Jangan Dipencet, Ini Cara Ampuh Menghilangkan Komedo Membandel

Selain kulit kusam dan berjerawat, komedo juga menjadi masalah yang sering membuat orang jengkel. Walaupun sudah dibersihkan, komedo akan muncul kembali.

JEDA.ID – Kadang kita merasa kesal karena susah menghilangkan komedo di wajah, terutama di sekitar hidung.

Selain kulit kusam dan berjerawat, komedo juga menjadi masalah yang sering membuat orang jengkel. Betapa tidak, walaupun sudah dibersihkan, komedo akan muncul kembali. Meski sepele, namun kalau tidak dengan metode yang tepat bekas komedo akan menghitam dan menurunkan rasa percaya diri.

Cara yang paling salah kaprah tapi malah dianggap umum adalah dengan menekan komedo. Padahal teknik tersebut dapat menyebabkan lubang pori-pori semakin besar. Kotoran jadi lebih mudah terperangkap dan terkumpul di dalamnya. Alhasil komedo lebih cepat kembali dibandingkan sebelumnya.

Nah sebelum membahas tentang cara yang tepat untuk menghilangkan komedo, berikut ini pengertian dan faktor yang menyebabkan munculnya komedo:

Berkarisma hingga Manly, Ini Standar Ketampanan di Beberapa Negara

Pengertian

Komedo merupakan benjolan atau papula kecil yang ada di permukaan kulit. Melansir Liputan 6, Kamis (25/6/2020) komedo termasuk dalam jenis jerawat namun ringan. Tidak hanya di hidung atau area wajah saja, komedo juga terdapat di leher, dada, bahu, punggung, dan lengan. Komedo muncul karena sel kulit mati dan minyak yang terkumpul pada ujung folikel rambut.
Jenis Komedo

Umumnya komedo dibagi menjadi dua, yakni hitam dan putih. Komedo hitam bersifat terbuka yang ditandai dengan membesarnya folikel rambut dan ditutup oleh sekumpulan kotoran kulit serta sebum. Komedo ini biasanya terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Sedangkan komedo putih cenderung tidak terlihat namun dapat ditemukan dengan menekan pori-pori wajah.

Faktor-faktor Munculnya Komedo

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan munculnya komedo seperti kulit yang terlalu kering, penggunaan produk kecantikan dengan bahan kimia yang berbahaya, perubahan hormon sehingga produksi minyak bertambah, serta berkembangnya bakteri propionic bacterium acnes pada permukaan kulit secara tidak terkendali.

Cara Membersihkan Komedo

Komedo hitam sering dianggap paling mengganggu penampilan karena terlihat sangat jelas. Alhasil ada berbagai macam cara untuk menghilangkan komedo dari yang murah hingga mahal. Untuk menghilangkan komedo secara permanen memang sulit dilakukan.

Namun kalau rutin dan rajin melakukan perawatan membersihkan kulit wajah setiap hari, ini dapat mencegah timbulnya komedo. Nah berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan komedo seperti dilansir dari Femina.in:

Menggunakan Krim Tertentu

Kulit kering menjadi salah satu faktor munculnya komedo. Melembabkan kulit dengan krim atau pelembab yang tepat menjadi salah satu solusinya. Asam salisilat adalah pilihan yang bagus untuk melarutkan komedo dan dapat ditemukan dalam produk kulit yang tersedia di pasaran.

Krim kulit retinoid juga merupakan krim wajah yang berguna untuk menghilangkan komedo. Namun perlu diwaspadai dalam memilih krim wajah tersebut. Karena sekarang banyak ditemukan krim wajah yang abal-abal. Pastikan krim tersebut sudah memiliki sertifikat izin edar yang membuktikan kandungannya aman untuk kulit.

Peeling

Peeling atau metode yang dilakukan untuk mengangkat atau menghilangkan sel kulit mati juga bisa Anda coba. Gunakan lulur mandi atau scrub alami yang cocok dengan jenis kulit untuk Anda. Lakukan pemijatan-pemijatan ringan pada area yang dipenuhi komedo, kalau perlu tekan sesekali kulit wajah agar sebum-sebum tersebut keluar. Setidaknya lakukan peeling sekali dalam sepekan.

Pilih Produk yang Tepat

Kalau Anda cenderung memiliki kulit yang berjerawat dan rawan komedo, coba pertimbangkan kembali produk perawatan kulit Anda. Beli produk non-komedogenik yang diformulasikan khusus agar tidak menyumbat pori-pori.

Sejumlah Penemuan yang Diklaim sebagai Alien, Benarkah Mereka Ada?

Jaga Kebersihan Kulit Setiap Saat

Setiap kali keluar rumah, kulit Anda akan menyerap kotoran dan debu di jalanan. Kalau tidak dibersihkan dengan benar, ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga meningkatkan kemungkinan terjadinya komedo.

Tidak membersihkan riasan dengan tepat juga memiliki efek yang sama. Walaupun sudah lelah atau mengantuk setidaknya selalu ingat untuk menghapus makeup dan mencuci wajah Anda sebelum tidur.

Gunakan Sarung Bantal yang Bersih

Selain membersihkan wajah, rutin mengganti sarung bantal juga dapat mencegah munculnya komedo. Ini karena di tempat tidur, minyak dan kotoran dari wajah Anda akan ditransfer ke sarung bantal dan sprei. Tidak mencuci secara teratur sarung bantal dapat menyebabkan penumpukan kotoran yang dapat dialihkan ke wajah Anda. Alhasil berbagai kotoran tersebut akan menyumbat pori-pori dan memunculkan komedo.

Menggunakan Bahan Alami

Selain cara di atas, komedo juga dapat diminimalkan bahkan dihilangkan dengan menggunakan beberapa bahan alami. Berikut di antaranya:

Baking Soda

Buat pasta menggunakan campuran soda kue dan air. Oleskan pada area yang berkomedo. Gunakan jari-jari Anda untuk menggosok kulit dengan lembut selama beberapa menit dan kemudian bersihkan dengan air. Lakukan cara ini dua kali dalam sepekan.

Madu, Lemon, dan Garam

Campurkan madu, perasan lemon, dan garam secukupnya. Oleskan pada kulit yang berkomedo. Setelah lima menit, gosok perlahan dengan gerakan melingkar. Kemudian cuci bersih dengan air hangat. Kalau ingin hasil yang masksimal, lakukan metode ini tiga kali dalam sepekan.

Ditulis oleh : Ria Sari Febrianti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.