Sebelum Halle Bailey, Pemilihan 5 Aktor Ini Juga Picu Kontroversi

Sebelum Halle, ternyata sudah banyak aktor dan aktris yang menuai kontroversi saat dipilih mendapatkan suatu peran dalam film.

JEDA ID–Banyak tanggapan yang muncul setelah Disney mengumumkan Halle Bailey menjadi pemeran Ariel dalam film Little Mermaid. Ariel identik dengan kulit putih dan mata biru sebagaimana digambarkan dalam kartun. Hal ini berbeda dengan Halle yang memiliki kulit hitam.

Halle Bailey lahir pada 27 Maret 2000. Dia merupakan aktris sekaligus penyanyi duo Chloe x Halle. Disney memilih Halle bukan hanya karena penampilan, namun karena suaranya yang menakjubkan dianggap pas dengan karakter Ariel.

Sontak saja nama Halle Bailey menjadi perbincangan. Seperti diketahui Ariel merupakan putri duyung yang cantik dalam film Little Mermaid. Sebelum Halle, ternyata sudah banyak aktor dan aktris yang menuai kontroversi saat dipilih mendapatkan suatu peran dalam film.

Zendaya Coleman

Zendaya Coleman

Zendaya Coleman (instagram)

Dalam seri komik Spiderman, Mary Jane Watson atau biasa dipanggil MJ digambarkan sebagai perempuan berkulit putih dan berambut merah. MJ diceritakan menjadi perempuan yang disukai oleh pemeran utama Peter Parker. Dalam film Spiderman (2002) MJ berhasil digambarkan sesuai dengan komik tersebut dengan mengangkat Kirsten Dunst sebagai pemeran MJ.

Berbeda dengan 2002, film Spider-Man Homecoming rilisan 2017 mengangkat Zendaya Coleman sebagai MJ. Meskipun, penampilan Zendaya berbeda dengan MJ pada komik aslinya, Zendaya berhasil memainkan peran MJ dengan baik.

Idris Elba

Idris Elba

Idris Elba (Instagram)

Dalam seri film Thor, Heimdall merupakan penjaga gerbang Asgard. Heimdall sendiri digambarkan memiliki kulit putih, berbeda dengan Idris Elba yang berkulit hitam. Idris Elba merupakan aktor senior yang sudah bermain di berbagai film, seperti The Dark Tower, Star Trek Beyond, Pacific Rim, dan lain-lain.

Idris Elba tampil menakjubkan sebagai Heimdall dan membuat para fans kagum. Ia berhasil menampilkan karakter Heimdall sang penjaga gerbang Asgard yang tangguh dan bijaksana. Meskipun penampilan Heimdall berbeda dengan komik Thor, Idris berhasil menutup celah tersebut dengan menunjukkan akting yang bagus.

Jason Momoa

Jason Mamoa

Jason Mamoa (Youtube)

Arthur Curry adalah tokoh utama dalam seri Aquaman. Arthur diceritakan sebagai Raja Atlantis yang merupakan sebuat kota di bawah laut. Arthur digambarkan memiliki kulit putih dan rambut pirang. Sementara Jason Momoa merupakan pria berkulit cokelat dan berambut hitam.

Ia mewarisi kulit ayahnya yang merupakan keturunan asli Hawaii. Jason yakin ia cocokmemerankan itu karena karakter Arthur berasal dari Hawaii. Peran Arthur sebagai Raja Atlantis berhasil dimainkan oleh Jason Momoa dengan baik. Dia sukses menggambarkan karakter Arthur yang gagah dan berani sesuai dengan komik.

Michael Clarke Duncan

Michael Clarke Duncan

Michael Clarke Duncan (Youtube)

Kingpin adalah tokok antagonis dalam seri Spider-Man. Kingpin diceritakan sebagai bos mafia yang ditakuti di New York. Dia digambarkan sebagai pria gundul berkulit putih yang memiliki badan besar. Michael memiliki badan besar dan rambut gundul, dan berkulit hitam. Michael memerankan Kingpin di film Daredevil yang rilis pada 2003.

Penampilannya sukses mengubah pendapat para fans mengenai warna kulit Kingpin. Pada tahun yang sama, sebuah kartun TV Seri Spider-Man rilis dengan Michael Clarke sebagai pengisi suara Kingpin. Kali ini Kingpin digambarakan memikiki kulit hitam seperti Michael Clarke.

Samuel L. Jackson

Samuel L. Jackson Halle bailey

Samuel L. Jackson (Instagram)

Nick Fury merupakan anggota sebuah organisasi bernama S.H.I.E.L.D. yang bertugas melindungi bumi dari ancaman berbahaya. Nick Fury digambarkan sebagai agen berkulit putih dan memiliki rambut cokelat. Sedangkan Samuel L. Jackson merupakan pria berkulit hitam dan berambut gundul.

Akting menakjubkan dari Samuel L Jackson membawa perubahan dalam komik The Avengers. Saat ini sudah banyak karakter Nick Fury yang digambarkan memiliki kulit hitam dan gundul. Samuel telah menjadi ikon Nick Fury dalam seri The Avengers

Ditulis oleh : Akhdan Fahmi/Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.