• Thu, 28 March 2024

Breaking News :

4 Fakta Klub Mensa, Kumpulan Orang Jenius Ber-IQ Super Tinggi

Terlepas dari tujuan ilmiah dibuatnya Mensa, tidak setiap anggota Mensa memiliki gelar sarjana.

JEDA.ID-Klub Mensa merupakan organisasi untuk orang-orang jenius dan terbukti memiliki IQ yang super tinggi. Siapa pun dapat menjadi anggota Klub Mensa selama mereka mendapat skor 2% teratas dari populasi umum dalam tes kecerdasan yang disetujui.

Jika kamu penasaran, kamu bisa mencoba latihan Mensa untuk mendapatkan gambaran tes agar dapat bergabung. Dikutip dari SBS Australia, Kamis (28/1/2021), berikut ini fakta terkait kelompok ini:

1. Didirikan oleh orang Australia

Mensa adalah organisasi global, tetapi yayasannya didirikan oleh koneksi Australia. Pada Desember 1945, mahasiswa pascasarjana Oxford, Lancelot Ware, berada di kereta, menuju rumah untuk merayakan Natal. Seorang pengacara Australia berusia 50 tahun Roland Berrill memulai percakapan dengannya dan bersama-sama mereka menyusun rencana untuk menciptakan kelompok bagi orang-orang yang berbakat secara intelektual.

Baca Juga: Ini Hubungan Obesitas dan Virus Corona

Berrill mendanai ide tersebut dan menjadi Sekretaris pertama Mensa. Dia adalah karakter yang sangat eksentrik.

Sebelum mendirikan Mensa, dia mencoba memulai gerakan untuk mendorong pria dan wanita agar mengenakan pakaian berwarna cerah. Setelah 1950-an, dia menjalani sisa hari-harinya sebagai orang rumahan, jarang meninggalkan apartemennya di London.

2. Asal nama dan jumlah anggota

Saat ini, ada sekitar 134.000 anggota cabang Mensa yang ditemukan di 100 negara di seluruh dunia termasuk di dalamnya, tentu saja, orang-orang dari Australia. Mensa sendiri merupakan kata Latin untuk meja yang mana mencerminkan filosofi ‘meja bundar’ tentang kesetaraan.

3. Tidak semua orang di Mensa memiliki gelar sarjana

Terlepas dari tujuan ilmiah dibuatnya Mensa, tidak setiap anggota Mensa memiliki gelar sarjana. Salah satu kesalahpahaman terbesar tentang Mensa adalah bahwa Mensa adalah organisasi yang sangat ‘terkenal’, kata Kymberley Wilson, pensiunan pengembang perangkat lunak yang saat ini menjabat sebagai ketua Mensa Australia.

“Orang-orang mengira kami duduk-duduk sambil membicarakan topik yang berbobot… Saat kami berkumpul, kami memiliki percakapan yang menarik, tetapi kami menceritakan banyak lelucon dan cerita seperti kelompok orang lainnya,” ucapnya.

Lebih lanjut, anggota Mensa berasal dari berbagai latar belakang. Bahkan mantan ketua Mensa di Belanda adalah seorang sopir bus.

Baca Juga: Peracik Bumbu Indomie Meninggal Dunia, Berikut Ini Faktanya

“Sekelompok Mensa tidak selalu memiliki kesamaan selain fakta bahwa mereka memenuhi syarat untuk bergabung dengan Mensa,” sambung Wilson.

4. Anggota termuda

Seperti kebanyakan anggota Mensa, ketika Adam Kirby bergabung dengan Mensa Inggris, dia menikmati membaca Shakespeare dan belajar bahasa. Namun menariknya, Kirby baru berusia dua tahun lima bulan saat bergabung dengan Mensa Inggris pada 2013. Menurut laporan Daily Mail, anak balita itu mendapat skor 141 pada tes IQ Stanford-Binet yang mana empat poin di bawah ambang ‘jenius’.

Jika kamu bertanya-tanya apa yang dapat dilakukan oleh anak berusia dua tahun yang sangat cerdas, pada usia 29 bulan Kirby dapat membaca pada tingkat rata-rata anak berusia lima tahun, mengeja lebih dari 100 kata, menghitung hingga 1.000, dan melakukan penambahan dan pengurangan sederhana.

Terlepas dari semua ini, dia bukanlah orang termuda yang pernah bergabung dengan Mensa Inggris. Gelar itu dimiliki oleh Elise Tan-Roberts, yang berusia dua tahun empat bulan ketika bergabung pada tahun 2009.

Diketahui IQ rata-rata adalah 100 dan yang tinggi adalah mereka yang lebih dari 140. Siapa saja seleb pilihan yang merupakan anggota Mensa? Berikut daftar seleb yang jadi anggota klub Mensa seperti dikutip dari Vanity Fair dan detikcom, Kamis (28/1/2021):

1. Geena Davis

Davis berperan sebagai presiden wanita pertama Amerika dalam serial TV ‘Commander in Chief’, tetapi dalam kehidupan nyata, dia disebut sama briliannya. Aktris ini mendirikan ‘Geena Davis Institute on Gender in Media’, sebuah organisasi berbasis penelitian yang didedikasikan untuk menutup kesenjangan gender di industri hiburan.

Baca Juga: WHO Keluarkan Pedoman, Pasien Isolasi Mandiri Wajib Punya Oximeter

2. Nolan Gould

Jika kamu menonton serial ‘Modern Family,’ kamu mungkin sudah tidak asing dengannya. Aslinya, Gould yang kini berusia 22 tahun adalah seorang jenius yang bonafid. Dia lulus SMA pada usia 13 tahun.

3. Glenne Headly

Aktris yang terkenal karena perannya dalam Dirty Rotten Scoundrels dan Mr. Holland’s Opus, memiliki lebih dari 72 karir akting di film, televisi, dan teater, membuat anggota Mensa ini cukup berprestasi.

4. Kara Hayward

Dikenal dalam Moonrise Kingdom, ternyata dulunya wanita ini adalah anggota muda dari Mensa. Saat bergabung usianya baru 9 tahun!

5. Leif Gantvoort

Setelah berperan sebagai orang yang membunuh Paman Ben dalam ‘The Amazing Spider-Man’, Leif Gantvoort, berbicara di pertemuan tahunan sesama Mensa. Akan tetapi ada hal yang unik. Dia mengatakan kepada Wired bahwa dia terkejut dirinya memenuhi syarat untuk bergabung dengan grup elit tersebut.

“Saya tidak pernah berprestasi baik di sekolah. Saya baru saja lulus kuliah,” katanya.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.