Makanan yang Aman dan Kurang Aman Bagi Penderita Maag saat Lebaran

Para penderita maag membutuhkan perlakukan khusus saat Lebaran karena tetap tidak boleh makan masakan yang memicu kenaikan asam lambung.

JEDA.ID-– Para penderita maag membutuhkan perlakukan khusus saat Lebaran karena tetap tidak boleh makan masakan yang memicu kenaikan asam lambung.

Jika penderita maag tidak mengontrol makanan, gangguan mungkin akan muncul dan membuat lambung serta area perut mengalami nyeri hebat.

Nah, agar maag yang mengganggu tersebut tidak kambuh maka Anda disarankan untuk menjaga apa saja makanan yang masuk ke dalam mulut. Selama Lebaran, cobalah sebisa mungkin menghindari sejumlah jenis makanan ini agar tidak lambung dan mengganggu momen Idulfitri. Berikut jenis makanan yang sebaiknya dihindari penderita maag saat Lebaran seperti dilansir Bisnis.com, Minggu (24/5/2020).

1. Makanan bersantan

Tak dimungkiri makanan bersantan banyak dihidangkan saat Lebaran. Aneka olahan daging seperti rendang dan opor ayam akan banyak mengisi meja untuk disantap bersama keluarga.

Padahal makanan bersantan memiliki kandungan lemak jenuh dan trans yang cukup tinggi. Lemak ini adalah jenis yang susah dicerna oleh tubuh dan begitu sampai di lambung akan membuat asam jadi meningkat. Oleh sebab itu batasilah konsumsi makanan bersantan atau yang digoreng dengan motode deep fried agar lambung tidak bergejolak.

2. Makanan terlalu pedas

Makanan pedas juga banyak disajikan saat Lebaran. Aneka hidangan untuk teman nasi seperti rendang membuat siapa saja ketagihan. Andaikan Anda tidak memiliki gangguan maag, makanan jenis itu tidak akan membuat masalah pada lambung.

Namun, bila lambung sudah mengalami gangguan dan sempat memiliki GERD, makanan yang terlalu pedas bisa dengan mudah muncul dan membuat lambung bergejolak. Oleh sebab itu sebelum menyantap makanan, coba tanya dahulu apakah makanan tersebut pedas atau tidak. Jika pedas lebih baik makan dalam porsi sedikit saja.

3. Makanan terlalu asam

Makanan yang asam pasti bisa membuat Anda mengalami gangguan maag. Apalagi anda yang sering mengalami kenaikan asam lambung bisa langsung mendapatkan nyeri pada lambung sehingga momen Lebaran bisa terganggu.

Hindari atau batasi makanan yang terlalu asam seperti aneka olahan rujak buah, minuman dengan bahan dasar jeruk atau lemon, dan aneka sambal dengan bahan mangga muda yang dikenal sangat asam.

4. Makanan dari gula olahan

Seseorang yang sudah memiliki maag punya lambung yang sensitif. Lambung akan mudah sekali mengalami luka dan iritasi akibat makanan yang masuk dengan ragam rasa yang tajam.

Salah satu makanan yang juga bisa membuat gangguan lambung adalah kue kering, roti, dan aneka produk olahan gula dan karbohidrat lain sehingga porsi konsumsi wajib dibatasi. Tidak masalah jikalau Anda ingin makan kue kering atau aneka hidangan manis lain. Namun, pastikan untuk tidak menyantap semua berbarengan dengan porsi terlalu banyak.

5. Makanan atau minuman mengandung kafein

Saat sedang puasa, Anda tentu menghindari makanan dan minuman yang mengandung kafein. Hal ini karena mengonsumsi kafein membuat mudah kencing dan mengalami dehidrasi. Begitu Lebaran tiba, Anda seperti tidak memiliki larangan lagi untuk mengonsumsi kafein dan turunannya.

Kopi memang memberikan manfaat pada tubuh khususnya dalam memberikan energi. Namun, jika dikonsumsi berlebihan menyebabkan gangguan pada lambung. Jika punya maag yang cukup mengganggu atau GERD Anda wajib melakukan pembatasan makanan kafein.

