Kim berada dalam kondisi serius usai operasi jantung.

Fakta Menarik Bu Tejo di Film Pendek “Tilik”

Laporan lain menyebut bahwa terjadi kesalahan saat operasi pemasangan ring jantung pada Kim karena tangan ahli bedah sangat gemetaran saat melakukan tindakan tersebut sehingga menyebabkan kefatalan.

Setelah lebih dari 3 pekan ‘hilang’ dari hadapan publik, akhirnya Kim Jong Un muncul ke publik pada 3 Mei yang mematahkan segala rumor tentang dirinya yang meninggal dunia.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.