Pelat RI-23 Khusus untuk Prabowo dan Karakter Pemilik di Balik Warna Mobil

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, tetap menggunakan mobil Toyota Alphard miliknya dengan pelat dinas khusus Kementerian Pertahanan.

JEDA.ID—Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, tetap menggunakan mobil Toyota Alphard miliknya dengan pelat dinas khusus Kementerian Pertahanan.

Pada Rabu (30/10/2019), Prabowo mengunggah foto saat mengunjungi Mabes TNI. Di salah satu foto, ada mobil Alphard putih miliknya. Pelat berlogo Kementerian Pertahanan dengan nomor ‘1-00’ terpasang di mobil itu. “Kunjungan kerja ke Mabes TNI,” tulis Prabowo dalam akun Twitternya.

Saat kunjungan kerja, Prabowo tampak memakai jas putih dengan peci hitam dan kacamata hitam. Dia bersalaman dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Prabowo juga berfoto dengan jajaran Mabes TNI.

Para menteri Jokowi bakal mendapat mobil dinas baru bulan depan. Mobil untuk para menteri Jokowi itu berjenis Toyota Crown 2.5 HV G Executive Hybrid. Namun sejak dilantik jadi menteri, Prabowo belum pernah terlihat menggunakan mobil dinasnya. Prabowo sendiri mendapatkan pelat dinas RI-23 sebagai Menteri Pertahanan. Selain itu, dia bisa menggunakan pelat khusus Kemhan dengan nomor 1-00.

Saat dimintai konfirmasi, juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengatakan dirinya belum mengetahui jelas alasan Prabowo tetap menggunakan mobil Alphard tersebut. “Beliau memang itu yang mau dipakai beliau. Itu aja sih, nggak ada kenapa-kenapa,” kata Dahnil seperti dilansir detikcom.

Warna paling digemari


Seperti Menhan Prabowo,
setiap orang pastinya memiliki warna favorit masing-masing ketika membeli sebuah barang termasuk mobil. Itulah sebabnya dalam industri mobil, pemilihan warna biasnaya disesuaikan dengan tren yang disenangi konsumen.

Jika Anda sering mengamati di jalan, pasti tidak semua warna Anda dapati dan hanya terdapat beberapa warna saja. Tidak hanya di Indonesia, namun tren ini juga berlaku di masyarakat dunia.

Beragam jenis mobil ditawarkan dengan penawaran menarik dengan bermacam tipe dan merek. Biasanya seseorang akab membeli atau memiliki mobil yang sesuai dengan warna kesukaannya. Sehingga, pemilihan warna mobil sedikit banyak menunjukkan karakter pemiliknya.

Berikut sejumlah warna mobil yang paling digemari masyarakat beserta karakter pemiliknya seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Warna Putih

Warna putih diperkirakan sudah mendominasi sebagai warna favorit mulai tahun 1998. Mungkin warna ini sangat diminati karena memberikan kesan mewah dan berkualitas.  Warna putih menjadi warna favorit untuk beberapa negara seperti Amerika Serikat, Rusia, Jepang, beberapa negara Eropa, dan negara lainnya.

Secara global, presentase warna mobil putih menduduki angka di atas 23%. Warna putih ini menjadi dominasi warna pilihan secara global. Warna putih merupakan warna netral yang konon katanya menyimbolkan kejujuran dan kemurnian. Pemilik yang memilih warna ini pada mobil kesayangannya memilliki karakter elegan, namun tetap sederhana.

Putih pun menjadi warna favorit karena mencerminkan kesan segar dan modern. Khusus untuk kalangan perempuan, warna mobil yang satu ini sekaligus mencirikan sifat bersih. Dari sisi teknis, pilihan warna mobil putih cocok untuk mobil yang berdomisili di wilayah dengan suhu panas tinggi di siang hari. Panas matahari bisa terpantul sehingga kabin tetap sejuk dan tidak perlu menyalakan pendingin ruangan dalam kondisi maksimal.

