Video Musik Via Vallen Dituduh Menjiplak, Sang Artis Angkat Bicara

Setelah menyadari video musik miliknya jadi perbincangan, Via Vallen pun meminta maaf dan men-take down video musik tersebut. Lalu sebenarnya siapa yang salah?

JEDA.ID-Video musik Via Vallen menjadi perbincangan. Video musik Via Vallen yang berjudul Dengarkanlah Kasih itu sangat mirip dengan video musik milik IU berjudul Above the Time.

Setelah video musik Via Vallen jadi perbincangan, sang artis pun akhirnya angkat bicara. Via Vallen mengaku soal plagiat dan mengatakan dia malu karena kasus plagiarisme itu.

Via Vallen menyatakan sudah menghapus atau men-take down video musik yang banyak diprotes itu.

Dalam instagram storiesnya, Via Vallen mengatakan meminta maaf setelah mengetahui Menurutnya, dia tidak mengetahui soal video musik itu mirip dengan IU karena bukan penggemar K-pop secara umum.

“Kalau saya tahu MV saya mirip plek ketiplek dengan punya orang lain, tentu saya akan minta ganti konsep,” tulisnya seperti dikutip dari Bisnis.com, Sabtu (24/10/2020).

Ingin Menjaga Kesehatan Paru-Paru? Konsumsi Makanan Ini

“Jujur aku malu banget dan aku akan minta videonya buat ditakedown,” tambahnya.

Dia juga mengatakan ini menjadi pembelajaran bagi dirinya ke depannya agar tak terulang. Dicek di akun youtube Via Vallen, video itu memang sudah dihapus sehingga tidak bisa diakses lagi.

Sebelumnya, penyanyi dangdut Via Vallen baru saja merilis single terbaru dan video musiknya di kanal Youtube. Tapi, baru diunggah beberapa jam, video itu langsung mendapat protes karena dianggap menjiplak keseluruhan video musik dari artis Korea Above The Time milik IU.

Protes datang dari penggemar IU. Di Twitter bahkan media Korea, Allkpop, juga memberitakan hal tersebut.

Kasus ini berawal saat seorang warganet  Korea menemukan video musik dari seorang penandatangan Indonesia yang sangat mirip dengan video musik IU untuk Above the Time.

Pada 24 Oktober KST, seorang warganet mengunggah berbagai tangkapan layar dari dua video musik secara berurutan. Warganet ini mengingatkan bahwa video tersebut bukanlah parodi melainkan video musik sebenarnya yang dirilis oleh penyanyi Indonesia Via Vallen.

4 Alasan Virus Corona Sangat Mematikan, Apa Saja?

Sejak unggahan tersebut dibuat, banyak warganet Korea menyatakan bahwa penyanyi Indonesia tersebut menjiplak video musik IU meski tanpa berusaha membuatnya tak terlalu kentara. Menurut media Korea, Allkpop, sejak awal, berbagai aspek video musik telah ditiru dengan sangat erat. Alur ceritanya sangat mirip, dan bahkan alat peraga yang digunakan dalam film juga serupa.

Sejak kontroversi meningkat dan menyebar secara global, agensi penyanyi Indonesia tersebut membuat pernyataan yang mengklaim bahwa artis dan agensi hanya mengikuti arahan sutradara dan tidak mengetahui kesamaan tersebut.

Sementara itu, pihak agensi membalas protes warganet di kanal Youtube itu dengan mengatakan bahwa itu adalah konsep dari sutradara.

Berikut pernyataan lengkap mereka:

Menanggapi berbagai komentar dan reaksi dari Video Klip single terbaru Via Vallen Feat Dyrga Dadali yang berjudul “Kasih Dengarkanlah Aku”, dengan ini kami Ascada Musik menyampaikan beberapa tanggapan, di antaranya:

Membawa Anak Imunisasi, Ini Tips Aman dari Dokter

1. Bahwa pihak management, menerima seluruh konsep/ide video klip yang ditawarkan oleh pihak sutradara. Adapun dari hasil akhir video klip tersebut ada kemiripan dengan video klip lain, kami pihak management sama sekali tidak mengetahuinya, dan pihak management sedang meminta klarifikasi dari pihak sutradara.

2. Pihak artis dalam hal ini Via Vallen dan Dyrga Dadali sebagai pemeran utama dalam video klip tersebut, hanya menjalankan tugasnya sebagai talent yang seluruh aktifitasnya diarahkan oleh sutradara. Kedua artis tersebut tidak turut serta berperan dalam menentukan konsep idea video klip. Demikian kiranya, beberapa tanggapan yang bisa kami sampaikan, atas berbagai komentar dan saran yang sudah kami terima, dari dirilisnya video klip tersebut. Terima kasih.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.