Sejarah Hari Persahabatan Internasional dan Pilihan Kado Terbaik Untuk Sahabat

Banyak di antara kita memiliki sahabat karena persahabatan membuat hidup lebih indah. Setiap 30 Juli diperingati sebagai Hari Persahabatan Internasional.

JEDA-ID-Sahabat adalah seseorang yang sangat berarti, yang tahu banyak hal mengenai diri kita, yang akan selalu ada bukan saat suka saja, namun terutama saat duka, saat kita perlu bantuan dan seseorang untuk mendengarkan keluh kesah kita.

Bagi Anda yang punya sahabat dan sangat menghargai persahabatan, berbahagialah! Sebab 30 Juli ditetapkan sebagai International Day of Friendship (Hari Persahabatan Internasional).

Sebelum merayakan hari istimewa ini bareng sahabat kamu, ketahui dulu sejarah terciptanya Hari Persahabatan Internasional ini.

Pada 1930, Hari Persahabatan dicetuskan oleh Joyce Hall, penemu kartu merek Hallmark. Pada tahun 1998, Nane Annan, istri dari Sektretaris Jenderal UN menetapkan Winnie the Pooh sebagai Ambassador of Friendship di United Nations.

Ide untuk membuat Hari Persahabatan Internasional dicanangkan di Paraguay oleh Dr. Ramon Artemio Bracho saat ia sedang makan malam dengan teman-temannya. Pada acara makan malam ini, lahirlah World Friendship Crusade, sebuah yayasan yang mengedepankan persahabatan dan persekutuan di antara semua orang dan tidak berdasarkan ras, warna kulit atau agama. Sejak itu, Hari Persahabatan telah dirayakan di Paraguay setiap 30 Juli.

World Friendship Crusade pun selama bertahun-tahun terus menyampaikan kepada United Nations untuk membuat Hari Persahabatan menjadi hari yang resmi.

United Nations pada tahun 2011 pun setuju untuk menetapkan 30 Juli sebagai International Day of Friendship (Hari Persahabatan Internasional).

Nah, jika Anda ingin menghabiskan waktu bersama sahabat di Hari Persahabatan berikut beberapa ide menarik untuk menunjukkan betapa berharganya sahabat dan persahabatan bagi kalian seperti dikutip dari bisnis.com, Kamis (30/7/2020):

Kolase foto

Buat sebuah kolase foto yang berisi foto-foto kamu dan sahabat-sahabatmu. Pastinya kamu punya foto-foto di saat-saat menyenangkan yang kalian nikmati bersama. Kamu bisa mengirimkan collage tersebut melalui media sosial kepada sahabatmu dan kamu juga bisa posting di akun media sosial kamu agar semua orang bisa melihat betapa berartinya sahabat dan arti persahabatan bagi kamu.

Simbol persahabatan

Buatkan simbol persahabatan yang spesial. Untuk melambangkan persahabatan kamu dan sahabatmu, kamu dapat membuat sesuatu yang khusus yang hanya akan dimiliki kamu dan sahabat kamu. Kamu bisa membeli beberapa t-shirt polos dan berikan tulisan ataupun gambar yang khusus untuk para sahabat Anda.

Berdandan Sendiri di Hari Pernikahan Ala 3 Beauty Vlogger Ini, Berani Coba?

Kamu juga bisa membuat gelang persahabatan dari tali, kulit atau pun kain . Gelang persahabatan (friendship bracelet) adalah tradisi yang sudah lama diterapkan di Amerika Serikat dan melambangkan ikatan persabahatan antara kamu dan sahabatmu.

Hadiah bermakna

Berikan hadiah yang bermakna untuk sahabatmu. Di Hari Persahabatan Internasional ini, coba ingat-ingat hal apa yang akan sangat berarti bagi sahabatmu? Tidak perlu barang yang mahal. Mungkin saja foto sepuluh tahun yang lalu, teh dengan flavor yang sangat disukai sahabatmu, atau pun cerita lucu yang pernah kamu alami bersamanya.