2. Warna Hitam

Warna hitam juga merupakan warna yang banyak difavoritkan bagi kebanyakan orang. Warna putih dan hitam merupakan warna yang netral sehingga banyak yang menyukainya. Hitam juga merupakan warna yang melambangkan kemewahan dan kualitas terbaik.

Mobil warna hitam mendominasi di negara Tiongkok. Warna hitam juga sempat menempati mobil favorit di Indonesia meskipun sekarang ini sudah tidak begitu mendominasi. Salah satu penyebabnya adalah karena perawatannya yang tergolong sulit.

Pemilik mobil warna hitam menyukai sisi tegas dan kesan klasik. Di sisi lain, mereka biasanya juga gemar memakai pakaian hitam karena menunjukkan suatu ‘kuasa’. Tidak heran bila mobil kepresidenan umumnya memilih warna hitam.

3. Warna Perak

Warna silver atau perak juga menempati posisi warna mobil favorit di dunia. Pada tahun 2000-an bahkan warna perak ini sangat mendominasi dibandingkan dengan warna lainnya. Negara yang paling didominasi dengan mobil warna putih antara lain seperti Brasil dan Amerika Selatan.

Penyuka mobil warna silver langsung menyiratkan karakter mereka yang praktis, inovatif, orientasi bisnis, serta selera yang baik. Silver yang tergolong dalam warna netral bisa sedikit menyamarkan noda debu pada mobil. Pastinya ini sedikit menguntungkan bagi pemilik yang kerap disibukkan dengan pekerjaan mereka dan tidak sempat merawat mobilnya.

Warna silver menyimbolkan teknologi modern sebagaimana terdapat pada material bahan stainless steel. Ini sekaligus menunjukkan bahwa pemilik mobil merupakan orang yang menyukai sesuatu berbau teknologi. Dari sisi strata sosial, silver juga melambangkan pemilik yang memiliki strata sosial tinggi. Pemilik kendaraan biasanya tidak sungkan menunjukkan kasta sosialnya di masyarakat.

4. Warna Abu-Abu

Warna abu-abu ini juga merupakan yang cukup populer bagi para pemilik mobil. Pada saat ini sepertinya warna abu-abu mulai menduduki warna favorit pada beberapa jenis mobil. Selain itu, juga sudah banyak dijumpai mobil tipe SUV yang berwarna abu-abu dan masih terkesan mewah.

Kesan sederhana menjadi ciri khas pengguna mobil abu-abu. Mereka ingin menjaga hidupnya tetap bermartabat, matang dan memegang tradisi yang sudah ada. Dengan demikian, pengguna mobil abu-abu ingin hidupnya berjalan secara normal dan stabil tanpa adanya fluktuasi signifikan. Demi menjaga kondisi tersebut, mereka akan sangat berhati-hati dan kompromistis terhadap keadaan yang kurang menyenangkan.

5. Wana Merah

Warna merah mencolok memang diminati di semua kalangan baik anak muda atau bukan. Warnanya yang mencolok memiliki ketertarikan sendiri dan hampir semua orang juga menyukainya. Selain hitam, merah juga menyiratkan kesan sebagai sisi maskulinitas. Karakter pengguna kendaraan warna merah sedikit mirip dengan warna hitam, yakni ‘berkuasa’ dan agresif.

Bagi para pria, warna ini menunjukkan suatu status dominan dari sisi finansial. Sebaliknya, perempuan yang memakai mobil berkelir merah menunjukkan sifat percaya diri dan keceriaan yang tinggi. Pabrikan kendaraan biasanya menyediakan warna merah untuk model-model sport atau performa tinggi.

Orang yang ambisius biasanya juga memilih merah untuk mobil andalan mereka. Sisi negatif dari pengguna warna merah yakni karakter mereka yang extrovert hingga over-confident karena semangat hidup yang tinggi. Gaya hidup glamour dan doyan pesta menjadi suatu kesenangan yang lazim dilakukan dari pengguna warna merah.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.