Kenali Tanda-Tanda Tubuh Kekurangan Protein

Tubuh yang kekurangan protein tidak akan mampu menjalankan fungsi-fungsi dengan baik, juga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

JEDA.ID-Tubuh kekurangan protein bisa saja terjadi tanpa kita sadari. Walau pun  makanan mengandung protein mudah ditemukan, tetapi faktanya banyak orang yang masih kekurangan protein.

Penyebab orang kekurangan protein sangat beragam mulai dari kurang memperkaya bahan pangan hingga keterbatasan ekonomi.  Lalu bagaimana cara mendeteksi tubuh kita kekurangan protein? Tips kesehatan kali ini membahas tanda-tanda tubuh kekurangan protein.

Protein merupakan nutrisi yang paling penting bagi tubuh manusia sebagai sumber energi. Selain itu, fungsi penting lainnya dari zat satu ini, antara lain mampu mengatur metabolisme tubuh, serta berperan sangat penting dalam pembentukan sel, kulit, darah mau pun tulang.

Makan Mi Instan dengan Nasi Boleh, Asalkan…

Protein sendiri dapat diperoleh dari makanan, seperti telur, ikan, daging ayam, prooduk olahan, kacang-kacangan, gandum, sayuran, serta biji-bijian dan masih banyak lagi. Setiap orang disarankan unutk mengonsumsi protein sekitar 0,8 gram per kilogram berat badan menurut studi yang dilakukan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat.

Ada sejumlah efek yang ditimbulkan mulai dari tubuh tidak akan mampu menjalankan fungsi-fungsi dengan baik hingga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Untuk itu, simak beberapa gejala tubuh kekurangan protein berikut ini, dilansir dari berbagai sumber, Selasa (3/11/2020).

1. Rambut Rontok

Tubuh yang kekurangan protein akan memperlambat pertumbuhan rambut yang mampu sebabkan rambut menjadi rontok. Hal ini dikarenakan rambut mengandung protein, yaitu keratin. Sehingga protein memegang peran penting pada helai-helai rambut.

2.  Mudah Lapar

Mudah lapar meski sudah makan? Mungkin itu pertanda bahwa tubuhmu tidak tercukupi kebutuhannya. Pasalnya, protein mampu menjaga kadar glukosa agar tetap stabil. Orang yang kekurangan protein akan membuat glukosa tidak stabil, lalu berdampak pada rasa lapar akan muncul terus-menerus.

Mengenal Tino Sidin, Sang Guru Gambar yang Jadi Google Doodle

3. Sulit Fokus

Sulit fokus atau mudah linglung bisa menjadi tanda tubuh kekurangan protein. Sebab, tingkat gula dalam darah mengalami fluktuasi yang akan berdampak pada penurunan fungsi otak. Sehingga, kamu akan merasa susah fokus atau berpikir, mudah linglung, suasana hati yang berubah-ubah, menjadi sangat agresif, hingga depresi.

4. Sulit Tidur

Selain sulit fokus, gejala lainnya adalah sulit tidur. Kekurangan protein dapat memengaruhi tidur akibat hormon yang tidak seimbang. Sebuah riset menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung protein dapat memperbaiki tidur, terutama bagi orang-orang yang mempunyai kelebihan berat badan.

5. Kuku Menjadi Rapuh

Seperti rambut, kuku juga mengandung protein yang disebut keratin. Jika tubuh kekurangan protein, maka kuku akan mudah rapuh. Tidak hanya itu, kurang protein juga dapat menimbulkan bercak putih, hangnails (bintil kuku) dan retak pada kuku.

Ditulis oleh : Jovita Citra

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.