Dari Agnes Monica Jadi Agnez Mo

Sejak tinggal di Amerika penampilan Agnez Mo menjadi sorotan lantaran makin berani tampil nyentrik dengan gaya khas penyanyi Amerika.

JEDA.ID – Agnes Monica atau yang kini lebih dikenal dengan nama Agnez Mo membuat pernyataan kontroversial lantaran mengaku tak memiliki darah Indonesia. Pernyataan tersebut dikatakan dalam wawancara bersama presenter Kevan Kenney dalam video Youtube Build Series NYC by Yahoo!

“Ya, karena saya sebenarnya tidak punya darah Indonesia sama sekali. Saya sebenarnya campuran Jerman, Jepang, dan Chinese. Saya hanya lahir di Indonesia,” jawab Agnez.

“Saya juga beragama Kristen, dan di Indonesia mayoritas adalah Muslim. Saya tidak bilang saya tidak berasal dari sana, karena saya merasa diterima. Tetapi saya merasa tidak seperti yang lain,” lanjutnya.

Pernyataan Agnez Mo “bukan berdarah Indonesia” itu pun memicu protes dari netizen dan sejumlah penggemarnya. Namun ada pula yang membela pernyataan Agnez.

Sejumlah netizen bahkan mengaku lebih memilih Agnes Monica yang lawas dibanding yang sekarang.

Penyanyi Cilik

Agnez Mo lahir 1 Juli 1987 dengan nama Agnes Monica Muljoto. Di usianya yang genap menginjak 32 tahun, Agnez Mo sudah banyak menorehkan prestasi di dunia tarik suara.

Selain itu, Agnez Mo juga telah berkolaborasi dengan musisi papan atas dunia. Salah satunya solois Chris Brown.

Agnez Mo sendiri memulai kariernya sebagai penyanyi cilik. Saat berusia enam tahun, Agnes memulai kariernya sebagai penyanyi cilik dan merekam album anak-anak pertamanya yang diberi judul Si Meong.

Nama Agnes melambung sebagai penyanyi cilik saat ia merilis album keduanya pada tahun 1995 yaitu Yess! yang merupakan album duet bersama Eza Yayang. Album tersebut dinobatkan sebagai “Album Anak-Anak Terbaik” pada tahun 1999.

Album Agnes Monica dan Eza Yayang sebagai penyanyi cilik. (Istimewa)

Album Agnes Monica dan Eza Yayang sebagai penyanyi cilik. (Istimewa)

Album lain yang telah dirilis Agnes yaitu Bala-Bala. Ketiga album tersebut berhasil melejitkan Agnes ke jajaran penyanyi cilik terpopuler di era 1990-an.

Selain bernyanyi dan merilis album, Agnes juga menjadi presenter acara anak-anak yaitu Video Anak Anteve (VAN) di Antv, Tralala-Trilili di RCTI, dan Diva Romeo di Trans TV.

Tralala Trilili. (istimewa)

Tralala Trilili. (istimewa)

Agnes berhasil meraih penghargaan Panasonic Awards untuk “Pembawa Acara Anak-Anak Terfavorit” selama dua tahun berturut, 1999 dan 2000.

Artis Remaja Berbakat

Agnes mulai terjun ke dunia seni peran, dimulai dengan penampilannya di sinetron Lupus Millenia dan Mr. Hologram pada tahun 1999.

Pada tahun 2000, Agnes menjadi pemeran utama di sinetron Pernikahan Dini bersama Sahrul Gunawan. Sinetron inilah yang berhasil melambungkan nama Agnes dan menghapus citranya sebagai seorang artis cilik.

Agnes Monica di Pernikahan Dini. (Istimewa)

Agnes Monica di Pernikahan Dini. (Istimewa)

Akting Agnes di sinetron tersebut berhasil meraih penghargaan “Aktris Terfavorit” pada Panasonic Awards pada tahun 2001 dan 2002, serta SCTV Awards sebagai “Aktris Ngetop” pada tahun 2002.

Selain itu, Agnes juga menyanyikan dua lagu ciptaan Melly Goeslaw berjudul Pernikahan Dini dan Seputih Hati sebagai lagu tema sinetron Pernikahan Dini.

Kedua lagu tersebut merupakan penampilan pertama Agnes sejak kemunculannya sebagai penyanyi cilik beberapa tahun silam. Kedua lagu tersebut telah dirilis dalam album kompilasi bertajuk Love Theme (2001).

Sepanjang tahun 2002, Agnes telah membintangi tiga judul sinetron, yaitu Ciuman Pertama, Kejar Daku Kau Ku Tangkap, dan Amanda. Seiring dengan popularitasnya, Agnes berhasil menjadi artis remaja dengan bayaran termahal di Indonesia pada saat itu.

Akhir 2003 Agnes berkolaborasi dengan Ahmad Dhani dan Melly Goeslaw merilis album dewasa pertamanya bertajuk And the Story Goes. Album ini kemudian meraih double platinum dengan penjualan lebih dari 300.000 keping.

Mimpi Go Internasional

Kesuksesannya dalam usia yang masih sangat muda membuat Agnes mendapat julukan “Diva Muda” dalam kancah musik Indonesia. Ia juga mulai memasang target untuk bisa berkarier di kancah internasional.

Pada tahun 2005, Agnes juga terlibat dalam syuting serial drama Asia berjudul The Hospital di Taiwan yang dibintangi oleh Jerry Yan, salah satu personel F4.

