• Tue, 31 January 2023

Breaking News :

Tak Perlu Terus Diratapi, Jerawat Bisa Dibasmi dengan Cara Alami

Jerawat yang timbul di wajah kita bisa memengaruhi tingkat kepercayaan diri. Jerawat bisa dihilangkan menggunakan bahan alami.

JEDA.ID – Geram sekali rasanya ketika melihat ada jerawat yang timbul di wajah kita padahal mungkin sudah diberi obat. Seketika tingkat kepercayaan diri menjadi menurun akibat masalah kulit ini yang mengganggu. Tak jarang orang menjadi stres dan melakukan berbagai cara untuk menghilangkan jerawat. Namun, sebelum Anda mengetahui apa saja cara untuk menghilangkannya, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab munculnya masalah kulit ini.

– Perubahan hormon

– Masa pubertas, haid

– Perawatan kulit yang salah

– Malas mencuci muka atau justru terlalu sering mencuci muka

– Faktor genetik

– Penggunaan kosmetik yang salah

– Efek penggunaan obat-obatan tertentu

– Stres

– Paparan debu dan polusi

– Konsumsi gorengan berlebih

Tak perlu pergi ke klinik kecantikan untuk membuat wajah Anda bersih bebas dari jerawat, cukup dengan memanfaatkan beberapa bahan alami, jerawat Anda bisa sirna. Namun, tentunya tetap diimbangi dengan pola makan yang benar serta menjaga kebersihan kulit wajah. Berikut beberapa cara atasi jerawat menggunakan bahan alami dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (11/3/2020).

Mengenal Lucid Dream, Mimpi yang Bisa Dikendalikan

1. Es batu

Siapa sangka jika es batu mampu membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Caranya, bungkus es batu dengan kain bersih, tempelkan pada kulit yang berjerawat selama satu menit. Cara ini akan mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat Anda.

2. Putih Telur

Putih telur bukan hanya membantu mengurangi peradangan pada jerawat, kandungan enzim lysonzim pada putih telur dapat mengencangkan kulit dan mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit.

Anda dapat memanfaatkan putih telur sebagai masker jerawat, oleskan putih telur pada area wajah yang berjerawat, diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

3. Madu

Madu seringkali digunakan sebagai bahan untuk perawatan kulit secara alami. Kandungan yang dimiliki madu mampu membantu mengatasi jerawat. Caranya dengan menggunakan madu sebagai masker alami wajah Anda.

Campurkan 3 sendok makan madu dengan satu sendok makan kayu manis. Lalu masukkan ke dalam microwave selama 30 detik dan diamkan sebentar. Setelah tidak terlalu panas, oleskan masker pada wajah secara merata. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih.

4. Mentimun

Masker mentimum umumnya digunakan untuk mengatasi mata bengkak, selain itu menggunakan mentimun pada area wajah yang berjerawat juga dinilai efektif membantu mengurangi pembengkakan, peradangan pada jerawat, dan memberikan efek dingin pada kulit wajah. Untuk hasil yang lebih baik, Anda cukup gunakan masker mentimun pada kulit berjerawat secara teratur.

5. Lidah Buaya

Lidah Buaya merupakan salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk mengatasi masalah pada wajah, termasuk mengatasi masalah kulit ini. Polifenol yang terkandung dalam lidah buaya ini mampu menghilangkan masalah ini secara menyeluruh apabila digunakan secara teratur.

Caranya, Anda bisa mengambil gel yang terdapat di dalam lidah buaya, kemudian gunakan seperti masker. Diamkan selama 20-30 menit setelah itu bilas wajah dengan air bersih.

6. Bawang Putih

Zat sulfur yang terdapat pada bumbu dapur ini dipercaya mampu menghilangkan jerawat dengan cepat. Potong 1 siung bawang putih menjadi beberapa bagian. Setelah itu tempelkan pada jerawat atau bekas jerawat. Tunggu sampai 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

Waspada, Benda-Benda di Sekitar Kita Ini Bisa Jadi Sarang Kuman

7. Air Lemon

Lemon mengandung asam askorbat yang berfungsi ampuh untuk menghilangkan jerawat sekaligus noda bekas jerawat. Untuk mengaplikasikan pada kulit wajah, caranya peras 1 buah lemon, kemudian oleskan airnya pada area wajah yang berjerawat. Tunggu 10 hingga 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

8. Tomat

Tingginya vitamin A dan C dalam tomat ternyata dapat membantu menghilangkan jerawat secara alami. Potonglah satu buah tomat menjadi 2 bagian. Lalu, oleskan secara merata ke wajah. Tunggu selama 20-30 menit kemudian bersihkan dengan air.

9. Alpukat

Alpukat juga merupakan buah bisa digunakan sebagai masker kulit untuk menghilangkan jerawat secara alami. Kandungan vitamin E pada buah ini mampu membuat kulit menjadi lembut dan mampu mengurangi peradangan pada kulit berjerawat.
Caranya haluskan daging buah alpukat hingga membentuk masker, lalu tambahkan 1 sendok madu. Oleskan pada wajah secara merata kemudiab diamkan selama 20-30 menit kemudian bilas dengan air bersih. (Bunga Oktavia)

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.