• Thu, 21 October 2021

Breaking News :

Mengenal 3 Fitur Baru WhatsApp

Menggunakan fitur baru WhatsApp yang cukup menarik ini tidaklah sulit.

JEDA.ID-Menjelang akhir tahun 2020, setidaknya ada 3 fitur baru WhatsApp yang telah digelontorkan bagi pengguna. Sebanyak 3 fitur baru itu tergolong mantap alias berguna.

Nah, bagi yang penasaran bisa langsung dicoba di gadget masing-masing. Tips gadget kali ini membahas 3 fitur baru WhatsApp. Berikut fungsinya dan juga cara pakainya seperti dikutip dari detikcom, belum lama ini:

1.Bersihkan File WhatsApp dengan Mudah

Lantaran menjadi aplikasi messaging terpopuler, WhatsApp selalu digunakan. Selain untuk mengirim dan menerima pesan, juga foto dan video yang membuat memori HP penuh. Kadang-kadang hal itu tidak disadari sampai HP menjadi lemot karena WhatsApp secara default menyimpan file foto dan video ke storage HP. Maka perlu untuk membersihkannya secara rutin.

Rekayasa Gen Bisa Cegah Pandemi di Masa Depan, Benarkah?

Sebelumnya, membersihkan file yang ditimbun WhatsApp cukup ribet prosesnya. Namun sekarang, dalam pembaharuan yang sudah bisa dipakai di pertengahan November, WhatsApp memudahkan proses itu di dalam aplikasi.

“Kami telah mempermudah peninjauan, menghapus item secara massal dan mengosongkan ruang,” tulis WhatsApp. Nah, untuk menggunakan fitur ini sangatlah mudah.

Cara membersihkan file WhatsApp:

Buka WhatsApp -> Tekan Settings (untuk pengguna Android tekan ikon tiga titik di sudut kanan atas terlebih dulu) -> Pilih Data and Storage -> Tekan Manage Storage

Dari sini, kita bisa melihat kapasitas memori internal dan seberapa besar ruang yang dihabiskan data dari WhatsApp. Tampilannya cukup jelas dan tidak ribet untuk mengoperasikannya. Manage Storage akan menampilkan tinjauan dari item yang patut dihapus.

Ini Cara Berhemat Saat Liburan Agar Keuangan Tetap Terjaga

Lalu, ada kategori foto atau video yang paling banyak di-forward, file lebih dari 5 MB dan chat dengan ukuran data percakapan terbanyak. Pengguna WhatsApp bisa memilih satu persatu atau menyorot semua item untuk dihapus.

5 Tanda Pernah Terinfeksi Covid-19 yang Tak Disadari

Meski ukurannya mungkin tidak begitu besar, foto, gambar meme atau video yang dikirim lewat WhatsApp memang tanpa sadar bikin ruang penyimpanan penuh karena terjadi secara terus menerus dan kadang tidak dipantau.

2. Pesan WhatsApp Terhapus Otomatis

Fitur ini telah diumumkan oleh WhatsApp pada awal November dan mulai bisa dinikmati di pertengahan November. Jadi setelah fitur Pesan Sementara diaktifkan, pesan baru yang dikirim ke chat yang sudah di-setting, akan hilang setelah tujuh hari, menjadikan percakapan terasa lebih ringan dan privat.

Kenapa tujuh hari? “Kami menilai jangka waktu ini menawarkan rasa tenang sebab pengguna tahu percakapan tersebut tidak bersifat permanen, tetapi tetap praktis agar tidak lupa apa yang sedang dibicarakan,” jawab WhatsApp.

Fungsi Pesan Sementara dapat dipakai dalam chat antar pengguna atau individu dan juga di WhatsApp Group, namun di WhatsApp Group hanya admin yang dapat mengaktifkannya.

Cara hapus pesan WhatsApp otomatis:

Menggunakan fitur baru WhatsApp yang cukup menarik ini tidaklah sulit. Untuk mengaktifkannya, pilih dan buka kontak chat yang diinginkan untuk memakai fitur ini. Lalu, bukalah info pribadi dari kontak bersangkutan.

