Kisah Gli, Kucing Penghuni Hagia Sophia Kesayangan Wisatawan

Di tengah pro kontra perubahan fungsi bangunan bersejarah, Hagia Sophia dari museum menjadi masjid, ada kisah menarik tentang Gli

JEDA.ID-– Di tengah pro kontra perubahan fungsi bangunan bersejarah, Hagia Sophia dari museum menjadi masjid, ada kisah menarik tentang Gli. Ya, Gli adalah salah satu kucing terkenal di dunia dengan ribuan pengikut di Instagram, hampir sama terkenal dengan rumahnya, Hagia Sophia di Istanbul, Turki.

Pergantian status Hagia Sophia dari museum menjadi masjid membuat orang-orang Turki bertanya-tanya apakah Gli harus pindah.

Kucing belang dengan mata hijau ini jadi favorit pengunjung, termasuk mantan Presiden AS Barack Obama, yang tertangkap sedang mengelusnya ketika berkunjung ke sana pada 2009.

Untunglah, otoritas setempat memastikan Hagia Sophia bisa tetap jadi rumah Gli.

Ibrahim Kalin, juru bicara Presiden Tayyip Erdogan, mengatakan kepada bahwa Gli, juga kucing-kucing lain di daerah tersebut, akan tetap tinggal di situ.

“Kucing ini telah jadi terkenal, dan masih banyak kucing lain yang belum seterkenal itu. Kucing tersebut tetap akan berada di sini, dan semua kucing disambut ke dalam masjid kami,” katanya seperti dilansir Antaranews dari sebuah media online.

Dear Ortu, Simak Nih Tips Menjaga Kesehatan Mental Anak dari Duta Unicef Indonesia

Kesayangan Wisatawan

Itu kabar baik bagi Umut Bahceci, pemandu wisata yang mulai membuat akun Instagram untuk Gli empat tahun lalu yang kini punya lebih dari 50.000 pengikut. Akun itu dipenuhi foto kucing, sebagian ditandai oleh turis yang bertemu Gli.

“Aku mulai menyadari keberadaan Gli setiap kali pergi [ke Hagia Sophia] karena Gli berpose di hadapan orang-orang seperti model,” katanya kepada media online tersebut.

“Aku dapat pesan seperti, ‘Gli, kami akan ke Istanbul untuk bertemu denganmu.’ Rasanya menyenangkan.”

Melansir dari Hindustan Times, Sabtu (25/7/2020), Gli, seekor kucing abu-abu dengan mata hijau ini telah menghuni di gedung bersejarah tersebut selama 17 tahun.

Hewan satu ini pun kini paling dicari para pengunjung Hagia Sophia. Banyak dari pengunjung bahkan mengabadikan momen ketika bertemu dengan Gli.

Gli memiliki ribuan pengikut di Instagram, bahkan menyertakan mantan presiden AS, Barack Obama, sebagai penggemar. Hal itu yang membuat Gli hampir setenar rumahnya, Hagia Sophia

Hagia Sophia adalah katedral selama 900 tahun sebelum direbut Ottoman dan berfungsi sebagai masjid hingga 1934.

Pada 10 Juli 2020, pengadilan Turki membatalkan dekrit Kabinet 1934 yang mengubah Hagia Sophia menjadi museum, membuka jalan untuk digunakan kembali sebagai masjid setelah jeda 86 tahun.

Negara-Negara dengan Biaya Internet Paling Mahal di Dunia

Salat Jumat Pertama

Seperti dilansir Liputan6.com, pada Jumat (24/7/2020) lalu digelar Salat Jumat pertama dilakukan setelah Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menyatakan bahwa bangunan bersejarah bagi umat Kristen dan Muslim di negara tersebut kembali menjadi masjid setelah hampir 1.500 tahun.

Karpet digelar di dalam Hagia Sophia, sebelum salat Jumat pertama dalam sejarah modern Turki. Karpet bernuansa warna hijau tersebut memiliki termasuk motif Ottoman abad ke-17.

Pihak berwenang juga mengatakan bahwa gambar tokoh Kristen lain yang terdapat di Hagia Sophia tidak menimbulkan masalah bagi para jemaah, karena mereka tidak berada di arah kiblat.

Keputusannya, lukisan-lukisan Kristen dan mozaik yang menghiasi kubah besar juga aula tengah Hagia Sophia akan dittutup sementara oleh tirai, selama ibadah salat Jumat, dan akan tetap dipajang meskipun fungsi bangunan diubah.

Harta arsitektur, yang merupakan salah satu tujuan wisata utama Turki, juga akan terbuka bagi wisatawan domestik dan asing secara gratis.

Presiden Erdogan mengatakan masjid itu akan tetap “terbuka untuk semua, penduduk setempat dan orang asing, baik Muslim dan non-Muslim”

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.