Tips Perawatan Kulit Saat Bekerja Pakai Masker dan APD

Di masa pandemi seperti ini, tidak sedikit yang memakai masker dan alat pelindung diri. Hal ini tentu menyiksa kulit, sehingga harus ada perawatan kulit.

JEDA.ID — Pandemi virus corona hingga saat ini belum berakhir. Banyak tenaga medis atau pekerja jasa yang setiap hari harus mengenakan bukan hanya masker tapi juga alat pelindung diri (APD).

Melansir dari laman Detik.com, belum lama ini, berdasarkan studi yang dipublikasi Journal of the American Academy of Dermatology, kerusakan kulit dialami 97% mereka yang bekerja sebagai garda terdepan pencegahan infeksi di China.

Meski bertugas secara ketat, para petugas medis juga perlu untuk memperhatikan kesehatan kulit agar tidak mengalami kerusakan parah. Nah, bagaimana cara merawat kulit saat bekerja dengan masker dan APD? Yuk, simak ulasan berikut.

Melakukan skin care routine sederhana

Beberapa masalah kulit yang sering dialami para pekerja media antara lain kulit kering, kulit terasa sakit, gatal, terkelupas, iritasi, hingga jerawat. Ketika APD dipakai dalam waktu lama, masalah-masalah itu mungkin sulit dihindari.

Salah satu cara untuk mencegah supaya tidak bertambah parah adalah tetap memakai skin care tapi pastikan produk-produknya sederhana dan efektif.

Sejarah Hari Persahabatan Internasional dan Pilihan Kado Terbaik Untuk Sahabat

“Hal paling penting untuk mencegah iritasi dan jerawat adalah tetap menjaga kulit bersih dan diberi pelembap dengan baik. Cuci wajah pelan-pelan dengan pembersih pH seimbang sebelum dan sesudah pakai masker untuk membersihkan minyak, kotoran, dan bakteri lalu langsung gunakan pelembap. Pastikan pembersih dan pelembap tanpa pewangi, tidak menimbulkan komedo, dan tidak mengiritasi,” papat dermatologis Bruce A. Brod kepada Allure.

Melindungi lapisan kulit

Menjaga kelembapan adalah salah satu cara melindungi lapisan kulit. Oleh karena itu, para petugas yang menggunakan APD dianjurkan untuk menggunakan produk dengan kandungan zinc yang dipercaya dapat membantu menguatkan lapisan kulit.

Menutup luka terbuka

Wajah dokter dan perawat sering kali terluka karena menggunakan masker sepanjang hari. Sebelum memakai masker dan pelindung lain usahakan untuk menutup dan merawat luka terlebih dahulu. Terlebih beberapa kondisi kulit wajah bisa menyebabkan luka semakin terbuka sehingga sulit sembuh atau bertambah parah.

Tidak perlu menggunakan make up

Tampil menarik tapi berujung banyak masalah kulit karena wajah tertutup. Mengenakan makeup ketika kulit wajah tertutup bisa menyebabkan banyak masalah. Kulit yang tersumbat karena keringat, makeup, dan minyak akan menimbulkan jerawat.

Terlalu Sering Dipeluk Orang Tua, Benarkah Bikin Anak Manja?

Oleh karena itu, penting untuk menggunakan skin care yang sederhana dan efektif agar kulit bisa lebih bernapas di balik masker. Jika ingin tampil lebih atraktif, kamu bisa bermain dengan masker atau make up mata jika hanya butuh pakai masker bukan APD.

Oleskan pelembab setelah sampai di rumah (Freepik)

Memakai pelembab setelah buka masker

Salah satu hal yang penting dilakukan adalah mengaplikasi pelembap yang berkualitas dan efektif setelah membuka masker. Jika bisa cari pelembap bisa memberikan hasil instan meski teksturnya lebih tebal atau harus pakai berlapis-lapis.

Memakai produk dengan kandungan anti inflamasi

Sebagian pekerja di lapangan mungkin sudah bermasalah dengan jerawat atau kondisi dermatitis sebelum pakai masker atau APD. Aoabila demikian, coba menggunakan produk anti inflamasi yang mengandung niacinamide, kunyit, atau azelaic acid. Kandungan-kandungan itu bisa membantu agar kondisinya paling tidak menjadi lebih parah.

Ditulis oleh : A’idah Husna Luthfiyyah Ans

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.