Kemudian, geser ke bawah dan akan dijumpai tulisan Pesan Sementara dengan ikon jam di sebelahnya. Di bawahnya ada tulisan Mati lantaran belum diaktifkan. Maka, akses Pesan Sementara dan langsung akan ada penjelasan mengenai fitur ini.

Kenalan 5 Jubir Vaksin Corona, Ada Dokter Reisa Loh

“Dengan menyalakan setelan ini, pesan baru akan hilang dari chat ini setelah 7 hari. Penerima masih dapat menyimpan pesan itu di luar chat,” tulis keterangannya. Lalu jika ingin mengaktifkan, tekan tombol Nyala di bawahnya.

Jika sudah diaktifkan, pesan yang dilakukan dengan kontak bersangkutan akan lenyap secara permanen setelah satu pekan. Di ruang chat, akan muncul keterangan bahwa fitur telah diaktifkan. Keterangan yang sama juga akan ada di ruang chat penerima pesan.

Namun pesan masih dapat disimpan jika ingin, misalnya dengan screenshot. Jika auto download aktif di WhatsApp, maka foto dan video tetap masuk ke storage HP, hanya saja pesannya tetap akan hilang setelah sepekan.

3. Wallpaper untuk Setiap Chat WhatsApp

Setelah melalui pengujian versi beta, fitur wallpaper baru WhatsApp sudah tersedia, pertama kali di iPhone. Fitur Wallpaper baru ini merupakan bagian dari update 2.20.130 yang baru saja dikirimkan WhatsApp di perangkat iOS. Total ada 97 wallpaper yang diberikan.

Terdiri dari 32 wallpaper seri bright, 29 wallpaper seri dark, dan 36 warna solid. Pada bagian warna solid ini pengguna bisa menampilkannya polosan atau bisa ditambahkan doodle.

Untuk menggunakan wallpaper baru ini di iOS, langkahnya sebagai berikut:

1. Buka aplikasi WhatsApp di iPhone
2. Tekan ikon Settings di sudut kiri bawah
3. Pilih opsi Chat
4. Tekan opsi Chat Wallpaper
5. Tekan Choose a New Wallpaper
6. Pilih di antara opsi Bright, Dark dan Solid Color
7. Pada pilihan Bright dan Dark, kalian bisa memilih opsi mengaktifkan Motion atau tidak, sementara pada Solid Color bisa memilih menampilkan Doodle atau tidak
8. Tekan Set untuk mengaplikasikan wallpaper yang sudah dipilih tadi

Kamu pun dapat membedakan wallpaper dalam mode gelap. Namun terlebih dulu nyalakan mode gelap dari pengaturan perangkat. Lalu ubah wallpaper dark seperti langkah di atas. Kamu akan melihat transisi otomatis wallpaper chat saat pengaturan perangkat ponsel dan beralih dari mode terang ke gelap.

Pembaruan ini juga memungkinkan mengatur wallpaper untuk setiap chat individu atau grup. Caranya sebagai berikut:

1. Buka chat individu atau grup yang ingin dipasang wallpaper
2. Tekan nama kontak atau grup di bagian atas
3. Pilih opsi Wallpaper & Sound
4. Lalu tinggal pilih wallpaper yang akan dipasang, mau Bright, Dark atau Solid Color

Fitur Wallpaper juga akan tersedia di perangkat Android dalam waktu dekat. Berikut caranya.

1. Ketuk menu dengan simbol ‘tiga titik’
2. Pilih ‘Wallpaper’
3. Pilih wallpaper yang kamu suka

Untuk mode gelap, terlebih dulu mengaktifkannya terlebih dulu di pengaturan perangkat. Atau dapat dilakukan lewat Pengaturan WhatsApp > Chat > Tema. Kemudian ubah wallpaper kamu. Tapi pastikan kamu menggunakan Android 9 ke atas.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.