Agar Tetap Aman dan Bahagia, Ini Cara Rayakan Idulfitri Saat Pandemi

Menu Alternatif bagi Penderita Maag

Menu masakan untuk Hari Raya Lebaran selalu identik dengan makanan bersantan, pedas, asam, dan berlemak. Padahal semua jenis makanan itu termasuk pantangan bagi penderita maag atai GERD.

Sebutlah beberapa jenis masakan khas untuk Lebaran misalnya opor ayam, semur ayam, lontong sayur, rendang, dan sambal goreng ati. Berdasarkan dari bahan baku dan metode pembuatannya, makanan Lebaran ini bersantan dan berlemak tinggi. Selain itu, makanan pedas dan asam juga termasuk makanan yang perlu dihindari karena dapat menaikkan asam lambung dan membuat perut perih.

Lantas, apa saja menu lebaran yang aman bagi penderitaan maag?

1. Semur ayam

Semur ayam bisa menjadi salah satu menu lebaran yang aman bagi maag Anda. Semur ayam memiliki cita rasa yang manis dan gurih. Ayam mengandung lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi. Jadi orang yang mempunyai maag dibolehkan makan ayam asalkan tanpa kulitnya.

Ayam termasuk sumber protein yang baik untuk tubuh. Selain itu, ia juga mengandung kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A dan juga B1. Namun jangan lupa, hindari penggunaan merica dalam semur ayam agar tidak mengiritasi lambung.

2. Sayur Sop

Sayur sop dibuat dengan berbagai campuran sayur seperti kentang, wortel, buncis, seledri, dan tomat.

Anda juga bisa menambahkan suwiran dan potongan ayam ke dalamnya. Berbagai sayuran ini mengandung vitamin, mineral, serta serat yang dapat menyehatkan tubuh dan sistem pencernaan. Selain itu kombinasi sayuran ini juga dapat membantu mencegah sembelit yang biasanya terjadi saat kerja usus terganggu.

Anak Juga Rentan Terpapar, Begini Cara Melindungi dari Virus Corona

3. Rolade tahu

Umumnya olahan rolade terdiri dari daging sapi dan daging ayam, maka kali ini Anda bisa membuat rolade tahu. Tahu merupakan sumber protein nabati yang menyehatkan untuk pengidap maag yang mengandung isoflavon. Isoflavon dikenal memiliki manfaat untuk mencegah penyakit tulang dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Untuk itu, mengkreasikan tahu sebagai menu Lebaran bisa menjadi ide menarik yang sudah pasti menyehatkan. Guna menjaga nutrisinya, gorenglah rolade tahu dengan minyak sehat seperti minyak zaitun. Cara lain yang lebih sehat dengan mengukusnya dalam panci. Agar tampilan lebih menarik dan nutrisinya lebih banyak, Anda bisa menambahkan serat ke dalam adonan dari berbagai jenis sayuran seperti bayam, wortel, dan juga labu siam.

4. Ikan kakap kuah kuning

Masakan ikan kakap kuah kuning bisa Anda jadikan lauk pengganti opor ayam. Dibandingkan dengan opor yang banyak mengandung santan, ikan kakap kuah kuning memiliki manfaat untuk kesehatan dari ikan dan rempah yang digunakan. Anda bisa menggunakan ikan kakap merah karena mengandung berbagai protein, mineral, dan vitamin, dan juga asam lemak omega 3.

Asam lemak omega 3 bermanfaat mengurangi penumpukan lemak di hati, mencegah demensia, dan mengurangi peradangan pada sel yang bisa menjadi penyebab penyakit kanker hingga jantung.

Selain dari ikan, Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari rempah yang digunakan. Kunyit yang digunakan berkhasiat sebagai antioksidan, antiradang, dan memperlambat penuaan.

5. Sup jagung

Sup jagung bisa menjadi cemilan aat Anda malas untuk makan makanan berat. Jagung mengandung banyak vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan tubuh seperti folat, vitamin B6, niacin, kalium, dan vitamin B5. Tak hanya itu, antioksidan di dalam jagung berguna untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata. Selain jagung, Anda bisa menambahkan suwiran ayam ataupun jamur yang dapat menambah nutrisi dan kelezatan.

Sekarang, Anda tak perlu khawatir lagi menyantap menu Lebaran sehat tanpa harus sakit maag. Selamat Idulfitri dan tetap jaga kesehatan ya!

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.