• Mon, 3 October 2022

Breaking News :

Terjerat Toxic Relationship? Kenali Ciri-cirinya

Tanpa disadari kita seering terjebak dalam toxic relationship. Toxic relationship bisa kita temui dalam hubungan asmara, pertemanan dan keluarga.

JEDA.ID-Tanpa disadari kita sering terjebak dalam toxic relationship. Namun demi alasan tertentu, kita tetap bertahan dalam toxic relationship atau hubungan tidak sehat itu.

Apakah kamu terjerat dalam toxic relationship? Apa itu toxic relationship? Toxic relationship adalah suatu hubungan yang sudah tidak sehat lagi. Toxic relantionship bisa terjadi dalam hubungan asmara, pertemanan, atau bahkan bisa terjadi dalam keluarga.

Toxic relationship ini memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan fisik maupun mental seseorang yang mengalaminya. Siapa sih yang ingin memiliki hubungannya tidak sehat?

Keputusan Kementan soal Ganja Jadi Tanaman Obat Dicabut, Ini Faktanya

Dalam sebuah hubungan tentunya semua mengaharapkan sebuah keharmonisan di dalamnya. Tidak ada yang ingin dirugikan ataupun dimanfaatkan satu sama lain, semua ingin sama-sama bahagia dan berjuang.

Nah, untuk itu perlu kamu pahami ciri-ciri toxic relantionship atau hubungan yang tidak sehat, agar dapat dijadikan sebuah intropeksi diri dan memperbaiki hubungan. Tips asmara kali ini membahas soal hubungan tidak sehat.

Berikut ciri-ciri seseorang yang terjerat dalam toxic relantionship dirangkum dari alodokter.com , Jumat (28/8/2020).

1. Tidak pernah merasa cukup

Hubungan yang harmonis didalamnya penuh dengan berbagi kasih, saling mendukung, mengayomi, menghormati dan menerima satu sama lain. Hal ini berbeda kondisinya dengan seseorang yang terjerat dalam toxic relationship.

Bukan Gaib, Ini Cara Mudah Melipatgandakan Uang

Seseorang yang terjebak dalam hubungan ini, akan selalu merasa tidak pernah cukup. Contohnya, merasa tidak sebanding dengan pasangan, tidak cukup baik, tidak cukup pintar, merasa minder jika sedang bersama pasangan.

2. Susah menjadi diri sendiri

Seseorang yang terjerat dalam sebuah toxic relationship ini susah untuk menjadi diri sendiri. Karena dia selalu berusaha mati-matian untuk menjadi apa yang pasangan inginkan. Contohnya, jika kamu bukan tipe orang yang romantis, namun pasanganmu selalu memaksamu untuk menjadi romantis seperti apa yang dia inginkan.

Dalam hubungan ini kamu akan selalu merasa harus memerhatikan pasanganmu dan selalu membahagiakannya, namun dia belum pasti akan melakukan hal yang sama kepadamu.

3. Direndahkan

Dalam toxic relantionship salah satu cirinya adalah selalu direndahkan oleh pasangan. Seseorang yang selalu merendahkan atau mengomentari tentang segala hal terhadap pasangannya, akan membuat pasanganya tersebut merasa enggan untuk berpendapat atau menyampaikan sesuatu karena takut diremehkan dan menghadapi reaksi negatif darinya.

4. Selalu dicemburui tanpa alasan

Banyak orang yang bilang, jika cemburu adalah tanda cinta. Namun, apakah cemburu yang berlebihan dan tanpa alasan juga demikian? Dalam toxic relationship ini, salah satu dari pasangan menunjukkan sikap cemburunya terlalu berlebihan bahkan tidak masuk akal.

Jika ini dibiarkan secara terus-menerus, biasanya akan berujung dengan mengekang atau memaksa pasangannya dan meminta untuk terus menuruti apa yang diucapkan dengan dalih karena cemburu adalah tanda sayang.

5. Tidak mendapat dukungan

Ciri-ciri hubungan tidak sehat selanjutnya ialah jika pasangan merasa selalu tidak didukung. Contohnya, jika kamu sedang melakukan kegiatan atau memiliki cita-cita yang selalu kamu perjuangkan, namun pasanganmu tidak pernah memberikan apresiasi dukungan atau semangat kepadamu.

5 Posisi Tidur Ini Ungkap Hubungan dengan Pasangan, Cek Yuk

Menurut Gregory Kushnick, seorang psikolog asal Amerika Serikat, ‘Perkembangan diri dan keinginan pribadi untuk belajar sering dijadikan objek kecemburuan oleh pasangan karena dipandang sebagai ancaman. Ia tidak mau dan tidak rela memiliki pasangan yang lebih baik darinya.

Jika kamu menyadari ciri-ciri  ini ada pada hubungan asmaramu, diskusikan baik-baik dengannya dan cari solusi atau jalan keluar. Sikapilah dengan dewasa dan saling intropeksi diri antara kamu dan pasanganmu jika masih memiliki rasa sayang dan selalu ingin memiliki.

Ditulis oleh : Fatihah

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.