Suka Pakai Wifi Gratis? Perhatikan 5 Hal ini Agar Terlindungi 

Hampir semua tempat makan atau kafe di kota-kota besar saat ini menyediakan fasilitas wifi gratis bagi pengunjungnya. Namun sebaiknya Anda hati-hati saat memanfaatkan fasiitas wifi gratis.

JEDA.ID — Hampir semua tempat makan atau kafe di kota-kota besar saat ini menyediakan fasilitas wifi gratis bagi pengunjungnya. Aktivitas di kafe-kafe saat ini tak sekadar makan, minunm, hang out atau meeting, tapi juga kerap dijadikan tempat bekerja atau menghabiskan waktu mendapatkan akses Internet.

Bahkan, tidak jarang yang dengan sengaja mengunjungi suatu tempat karena tersedia wifi gratis.

“Kak ada wifi? Passwordnya apa?” Begitu pertanyaan yang umumnya dilontarkan oleh para pengunjung kafe untuk dapat menikmati fasilitas wifi.

Dapat mengakses wifi grtais memang menyenangkan dan menguntungkan, tentunya. Tapi ada bahaya yang mengincar di balik penggunaan wifi di tempat umum.

Serangan siber diprediksi dapat terjadi melalui akses Internet nirkabel seperti wifi di tempat-tempat umum. Oleh karena itu, kita pun harus hati-hati saat memanfaatkan akses wifi, terutama jika tidak diketahui pihak mana yang menyediakannya.

Ini lima hal yang penting yang harus kalian perhatikan saat memakai wifi gratis, seperti dirangkum dari beberapa sumber, Senin (10/8/2020).

Sudah Ada Sejak 10.000 SM, Ini Fakta dan Efek Tato bagi Tubuh

1. Perhatikan warna aman

Hal ini perlu untuk diperhatikan, bila ingin memastikan keamanan jaringan saat menggunakan wifi di tempat umum,  lihat dulu warna jaringan. Ketika membuka browser seperti misalnya Google Chrome biasanya ia akan menunjuk pada simbol gembok yang dapat berubah warna seiring kondisi keamanan jaringan. Warna yang aman adalah warna hijau, sedangkan warna merah, maka jangan coba-coba melakukan transaksi apapun. Arti warna merah tersebut yakni jaringan yang kalian gunakan sedang di-tapping.

2. Hindari melakukan transaksi online

Transaksi online seperti mobile banking atau belanja di e-commerce bisa berisiko saat kamu menggunakan koneksi internet dari wifi gratis. Tanpa sistem keamanan yang memadai, jejak digital yang tertinggal bisa disalahgunakan orang jahat untuk mencuri data bahkan uang di rekening. Memasukkan informasi nomor kartu kredit di jaringan internet yang tak aman bisa membuat kamu jadi sasaran empuk cyber crime.

3. Matikan transmitter wifi setelah digunakan

Setelah selesai menggunakan wifi gratis, matikan transmitter di ponsel kamu. Jika tidak, ada risiko lokasi di mana kamu berada bisa dilacak orang lain yang berniat jahat.

Selain itu, dengan menyalakan wi-fi padahal tidak dipakai juga bisa membuat batere smartphone boros dan membuat pihak lain bisa mengumpulkan datamu untuk mengirimkan iklan-iklan yang tidak penting. Jadi jangan lupa untuk mematikan wi-fi jika urusan per-internet-an sudah selesai.

Bikin Suami Bahagia Ala Tante Ernie Pemersatu Bangsa

4. Gunakan VPN

Kalian bisa membuat data-data di ponsel tetap aman dengan menggunakan VPN (Virtual Pivate Network). VPN bekerja dengan menampilkan alamat IP yang acak, VPN akan menyembunyikan mesin gadget kamu dari pengiklan liar dan juga hacker.

5. Gunakan koneksi yang aman

Sebagian besar situs terkemuka dan terpercaya menggunakan URl https. Mereka memakai tautan berawalan https yang secara otomatis akan mengarahkanmu ke versi link yang lebih aman. Jadi jika menemukan situs yang hanya berekstensi http, kamu harus waspada, terlebih lagi saat menggunakan wifi gratis.

Ditulis oleh : A’idah Husna Luthfiyyah Ans

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.