• Mon, 26 February 2024

Breaking News :

Virus Corona Menyebar 114 Negara, Apa Beda Wabah hingga Pandemi? 

-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Rabu (11/3/2020), menyatakan virus corona baru sebagai pandemi, yang berarti wabah itu menyebar luas ke seluruh dunia.

JEDA.ID--Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Rabu (11/3/2020), menyatakan virus corona baru sebagai pandemi, yang berarti wabah itu menyebar luas ke seluruh dunia.

Menurut data worldometers, Kamis (12/3/2020), kini virus tersebut telah menginfeksi 126.000 lebih orang di 114 negara dan telah menelan 4.634 (6%) korban jiwa. Sementara 68.310 pasien yang sebelum terinfesksi telah dinyatakan sembuh.  Badan PBB itu menyebutkan Italia dan Iran kini berada di garis depan penyakit tersebut, dan sejumlah negara lainnya akan menyusul.

“Kami sangat khawatir baik dengan tingkat penyebaran dan keparahan maupun tingkat kelambanan untuk menangani virus corona. Dengan demikian kami menilai bahwa Covid-19 dapat diketegorikan sebagai pandemik,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus saat konferensi pers, Rabu.

Ia mendesak masyarakat dunia agar menggandakan upaya untuk membendung wabah tersebut. Langkah agresif, katanya, masih mampu berperan besar dalam membatasi pandemi.

Kepala program kedaruratan WHO, Mike Ryan, menyebutkan situasi di Iran “sangat serius” dan badan tersebut ingin melihat pengawasan yang lebih serta pengobatan ekstra bagi mereka yang terdampak.

Virus corona, yang kali pertama muncul di China pada Desember, meluas ke seluruh dunia hingga menghentikan kegiatan industri, menunda penerbangan di berbagai negara, menutup sekolah serta memaksa penundaan pertandingan olahraga serta sejumlah konser musik.

Untuk lebih mengetahui apa beda dari pandemik, endemik, epidemik serta wabah dirangkum dari berbagai sumber bisa Anda ketahui:

Mengenal Lucid Dream, Mimpi yang Bisa Dikendalikan

1. Wabah

Hampir mirip dengan defisini epidemik, kata wabah dalam KBBI berarti penyakit menular yang berjangkit dengan cepat, menyerang sejumlah besar orang di daerah yang luas (seperti penyakit lainnya misalnya wabah cacar, disentri, kolera).

Wabah adalah terjadinya suatu penyakit dalam masyarakat, di mana jumlah orang terjangkit lebih banyak daripada biasanya. Penyakit dikatakan wabah ketika penyakit itu sudah lama tidak pernah menjangkiti masyarakat, datang penyakit baru yang sebelumnya tidak diketahui, dan penyakit tersebut adalah penyakit yang baru kali pertama menjangkiti masyarakat di daerah itu.

2. Epidemik

Ssecara lisan terdengar hampir sama dengan Pandemik. Tapi definisinya dalam KBBI adalah penyakit menular yang berjangkit dengan cepat di daerah yang luas dan menimbulkan banyak korban – misalnya penyakit yang tidak secara tetap berjangkit di daerah itu.

Dalam laman Verywell, kata epidemik berarti adanya peningkatan jumlah penyakit di atas normal yang diharapkan. Epidemi adalah istilah secara luas digunakan untuk menggambarkan setiap permasalahan yang telah tumbuh di luar kendali.
Epidemi didefinisikan sebagai wabah dari suatu penyakit yang terjadi lebih luas – wilayah geografis yang sangat tinggi dan memengaruhi proporsi penduduk.

3. Endemik

Arti endemik dalam rujukan KBBI yaitu berkenaan dengan penyakit yang muncul dalam wilayah tertentu. Endemik merupakan frekuensi suatu masalah kesehatan yang pada umumnya berupa sebuah penyakit pada suatu wilayah tertentu yang menetap dalam waktu yang lama.

Mike Ryan, Assistant Director-General for Emergency Preparedness and Response di WHO’s Health Emergencies Programme dari 2017 sampai 2019 mengatakan endemik merupakan keadaan atau karakteristik wilayah atau lingkungan tertentu yang ada hubungannya dengan penyakit. Penyakit ini selalu ada di daerah tersebut tapi frekuensinya rendah.

Penyakit endemik adalah suatu penyakit yang menyerang wilayah geografis atau kelompok populasi tertentu. Endemik bisa digambarkan salah satunya dengan definisi kejadian DBD misalnya.

Penyakit yang disebabkan virus Dengue yang ditularkan melalui nyamuk ini dapat timbul sepanjang tahun.
Seiring dengan meningkatnya mobilitas dan kepadatan penduduk, jumlah penderita DBD serta luas daerah penyebarannya semakin bertambah. Selain DBD endemik di Indonesia antara lain adalah penyakit kaki gajah, kusta, atau malaria serta hepatitis.

Boleh Tarik Kendaraan di Jalan, Ini Syarat untuk Leasing dan Debt Collector

4. Pandemik

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata tersebut berarti tersebar luas (tentang penyakit) di suatu kawasan, benua, atau di seluruh dunia.

WHO mendefinisikan istilah ini sebagai wabah patogen baru yang menyebar dengan mudah dari orang ke orang di seluruh dunia. Pandemik adalah ketika ia menyebar di beberapa negara atau benua dan biasanya memengaruhi orang dalam jumlah besar. Penyebarannya secara global.

Penyakit yang masuk dalam kategori pandemi adalah penyakit yang menular dan memiliki garis infeksi yang berkelanjutan. Jadi, jika ada kasus terjadi di beberapa negara lainnya selain negara asal, tetap digolongkan sebagai pandemi.

Apa yang Sebaiknya Dilakukan setelah Covid-19 Jadi Pandemi?

Itu tidak akan mengubah kebiasaan yang harus Anda lakukan untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat. Seperti melakukan kebersihan dasar untuk mengurangi risiko penyakit apapun.

Termasuk mencuci tangan dengan benar, menggunakan hand sanitizer secara liberal, menghindari menyentuh apapun (seperti kenop pintu, pegangan tangga, dan sebagainya, yang jika tersentuh pun segera cuci tangan atau gunakan sanitizer sebelum menyentuh hal lain), dan beri jarak dari orang yang sedang sakit atau batuk atau bersin.

CDC juga menyarankan untuk tidak menyentuh wajah terlalu sering, karena bisa membawa virus masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, bawa sanitizer (bila perlu) kemanapun Anda pergi, hindari berjabat tangan, dan tinggal di rumah jika sedang sakit. Epidemik maupun pandemik bukan berarti Anda harus menyetok persediaan minum, tisu toilet, masker, dan lain-lain. Jangan hilangkan rasa kemanusiaan, beri kesempatan bagi yang lebih membutuhkan.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.