Cerita lucu ini bisa ditulis tangan dan dikirimkan kepadanya sebagai hadiah yang hanya kamu berdua tahu maknanya. Ada barang-barang yang bagi orang lain terlihat biasa, justru bisa sangat berarti bagi Anda dan teman Anda.

Mengajak sahabat makan bersama (Freepik)

Brunch bareng

Nikmati brunch bersama sahabatmu. Di saat sepert ini, di mana kita dianjurkan untuk tetap menjaga jarak dengan physical distancing terutama di tempat-tempat umum, undang sahabat kamu untuk brunch bareng di rumah – tentunya dengan tetap menjaga jarak aman. Brunch di akhir pekan rasanya paling tepat, karena kamu akan jadi punya banyak waktu untuk ngobrol dan membuat kenangan baru dengan sahabatmu. Siapkan hidangan yang bisa dinikmati sambil ngobrol santai.

Jika menjalin pertemanan dengan sahabat atau teman Anda membuat Anda merasa tidak nyaman, tidak ada salahnya Anda ingin mengakhiri hubungan persahabatan atau pertemanan itu. Perpisahan dengan teman bisa mengerikan rasanya seperti Anda mengakhiri sesuatu tanpa batas yang dulunya penting bagi Anda.

Mengakhiri Pertemanan

Tetapi mengakhiri persahabatan daripada menyakiti diri sendiri adalah jalan yang baik.

Kepala terapi di Real, Dr. Rachel Hoffman, menyebutkan tentang cara terbaik untuk memberi tahu sahabat Anda jika persahabatan sudah berakhir.

Dia menyebutkan ada beragam alasan kenapa persahabatan berakhir seperti berikut ini :

1. Jarak

Persahabatan jarak jauh menjadi terlalu sulit untuk dipertahankan. Beranjak pergi bisa sangat membantu persahabatan. Meskipun kami memiliki banyak teknologi seperti SMS, obrolan video, dan media sosial untuk mengikuti perkembangan orang, terkadang ini tidak cukup untuk menggantikan apa yang hilang.

Dianggap Berbahaya Bagi Otak, Padahal Begini Cara Kerja Thermo Gun

Waktu ikatan yang dihabiskan bersama dapat terasa sangat berbeda dari waktu yang dihabiskan untuk Zoom. “Persahabatan tidak perlu berakhir hanya karena jarak jauh,” kata Hoffman kepada Insider. Namun, ada kemungkinan bahwa lingkungan yang membina hubungan itu, seperti keluar bersama dan minum, berjalan-jalan bersama, sudah tidak ada lagi.

2. Berbeda emosi

Fokus emosional utama mereka adalah pada kehidupan romantis, karier, atau di tempat lain Hidup dipenuhi dengan fase-fase yang berbeda apakah itu akan pergi ke perguruan tinggi, pindah ke kota untuk memulai karir, atau menetap dengan pasangan (atau mitra).

Sementara banyak orang mempertahankan persahabatan mereka melalui perubahan dalam hidup mereka, kadang-kadang perhatian mereka berubah.

3. Tidak memiliki energi yang sama lagi

Jika Anda mulai memperhatikan bahwa Anda atau teman Anda tidak lagi menggunakan energi yang sama dalam hubungan, mungkin sudah waktunya untuk mengevaluasi kembali.

Secara alami, orang tumbuh terpisah dan mungkin mulai memprioritaskan berbagai bidang kehidupan mereka tergantung pada tahap kehidupan mereka.

Ketika persahabatan telah berjalan dengan sendirinya, Anda akan melihat bahwa Anda tidak lagi merasa terpenuhi olehnya dengan cara yang sama seperti dulu.

Jika Anda sampai pada kesimpulan bahwa energi yang Anda masukkan ke dalam hubungan sudah tidak layak lagi, inilah saatnya untuk berbicara.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.