Tak Perlu Mahal, Ini Sederet Masker Pencerah Kulit dari Bahan Alami

Untuk mendapatkan kulit cerah dan awet muda, salah satunya dengan penggunaan masker wajah yang terbuat dari bahan-bahan alami. 

JEDA.ID – Untuk mendapatkan kulit cerah dan awet muda, salah satunya dengan penggunaan masker wajah yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Memiliki kulit wajah yang cerah dan mulus menjadi dambaan tiap orang. Berbagai macam perawatan kulit rela dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Salah satunya dengan penggunaan masker wajah yang bertujuan untuk mencerahkan kulit dari bahan-bahan alami. Selain mudah ditemukan, harganya pun relatif terjangkau.

Kulit wajah yang terlihat kusam seringkali membuat rasa percaya diri menurun. Alhasil tak sedikit orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk kecantikan yang belum tentu aman. Padahal ada beberapa bahan alami yang terbukti khasiatnya untuk mencerahkan kulit. Berikut ini beberapa diantaranya seperti dilansir dari Stylecraze.com, Rabu (24/6/2020):

Jangan Dipencet, Ini Cara Ampuh Menghilangkan Komedo Membandel

Lemon

Kandungan anti-oksidan, vitamin C dan asam alpha hidroksi dalam buah lemon mampu menangkal radikal bebas yang ada di dalam kulit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, masukan perasan lemon kedalam mangkuk. Lalu oleskan menggunkan kapas ke permukaan wajah dan leher Anda. Biarkan selama 15 menit lalu bilas. Wajah akan segar dan merona karena lemon merupakan alat bleaching yang alami.

Madu

Madu mengandung asam alfa-hidroksi dan senyawa bioaktif lainnya yang membantu mengurangi efek pigmentasi berlebihan pada kulit Anda. Sehingga dipercaya mampu mengurangi munculnya bintik hitam. Caranya ambil satu sendok madu dan perasan lemon. Lalu oleskan secara merata pada area wajah atau kulit yang kusam. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih. Ulangi dua kali dalam sepekan untuk hasil yang maksimal.

Lidah Buaya

Kandungan senyawa aloin pada lidah buaya memiliki efek samping untuk menghambat sintesis melanin. Ini dapat membantu meringankan warna kulit dan memberikan cahaya alami pada wajah Anda. Itulah mengapa banyak jenis produk pencerah wajah yang memasukkan lidah buaya dalam komposisinya. Selain itu, lidah buaya juga mampu menjaga kesehatan dan keindahan rambut.

Untuk mendapatkan khasiatnya, ambil ekstrak atau gel lidah buaya dan satu sendok teh gula merah. Oleskan pada kulit wajah secara merata, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air sampai bersih. Lakukan secara rutin agar kulit wajah berangsur-angsur cerah.

Yogurt

Selain dikonsumsi, yogurt juga bisa dibuat masker wajah. Ini karena senyawa yang terkandung di dalamnya efektif mengurangi bintik-bintik gelap dan tanda-tanda pigmentasi kulit yang berlebihan. Siapkan setengah cangkir yogurt dan dua sendok teh madu. Campur kedua bahan tersebut dan oleskan secara merata pada bagian yang diinginkan. Biarkan mengering atau sekitar 20 menit sebelum membilasnya dengan air.

Mentimun

Mentimun kaya akan cucurbitacin D yang dipercaya mampu mengurangi sintesis melanin dan menghambat pigmentasi kulit. Selain itu, timun juga penting untuk menjaga kesegaran wajah agar tidak terlihat kusam dan menghilangkan lingkar mata. Untuk memperoleh khasiatnya iris timun dan blender sampai menjadi pasta.

Ambil secukupnya dan masukan gel lidah buaya. Oleskan campuran pasta tersebut ke area wajah dan leher. Biarkan selam 15-20 lalu cuci dengan air. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini sekali dalam sepekan.

Kunyit

Kunyit terkenal dengan senyawa kurkumin yang efektif mencegah munculnya tanda-tanda penuan, seperti noda dan bitnik-bintik hitam. Selain meremajakan kulit, kunyit juga dapat mencerahkan kulit Anda. Caranya, buatlah campuran pasta dari bahan parutan kunyit, madu dan yogurt lalu oleskan pada wajah dan biarkan mengering. Kalau sudah, bilas wajah Anda secara menyeluruh dengan air hangat. Ulangi cara ini sekali dalam sepekan.

Berkarisma hingga Manly, Ini Standar Ketampanan di Beberapa Negara

Pepaya

Selain enak dimakan, buah papaya dikenal mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Serta mengurangi tampilan bekas luka dan cacat. Ambil buah papaya secukupnya dan hancurkan sampai menjadi bubur. Tambahkan beberapa tetes perasan lemon kedalamnya. Aplikasikan di wajah dan diamkan selam 10 hingga 15 menit. Bilaslah wajah dengan air mengalir dan keringkan hingga bersih. Lakukan kebiasaan ini dua kali dalam sepekan.

Kulit jeruk

Kandungan tanin, antioksidan, dan polifenol dalam kulit jeruk bisa dijadikan obat yang efektif untuk mencerahkan warna kulit wajah. Senyawa-senyawa ini dapat menghilangkan kulit kusam dan memberikan cahaya alami.

Campurkan setengah sendok teh parutan atau bubuk kunyit dan kulit jeruk pada mangkuk. Tambahkan satu sendok teh madu dan oleskan pada kulit bermasalah Anda. biarkan pasta wajah tersebut mengering dan bilas dengan air hingga bersih. Ulangi penggunaan masker wajah ini dua kali dalam sepekan.

Kentang

Kentang kaya akan fitokimia, seperti kalium, belerang, dan klorida. Ini dapat membantu meringankan bekas luka dan noda jerawat, sehingga mampu membuat kulit jernih dan cerah merata. Caranya campurkan dua hingga tiga sendok makan jus kentang dengan perasan lemon. Aplikasikan pada wajah dengan menggunakan kapas. Biarkan selama 10 menit lalu cuci wajah Anda hingga bersih.

Ditulis oleh : Ria Sari Febrianti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.