Mandalika, Legenda Putri Cantik Jelita dan MotoGP 2021

Putri Mandalika menjatuhkan diri ke laut dan seketika hanyut di telan ombak besar. Kemudian muncul cacing dari laut yang diyakini jelmaan Putri Mandalika.

JEDA.ID–Gelaran MotoGP 2021 di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) ditunggu-tunggu pencinta balap motor Tanah Air. Mandalika yang bakal menjadi perhatian dunia karena menjadi sirkuit jalan raya pertama untuk MotoGP ini tidak lepas dari legenda Putri Mandalika.

Legenda Putri Mandalika berkembang di masyarakat etnis Sasak di NTB. Konon, dikisahkan putri ini memiliki paras sangat cantik jelita. Saking cantiknya Putri Mandalika lantas jadi rebutan banyak pemuda dan pangeran.

Sebagaimana dilansir dari indonesia.go.id, Rabu (29/1/2020), Putri Mandalika memutuskan bersemedi dan memohon petunjuk setelah banyak laki-laki yang melamarnya. Selesai bersemedi, Putri Mandalika mengundang seluruh pelamar pada tanggal ke-20 bulan ke-10 penanggalan Sasak.

Seluruh para pelamar diminta untuk berkumpul di Pantai Seger saat pagi buta. Maka berkumpulah seluruh pangeran, pemuda dah bahkan rakyat kerajaan tersebut. Putri Mandalika beserta raja, ratu, dan para pengawalnya datang menemui mereka.

Putri Mandalika beserta pengawalnya naik ke atas bukit Seger dan mengucapkan beberapa pesan. Isi pesannya kurang lebih, bahwa Putri Mandalika hanya ingin melihat ketenteraman dan kedamaian di Pulau Lombok.

Fakta Unik Pulau Bungin, Pulau Terpadat di Dunia

Putri Mandalika tentu menyadari jikalau ia menerima satu pemuda atau sebagian dari lamaran mereka, maka pasti akan terjadi perpecahan dan konflik antarwarga. Oleh karena itu, Putri Mandalika berencana menerima semua lamaran.

Seluruh yang hadir tentu bingung dengan keputusan itu. Namun tiba-tiba saja Putri Mandalika justru menjatuhkan diri ke laut dan seketika hanyut di telan ombak besar.

Semua yang hadir segera sigap menceburkan diri ke laut untuk menyelamatkan. Tetapi Putri Mandalika telah hilang tanpa ada jejaknya barang sedikit pun.

Tak lama kemudian muncul cacing yang sangat banyak dari laut. Cacing itu diberi nama “nyale” dan dipercaya oleh masyarakat etnis Sasak sebagai jelmaan Putri Mandalika. Hingga kemudian berkembanglah sebuah upacara adat Bau Nyale.

Ritual Cari Cacing

Mandalika

Kawasan Mandalika (Pesona Indonesia)

Ini merupakan ritual mencari cacing laut yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika. Perayaan ini merupakan tradisi yang lazim diadakan di bulan Februari-Maret. Kini Mandalika menjadi salah satu kawasan wisata superprioritas yang dikembangkan pemerintah.

Sejatinya upaya pengembangan Mandalika bukan hal baru. Sejak 2014, peraturan pemerintah menetapkan area seluas 1.035,67 hektare sebagai kawasan Mandalika. Kini luas kawasan wisata Mandalika berkembang menjadi 1.215,70 hektare.

Menghadap ke Samudra Hindia, kawasan ini punya pesona alam yang luar biasa seperti pantai hingga gunung. Sebut saja Pantai Seger yang menjadi awal munculnya legenda Putri Mandalika. Ada juga Pantai Gerupuk dan Pantai Tanjung Aan.

Tidak jauh dari Pantai Sager ada Pantai Kuta Mandalika yang memiliki garis pantai sepanjang 7,2 kilometer dan terkenal memiliki pasir putih yang bersih. Air lautnya yang bening memungkinkan panorama gugusan terumbu karang di bawah laut terlihat.

