Tips Menghindari Penularan Virus Corona di Toilet Umum

Penularan virus corona dapat terjadi saat Anda menyiram toilet umum dengan menggunakan tombol flush. Anda harus hati-hati saat di toilet umum.

JEDA.ID – Penularan virus corona dapat terjadi saat Anda menyiram toilet umum dengan menggunakan tombol flush. Semburan air disebutkan dapat membuat virus dalam feses seseorang yang terinfeksi ‘terangkat’ ke udara.

Tim peneliti dari Universitas Wuhan mengambil sampel untuk studi penularan virus dari 30 lokasi fasilitas umum di perkotaan. Hasil analisisnya mengungkapkan sebagian besar area publik terdapat partikel virus.

Tetapi, hasil yang didapatkan dari toilet umum justru cukup mengejutkan. Pasalnya, tingkat partikel virus di udara jauh lebih tinggi di toilet umum, dan bisa dipengaruhi banyak faktor.

“Airborne virus SARS-CoV-2 bisa saja berasal dari napas pasien. Atau bisa dari aerosol yang sarat virus, seperti dari kotoran atau urine pasien terinfeksi selama menggunakan toilet,” jelas para peneliti dalam laporannya yang dikutip dari Detik.com.

Dilansir dari Hellosehat.com, saat orang yang positif Covid-19 buang air besar, virus dari fesesnya akan bercampur dengan air toilet. Model prediksi menunjukkan jika pasien positif menyiram toilet tanpa ditutup, ia berpotensi melepaskan percikan air yang mengandung virus ke udara.

Air dalam toilet membentuk pusaran saat disiram. Ketika terjadi pusaran, air akan saling beradu dan menghasilkan percikan air yang sangat halus (aerosol). Aerosol bisa saja mengandung coronavirus, lalu terhirup atau menempel pada benda-benda sekitar.

Seperti halnya kabut, aerosol dapat melayang berjam-jam di udara karena ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan percikan air biasa. Aerosol dari toilet yang disiram juga bisa mencapai ketinggian satu meter, bahkan lebih pada jenis toilet tertentu.

Risiko penularan Covid-19 lewat aerosol toilet memang sangat kecil, tapi bukan berarti toilet umum adalah tempat yang aman. Aerosol yang mengandung coronavirus tetap dapat menempel pada dudukan toilet, kran, gagang pintu, dan lain-lain.

Nah berdasarkan studi tersebut, berikut tips menghindari penularan virus corona dilansir Suara.com dan berbagai sumber.

Khasiat Black Sapote, Buah Langka yang Punya Rasa Puding Cokelat

1. Tutup kloset saat menyiramnya

Cara paling efektif untuk mencegah penyebaran aerosol yakni dengan menutup kloset saat menyiramnya. Kendalanya adalah, masih banyak kloset yang tidak dilengkapi dengan penutup.

Toilet di Amerika Serikat sering kali tidak memiliki tutup kloset. Sementara di Indonesia, sebagian besar toilet umum menggunakan kloset jongkok yang juga tidak dilengkapi penutup. Baik aerosol maupun percikan air bisa menempel ke setiap sudut toilet.

2. Gunakan tisu untuk mematikan atau menyalakan keran.

Hal ini dapat meminimalisir penularan karena partikel virus yang menempel pada permukaan keran tidak langsung mengenai tangan

3. Cuci Tangan

Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik setiap selesai menggunakan toilet. Atau sebaiknya selalu membawa hand sanitizer atau tisu pembersih khusus

4. Jangan Sentuh Benda

Sebisa mungkin hindari menyentuh permukaan benda ataupun barang yang ada di toilet.

5. Jangan Sentuh Muka

Sebaiknya Anda tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut sebeum mencuci tangan

6. Gunakan Hand dryers

Untuk mengeringkan tangan, ada baiknya hindari penggunaan hand dryers. Hal ini mengingat udara yang dikeluarkan dari hand dryers justru terbukti membuat bakteri semakin tersebar luas. Lebih baik gunakan handuk kering ataupun tisu.

8. Menjaga jarak dari orang lain saat mengantre toilet.

Hasil penelitian memang menunjukkan bahwa SARS-CoV-2 dapat menyebar melalui aerosol toilet. Akan tetapi, Anda tidak perlu panik karena risikonya sangat kecil.

Anda tetap bisa memakai toilet umum dengan aman selama mengikuti langkah-langkah pencegahan. Namun Idealnya, gunakanlah kamar mandi pribadi di rumah sebelum berpergian yah!

Ditulis oleh : Kristina Wulandari

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.