Agnes juga ikut dalam syuting serial Romance in The White House bersama Peter Ho, yang dalam serial ini Agnes bermain hanya dalam beberapa episode saja.

Di Indonesia, Agnes juga disibukan dengan perannya di dua sinetron di Indosiar, yaitu Ku Tlah Jatuh Cinta dan Pink.

Di penghujung tahun 2006, Agnes kemudian membintangi sinetron komedi berjudul Kawin Muda yang ditayangkan di RCTI.

Pada tanggal 15 Mei 2007, Agnes menjadi artis pembuka konser grup R&B Amerika Serikat Boyz II Men di Istora Senayan, Jakarta.

Agnes dan promotor konser sempat mengumumkan bahwa ia akan berkolaborasi dengan grup tersebut, meskipun akhirnya tidak terlaksana akibat persiapan yang belum matang.

Pada tanggal 4 Oktober 2008, Agnes tampil di panggung Asia Song Festival yang diselenggarakan oleh Korea Foundation for International Culture Exchange di Seoul, Korea Selatan.

Acara yang diikuti 24 artis dari 12 negara Asia tersebut disaksikan oleh 35.000 penonton di Seoul World Cup Stadium dan disiarkan di stasiun televisi di 30 negara.

Memasuki tahun 2010, Agnes mendapat kehormatan menjadi juri dalam ajang pencarian bakat Indonesian Idol. Kehadiran Agnes di ajang tersebut sempat diragukan karena usianya yang masih terlalu muda.

Pada tanggal 21 November 2010, Agnes menjadi salah satu pembawa acara karpet merah ajang penghargaan tahunan American Music Awards yang diselenggarakan di Nokia Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat. Ia tampil menggunakan busana bermotif batik dan kebaya, serta sesekali menggunakan bahasa Indonesia.

Tahun 2012, Mnet Asian Music Awards, menobatkan Agnez menjadi pemenang dalam kategori Best Asian Artist Indonesia. Pada tahun 2013 ini, Agnez juga mendapatkan penghargaan. Bukan hanya di kategori Best Singer, ia bahkan mampu menggeser posisi Justin Bieber dalam kategori Best Celebrity Fashion SHORTY AWARDS 2013.

Industri Musik AS

Tahun 2017 mungkin menjadi tahun gemilang bagi Agnez. Setelah perjalanan panjang kariernya di industri musik, Agnez berhasil meluncurkan album internasional pertamanya yang bertajuk X dengan single pertama berjudul Long As I Get Paid.

Tahun ini pula, Agnez mendapatkan kesempatan untuk kembali muncul di gelaran American Music Awards. Kali ini, ia tak lagi menjadi pembawa acara, namun cukup menjadi tamu saja dan banyak bertemu dengan bintang Hollywood lainnya.

Hingga saat ini Agnez sudah berkolaborasi dengan beberapa penyanyi Hollywood, seperti Timbaland, Michael Bolton, Keith Martin, Chris Brown, dan masih banyak lagi.

Kedekatan Agnez dengan pesohor Hollywood juga kerap dipamerkan Agnez lewat unggahan di media sosialnya. Agnez pernah berpose bersama beberapa artis Hollywood seperti Montana dan Quincy.

Agnez juga kerap menghadiri berbagai acara di Amerika, tidak hanya untuk manggung saja. Seperti acara kumpul bersama penyanyi-penyanyi Amerika atau pesta perayaan.

Pada Selasa (15/10/2019) lalu, Agnez mengunggah foto dirinya bersama Montana. Keduanya tampak akrab dan saling memberi pelukan persahabatan. Tidak hanya bersama Montana saja, Agnez tampak dekat.

Agnez juga pernah mengunggah foto kedekatannya dengan penyanyi Quincy, TB Hits, dan Marlon Wayans. Kedekatan Agnez Mo ini menghasilkan banyak karya kolaborasi, seperti lagu Diamond, dan Overdose.

Belum lama ini, Agnez juga merilis lagu terbarunya berjudul, Nanana. Hingga Kamis (21/11), Nanana berhasil merajai tangga musik lagu digital.

Penampilan Baru

Penampilannya sejak tinggal di Amerika menjadi sorotan publik. Agnez Mo makin berani tampil nyentrik dengan gaya khas penyanyi Amerika.

Tidak hanya gaya rambutnya saja yang mencuri perhatian. Gaya berpakaian Agnez Mo juga bertambah “swag”, istilah yang kerap dilabelkan pada penyanyi Amerika bergaya nyentrik.

Agnezmo kerap mengenakan jaket jumper oversize, celana longgar ala rapper dan sepatu sneakers. Ditambah dengan aksesoris seperti kalung da kacamata, membuat penampilan Agnez tambah keren.

Sosok Agnez Mo semakin dikenal penikmat musik dunia, terbukti dengan dipilihnya Agnez untuk menjadi model patung terbaru Museum Madame Tussaud. Kabar ini tentu membuat para penggemar Agnez dan masyarakat Indonesia.

Minggu (10/11/2019), Agnez mengunggah foto persiapan pembuatan patung dirinya bersama Madame Tussaud. Agnez Mo tampak sedang melakukan pengukuran badan.

Patung Agnez akan menjadi patung orang Indonesia kelima yang akan dipajang di Museum Madame Tussaud Singapura. Sebelumnya sudah ada patung Soekarno, Anggun C. Sasmi, Jokowi, dan Rudy Hartono.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.