Pulau Lombok juga punya Gunung Rinjani yang masuk daftar global geopark sejak 2018. Di gunung ini Danau Segara Anak yang berada di ketinggian 2.010 meter dari permukaan laut. Danau Segara Anak ini terbentuk karena letusan 12.000-6.000 tahun yang lampau.

Terlepas dari itu semua, nama Mandalika kini tidak lepas dari gelaran MotoGP. Dorna selaku operator lomba adu balap motor ini sudah menetapkan Mandalika akan menggelar balapan mulai 2021.

Perkembangan Sirkuit Mandalika yang Siap Gelar MotoGP 2021

Desain Sirkuit Mandalika mengambil konsep sirkuit jalan raya (street circuit). Memiliki panjang lintasan 4,32 kilometer dan 18 tikungan, sirkuit ini ketika tidak digunakan untuk ajang balapan segera bisa diubah dan digunakan sebagai fasiltas umum.

Bisa dibilang pengembangan Mandalika memang cukup jor-joran. Di situs itdc.co.id disebutkan project Mandalika menargetkan ketersediaan fasilitas 10.533 kamar hotel.

Fokus pengembangan utama ialah hotel bintang 4 dan 5. Sebutlah Hotel Pullman, Novotel, Royal Tulip, Hotel Clubmad, Westin, dan Paramount, merujuk BKPM tercatat telah berinvestasi.

Meski demikian, tentu juga dibangun hotel berbintang 3 atau kelas lainnya untuk mengakomodir segmen masyarakat pengunjung yang beragam.

Selain itu, hunian dan perumahan juga direncanakan dibangun, utamanya dalam bentuk kondominium hotel. Tak kecuali, wilayah komersial seperti kawasan ritel. Mulai dari pasar seni, toko fesyen, restoran, dan kafe mulai kelas atas hingga restoran kelas internasional.

Tiket Pre-Booking

Putri Mandalika

Desain Sirkuit Mandalika (themandalikagp.com)

Untuk urusan sirkut, Indonesia menggandeng BUMN asal Prancis, Vinci Construction hingga dana sebesar US$1 miliar atau sekitar Rp14 triliun digelontorkan.

Gelaran MotoGP di Mandalika pun disambut antusias. Parameternya tiket pre-booking laris manis dalam hitungan hari.

Menurut Dirut ITDC, Abdulbar M. Mansoer, pemesanan tiket pre-booking ini sudah dibuka sejak tanggal 20 Januari hingga 20 Februari melalui website themandalikagp.com. Hingga kini menurutnya sudah ada 3.200 tiket yang terpesan dari 10.000 pre-booking yang disiapkan.

Namun, harga tiket dan kelas tiketnya belum bisa diumumkan. Menurutnya, penjualan tiket pre-booking ini hanya untuk memesan tempat menonton saja, harga dan kelas akan diumumkan sekitar Agustus 2020 setelah ada pengumuman resmi dari penyelenggara MotoGP Dorna.

Nyatakan Pensiun, Begini Perjalanan Karier Jorge Lorenzo

Pre-booking tiket merupakan hak untuk mendapatkan prioritas pembelian tiket ketika booking resmi dibuka. Dengan melakukan pre-booking, pembeli mendapatkan jaminan ketersediaan tiket MotoGP Sirkuit Mandalika di Lombok 2021.

Abdulbar belum bisa memastikan harga tiket MotoGP. Namun, kemungkinan harga tiket akan berada di sekitar US$100 dolar atau sekitar Rp1,4 juta. Nilai itu perkiraan harga tiket yang mengacu ke harga tiket di Sirkuit Sepang, Malaysia.

”Masih pre-booking nanti tunggu Dorna, pengumuman Agustus 2020. Biasanya sih, kalau di Sepang kan US$100 sekian,” kata Abdulbar sebagaimana dikutip dari Detikcom.

Dari gelaran itu diharapkan pesona Mandalika terpancar ke penjuru dunia seperti pesona Puteri Mandalika yang melegenda.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.