Khasiat Black Sapote, Buah Langka yang Punya Rasa Puding Cokelat

Keberadaan black sapote atau sawo hitam buah unik dengan banyak manfaat ini di Indonesia terbilang cukup sulit ditemui di pasaran.

JEDA.ID – Keberadaan black sapote atau sawo hitam buah unik dengan banyak manfaat ini di Indonesia terbilang cukup sulit ditemui di pasaran.

Walaupun ada biasanya dijual dengan harga yang cukup mahal dibanding bibit tanaman lainnya. Penyebabnya, buah asal Meksiko yang memiliki cita rasa mirip puding cokelat ini belum ditanam secara massal.

Black sapote memiliki nama ilmiah Diospyros Dygina yang berasal dari Meksiko Timur, Amerika Tengah dan Colombia. Nama black sapote pasti belum terdengar familiar di telinga sebagian masyarakat, padahal manfaat buah yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai ‘sawo hitam’ ini tidak kalah jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya.

Black sapote adalah buah dengan cita rasa yang mirip seperti puding cokelat. Buah yang dagingnya berwarna hitam ini sejatinya termasuk ke dalam keluarga beri-berian. Sama seperti buah pada umumnya, black sapote atau sawo hitam juga membawa sejumlah manfaat bagi tubuh.

Secara umum, black sapote terlihat seperti buah tomat dari kemasan luar dengan warna hijau tua. Namun ketika dibelah, daging buah ini berwarna cokelat dan rasanya manis namun ringan. Karena masih langka, harga di pasaran black sapote per buah mencapai Rp150.000, dan untuk satu kilogram buah ini mencapai Rp300.000.

Buah langka ini disebabkan oleh kebanyakan petani yang saat ini hanya menanam black sapote di dalam pot. Minimnya bibit pohon, permodalan, hingga lahan menjadi kendala pembudidayaan tanaman buah ini. Alhasil harga black sapote saat ini masih tergolong tinggi.

Lantas, apa sajakah kandungan dan manfaat black sapote tersebut? Dilansir dari doktersehat.com, khasiat sawo hitam tak lepas dari kandungan sejumlah zat di dalamnya, yaitu: Vitamin A, Vitamin C, Kalsium, Potasium, Zat Besi.

Melihat  kandungannya, berikut  manfaat buah black sapote bagi tubuh seperti dilansir dari berbagai sumber.

Kisah Gli, Kucing Penghuni Hagia Sophia Kesayangan Wisatawan

1. Membantu Pembentukan Otot

Anda yang kini sedang dalam program pembentukan otot tentu sangat disarankan untuk memasukkan buah sawo hitam ke dalam daftar menu sehat sehari-hari. Kemampuan buah black sapote dalam membantu pembentukan massa otot dikarenakan adanya kandungan mineral berupa potasium di dalamnya. Sebagaimana diketahui, potasium adalah salah satu zat yang berperan penting dalam membentuk dan menambah massa otot.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata dan mencegah organ penglihatan ini dari sejumlah gangguan seperti rabun senja menjadi manfaat buah sawo hitam selanjutnya yang perlu Anda ketahui. Adanya kandungan vitamin A menjadi alasan buah ini efektif dalam merawat kesehatan mata. Sebagaimana diketahui, vitamin A adalah vitamin yang identik dengan mata.

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Membentuk dan menjaga kesehatan serta kekuatan tulang juga masuk dalam daftar manfaat buah ini. Adanya khasiat black sapote yang satu ini dikarenakan buah tersebut juga mengandung kalsium. Mineral yang satu ini memang fungsi utamanya adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Mengonsumsi buah ini sangat dianjurkan, terutama untuk wanita yang sudah memasuki periode menopause. Pasalnya pada periode ini, massa tulang akan mengalami penurunan. Jika dibiarkan, ancaman osteoporosis mengintai. Sebelum hal itu terjadi, konsumsilah buah sawo hitam bersama dengan makanan dan suplemen lainnya secara rutin.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah black sapote adalah salah satu suplemen alami yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat sawo hitam yang satu ini lagi-lagi dikarenakan adanya kandungan vitamin A.
Menurut penelitian, vitamin A memiliki peran dalam membantu mengoptimalkan produksi sel darah putih. Sel darah putih sendiri merupakan ‘garda terdepan’ tubuh dalam menangkal serangan bakteri, virus, maupun mikroorganisme jahat lainnya yang hendak menyerang dan menimbulkan penyakit.

5. Meminimalisasi Risiko Kanker

Sawo hitam sudah selayaknya masuk di dalam daftar menu sehat sehari-hari Anda sebagai salah satu upaya untuk mencegah atau setidaknya meminimalisir penyakit kanker. Manfaat black sapote untuk mencegah kanker ini dihasilkan oleh kandungan vitamin C.

Vitamin C merupakan vitamin yang memiliki sifat antioksidan. Antioksidan berfungsi untuk merawat kesehatan sel tubuh dan membantu menangkal serangan radikal bebas yang menjadi penyebab utama penyakit kanker.

Awas Tertipu! Pahami Perbedaan Hp Ilegal, Replika, Rekondisi, dan Refurbished

6. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Hal ini dimungkinkan karena pada black sapote terdapat kandungan mineral berupa potasium.
Salah satu fungsi dari potasium adalah untuk menjaga agar tekanan darah tetap berada pada angka yang normal. Jadi, rajin-rajinlah makan buah sawo hitam jika tidak ingin tekanan darah Anda naik yang mana hal ini bisa membahayakan diri sendiri.

7. Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Hal ini lagi-lagi dikarenakan adanya kandungan vitamin C pada buah. Selain untuk mencegah penyakit kanker, vitamin C juga memiliki peran penting dalam mencegah penyakit kardiovaskular yakni jantung. Vitamin C bekerja dengan cara menurunkan kadar lemak LDL alias kolesterol ‘jahat’. Sebagaimana diketahui, tingginya kadar kolesterol menjadi salah satu penyebab utama dari penyakit jantung.

8. Sumber Energi

Pada setiap 100 gram buah black sapote, terdapat setidaknya 80 kalori yang mana hal ini dihasilkan oleh karbohidrat. Hal tersebut lantas menghasilkan manfaat black sapote sebagai sumber energi bagi tubuh.

9. Membantu Produksi Sel Darah Merah

Manfaat buah sawo hitam yang terakhir adalah membantu produksi sel darah merah. Ini tak lepas dari adanya kandungan zat besi di dalam buah tersebut.

Oleh sebab itu, buah ini juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil dikarenakan kebutuhan akan darah pada masa kehamilan mengalami peningkatan. Kekurangan darah dapat membahayakan ibu dan juga janin yang dikandungnya.

Ditulis oleh : Kristina Wulandari

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.